USB Jig untuk Samsung

Saat ini saya punya satu tablet Android Samsung Tab A SM-P355. Device ini jarang sekali terpakai kecuali untuk pentesting. Kenapa perlu tablet khusus untuk pentesting? intinya untuk menghemat waktu. Beberapa app yang saya testing butuh layar besar dan tidak cukup menggunakan HP biasa.

Kenapa tidak menggunakan emulator? beberapa aplikasi memiliki proteksi sehingga tidak jalan di emulator, sebagian aplikasi membutuhkan verifikasi SMS, sehingga harus diakali di emulator. Masalah akal-akalan ini butuh waktu, dan kadang aplikasi tetap error dan tidak jelas apakah karena akal-akalan yang dilakukan atau memang aplikasinya yang error. Kadang setelah dijelaskan panjang lebar ke developernya, jawabannya: coba dulu di hardware beneran. Setelah dicoba di hardware beneran ternyata memang aplikasinya error. Jadi untuk menghemat waktu, saya punya device khusus testing.

Beberapa waktu yang lalu saya ingin mencoba ROM alternatif untuk device ini, dengan harapan bisa lebih terpakai. Sebenarnya sudah puluhan kali saya memakai sofware Odin untuk flashing firmware Samsung dan tidak pernah gagal, dan percobaan pertama flashing juga berhasil. Entah kenapa ketika mencoba flashing kali kedua, tiba-tiba tabletnya bricked. Tidak mau menyala, ketika dicharge juga tidak ada indikator charging.

Saya pernah membaca tentang USB jig, sebenarnya ini hanya dongle USB dengan sebuah resistor kecil. Jika Samsung mendeteksi benda ini maka akan masuk ke mode di mana kita bisa memflash ulang tablet kita. Teorinya membuat USB jig ini gampang karena hanya butuh konektor USB dan resistor, tapi sayangnya mencari konektor USB yang pin 4 (pin ID)-nya bisa diakses tidak gampang. Saya membongkar beberapa kabel USB, tapi yang diekspose hanya D+/D-/Vcc/GND, konektor ID-nya tidak terkoneksi ke mana-mana.

Akhirnya setelah mengorbankan beberapa kabel USB, saya mencari USB Jig ini dari AliExpress. Ternyata benda ini sangat murah, 0.26 USD. Tadinya saya berpikir untuk menyolder manual dari ujung konektor USB (saya sudah pernah menyolder benda yang lebih kecil dari ini, misalnya ketika reverse engineering pokemon go plus), tapi daripada repot, saya pesan saja benda ini. Sekitar 11 hari kemudian benda ini sampai.

Saya langsung colokkan benda ini, dan berhasil nyala. Berikutnya saya mencari firmware yang sesuai dari updato. Samsung merupakan satu perusahaan yang cukup aneh yang tidak menyediakan firmware download secara resmi di situsnya. Untungnya ada updato yang memberikan firmware secara gratis.

Sekarang tabletnya sudah bisa menyala lagi setelah diflash dengan firmware defaultnya. Tapi sekarang saya masih belum semangat lagi untuk ngoprek benda ini, karena sudah terlanjur mengoprek berbagai benda lain. Setidaknya dengan USB Jig ini tabletnya bisa dipakai lagi, dan ketika ngoprek berikutnya saya tidak akan khawatir bricked.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.