Catatan Oprekan Liburan

Pulang ke Indonesia kali ini cukup lama dari tanggal 12 Desember 2018 dan baru masuk kerja besok, tanggal 7 Januari. Sebenarnya nggak banyak yang dioprek selama liburan ini, tapi ini sekedar jadi catatan, plus ada beberapa barang yang baru sampai ketika kami sedang di Depok yang siap dioprek bulan ini.

Liburan kali ini saya berusaha meminimasi bawaan, tapi tetap ingin bisa ngoprek hardware. Kali ini saya coba membawa Pi Zero W yang sudah diberi case USB, sehingga bisa langsung dicolok ke komputer untuk powernya. Saya juga sudah setup agar Pi Zero W-nya mengemulasikan USB Ethernet, jadi bisa langsung diakses dari komputer/laptop.

Ini saya pakai untuk iseng-iseng membaca data dari beberapa kartu NFC yang saya temui. Saat ini tidak ada temuan baru yang menarik.

Waktu libur saya sempat ngoprek dan nemu bug. Sementara ini saya nggak kasih tau dulu bugnya apa, tapi sayangnya tidak ada bounty dari perusahaan tersebut. Tapi ada teman saya di situ yang mengurusin security dan pinter bikin cake, jadi ditodong aja, hasilnya Cheese Cake ini.

Dari sejak beberapa tahun lalu saya teringat sebuah game lama, tapi lupa judulnya, dan bahkan lupa di platform mana (NES atau Sega Mega Drive, dulu punya 2 console ini). Yang saya ingat cuma satu: tokohnya membawa anjing dalam petualangannya, anjingnya bisa dibuat agar terbang mengelilingi tokohnya, terus terbang menerjang musuhnya. Karena sulit mencari deskripsi ini (dan adik-adik saya juga lupa), jadi saya putuskan untuk mencoba memainkan semua game NES dan kalau tidak ketemu, akan mencoba semua game Sega Mega Drive.

Saya menggunakan 3DS untuk mencoba-coba game-game NES-nya, jadi bisa dilakukan di mana saja. Saya juga membawa 3DS dalam liburan ini dan untungnya sampai huruf C sudah ketemu judul yang saya cari: Conquest of the Crystal Palace. Walau sudah menemukan ini, saya masih akan meneruskan mencoba semua game NES.

Ini adegan yang saya ingat

Sesampainya di Chiang Mai, sudah ada beberapa paket menunggu.

Nggak semua isi paket dibahas di posting kali ini

Yang pertama adalah decoder ring hadiah dari Flare-On. Jonathan sedang suka bermain-main sebagai detektif/spy dan senang memainkan ini.

Ini hadiah dari menyelesaikan flare-on 2018

Paket lainnya adlaah Foldscope, mikroskop origami kertas. Ceritanya mikroskop ini dibuat dengan biaya 1 USD (tentunya dijual dengan harga lebih dari harga pembuatan), tapi untuk bisa mendapatkannya tidak bisa beli satuan. Harga termurah adalah 35 USD (dapat 20 Foldscope) belum termasuk ongkos kirim.

Jonathan memakai Foldscope

Beberapa waktu yang lalu kernel Linux mensupport satu arsitektur CPU baru: C-SKY dari China. Ini mungkin akan menjadi arsitektur baru terakhir yang akan ditambakan ke Linux karena sekarang semua memakai arsitektur populer atau RISC-V yang terbuka. Karena penasaran saya membeli satu development board untuk CPU ini dan baru sampai ketika saya sudah di Depok. Saat inielum sempat dicoba lebih lanjut.

Booting CSKY
Ini boardnya

Demikian catatan oprekan kali ini. Semoga tahun ini akan bisa menulis lebih banyak oprekan lain.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.