Super Full Moon 2019

Dari beberapa hari lalu, sudah dapat link mengenai super full moon yang akan terjadi hari ini 19 Februari 2019. Tapi karena banyak kesibukan hari ini jadi terlewat informasi kalau badan astronomi Thailand yang ada di Chiang Mai ternyata mengadakan acara mengintip super moon pakai teleskop mereka. Untungnya sekarang ini semua ada di facebook ya, jadi walau ga bisa datang ke sana, bisa juga melihat hasil jepretan yang datang ke sana.

Foto super full moon dari FB page: อุทยานดาราศาสตร์สิรินธร Princess Sirindhorn Astropark

Tadi akhirnya cuma liat keluar dengan mata biasa, sekaligus memberi tahu Jonathan beberapa informasi mengenai super full moon ini. Seperti biasa, cara termudah mengajarkannya setelah melihat langsung adalah memberikan video mengenai apa itu super full moon. Fakta-fakta mengenai super full moon bisa di baca lengkap di sini.

Apa sih super full moon itu? bedanya apa dengan full moon yang bisa dilihat setiap bulannya? Jadi istilah super full moon ini sebenarnya karena bulannya lebih terang dan lebih besar dari biasanya. Super full moon ini belum tentu terjadi setiap tahun, super full moon ini kelihatan di bumi ketika jarak antara bulan dan bumi di titik terdekatnya. Tapi tahun ini cukup spesial, setelah bulan januari ada super blood full moon, bulan ini ada super full moon, dan kedua peristiwa ini bisa dilihat dari kota tempat kami berada.

Waduh apalagi itu blood moon. Ya bulannya kelihatan merah karena ada gerhana bulan total dan refleksi cahaya mataharinya kelihatan merah. Sayangnya, event ini juga saya terlewat tanggal 20 Januari 2019 lalu. Penjelasan yang lengkap mengenai super full blood moon ada di sini. Super blood moon juga tidak selalu terjadi setiap tahun.

Entah kenapa setiap lihat full moon, saya ingat dengan sailor moon. Saya bukan penggemar sailor moon, saya tidak ingat nama tokohnya dan kenapa dia pakai pakaian sekolah. Yang saya ingat hanya bagian: dengan kekuatan bulan, akan menghukummu. Setiap kali dengar bagian itu, saya bertanya-tanya emang kekuatan bulan apaan? bahkan bulan tidak punya sumber cahayanya sendiri. Aduh jadi kemana-mana deh ceritanya.

Lukisan sailor moon buatan Joe dulu

Coba lihat keluar, kira-kira hari ini bulannya lebih terang dari biasanya gak di tempat Anda. Kalau iya, ajak anak melihatnya sekalian kesempatan mengenalkan astronomi ke anak.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.