Mencari Informasi Produk/Jasa di Internet

Tadi di salah satu FB group expat di Chiang Mai ada yang minta rekomendasi tempat servis Lenovo yang rusak. Jadi teringat beberapa waktu lalu, di tempat ngebenerin HP Xiaomi selain tempat servis resmi Xiaomi juga menerima beberapa brand lain. Saya ingat waktu itu saya bertanya dan salah satu brandnya ya Lenovo. Saya masih ingat waktu itu nemu tempatnya dari mencari di internet, dan ingat juga kalau tempat itu ada websitenya. Jadi tadi nyari dulu di Google Maps untuk mencari informasi websitenya, terus membuka websitenya untuk memastikan mereka menerima servis Lenovo juga. Setelah yakin informasinya benar, baru saya jawab pertanyaan di group.

Sekarang ini, sejak adanya internet, mencari informasi untuk membeli sesuatu ataupun jasa perbaikan jadi jauh lebih mudah. Kalau dulu mungkin kita mendapatkan informasi dari koran, dari orang lain dan mungkin harus kembali ke toko tempat membeli untuk bertanya terlebih dahulu. Sekarang ini, kita bisa google dahulu kalau malas nanya ke orang. Tapi banyak juga orang yang lebih suka nanya langsung di group komunitas yang diikuti.

Kalau dari pengalaman, daripada nanya di group yang kadang-kadang belum tentu ada yang jawab, lebih cepat cari di google aja. Dari google, kalau beruntung langsung ketemu website tempat yang dicari, tapi kadang-kadang bisa juga ketemu percakapan dalam forum yang menyebut nama sebuah tempat. Lalu kita harus mencari tau lebih lanjut lagi berdasarkan nama itu untuk mencari tahu informasi kontak, lokasi dan jam operasionalnya misalnya.

Kami pernah di sini mencari dokter THT yang bisa berbahasa Inggris dan buka sore hari, hasil pencarian hanya menemukan namanya saja disebut-sebut di berbagai forum. Berikutnya kami google lagi namanya dan ketemulah informasi klinik dan nomor teleponnya. Selanjutnya daripada salah, biasanya saya menelpon ke nomor yang saya dapatkan, untuk memastikan jam buka tempat tersebut.

Sekarang ini kebanyakan tempat yang menyediakan jasa ataupun produk, menyediakan informasi yang cukup di internet. Kadang hanya berupa listing nama toko dan nomor teleponnya saja, tapi ada juga yang membuat halaman website dengan informasi yang lebih lengkap. Paling sering dijumpai sekarang ini, hampir semua tempat berusaha memiliki halaman Facebook. Di sana mereka mencantumkan nomor telepon, jam operasional dan peta ke lokasinya.

Saya ingat, dulu, untuk membeli handphone atau gadget, kami selalu datang ke banyak toko satu persatu dan bertanya panjang lebar. Kadang-kadang informasi yang diberikan berbeda dengan apa yang dibaca. Sekarang ini kalau mau beli gadget, baca dulu spesifikasinya di internet, baca reviewnya dan juga cari tahu range harganya. Waktu ke toko, udah gak pake banyak tanya, tunjuk barang, bayar dan pastikan ada garansi dan bawa pulang deh hehehe. Beberapa kali malah kalau lihat perbedaan harga beli offline dan online cukup signifikan, kami akan memilih untuk beli online saja (dengan catatan produk tersebut punya garansi walau beli online).

Waktu mau jalan-jalan ke luar kota, mencari informasi penginapan juga lewat internet. Masalahnya terkadang, di sini banyak tempat yang menyediakan informasi dalam bahasa Thai saja. Kalau sudah begini, saya lebih suka langsung telepon saja (masih lebih susah baca daripada ngomong soalnya). Kadang-kadang membaca review berbagai tempat bikin pusing juga, tapi memang kalau pergi ke tempat yang reviewnya bagus, belum pernah kecewa.

Kesimpulannya, di jaman sekarang ini internet sudah jadi bagian dari keseharian kita dalam mencari dan berbagi informasi. Kalau kita mau toko/usaha kita dikenal orang, kita harus menyediakan informasinya juga di internet. Minimal sediakan informasi kontak dan kalau berupa toko ya berikan jam operasional dan peta lokasinya. Jangankan barang jualan, sekarang ini nyari informasi soal sekolahan (terutama uang sekolahnya) orangtua pada umumnya mencari di internet dulu sebelum survey ke lokasi. Kalau ada yang mereview tempat usaha kita, ya sebaiknya kita balas. Kalau ada yang komplain ya diusahakan diperbaiki.

Kadang jadi bertanya-tanya, nanti di masa depan akan seperti apa lagi ya. Sekarang ini semua informasi bisa di dapat dengan mudah di internet asal kita tahu kata kuncinya. Kalau malas mikirin kata kunci, ya akhirnya paling gampang memang bertanya di forum-forum yang ada, lalu duduk manis menunggu jawaban hehehe.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.