Usia blog ini vs media sosial

Blog berdua ini dimulai April 2004 setelah masing-masing kami dulu punya blog sendiri. Blog ini sudah lebih panjang umurnya dibandingkan beberapa media sosial yang pernah ada:

  • Blog ini dimulai setelah Friendster (2002) ada, dan sekarang sudah Friendster sudah tutup total.
  • Blog ini dimulai setelah Myspace yang sampai saat ini masih buka tapi sudah ditinggalkan orang
  • Blog ini dimulai berbarengan dengan hi5 yang masih ada dan juga sudah ditinggalkan orang
  • Multiply dimulai sebulan sebelum blog ini, sempat jadi besar dan terkenal di Indonesia dan sudah tutup total sejak 2015
  • Google+ dimulai tahun 2011 dan akan tutup tahun ini (2019) untuk umum
  • Facebook didirikan 2002, tapi baru dibuka umum tahun 2006 dan masih cukup berjaya sekarang ini
  • Orkut, didirikan oleh Google pada Januari 2004 dan tutup pada 2014
  • Twitter dimulai sejak 2006 (setelah blog ini), dan masih berjaya karena sejak 2018 akhirnya tidak lagi merugi tapi memiliki laba.

Dulu kami sempat iseng juga posting beberapa tulisan blog di Friendster dan Multiply, dan sekarang postingnya sudah hilang semuanya. Saya bersyukur memiliki blog ini karena semua posting lama masih bisa diakses.

Saat ini yang masih sangat berjaya adalah Facebook, tapi untuk pertama kalinya sejak Facebook ada, penggunaannya menurun di 2018. Menurut sebagian analis, para user ini hanya berpindah saja ke instagram (yang dimiliki Facebook, Inc.). Di masa depan tidak dijamin Facebook, Inc. (perusahaan) akan tetap mempertahankan Facebook (produk/website). Mungkin mereka akan berinvestasi lebih banyak ke Instagram atau produk mereka yang lain, dan orang-orang akan meninggalkan Facebook (walau akhirnya beralih ke produk lain milik Facebook, Inc. juga)

Sebagian orang menggunakan media sosial sekedar untuk menjaga kontak dengan teman-teman, ada yang berjualan, sebagian untuk berbagai ilmu, sebagian untuk politik, untuk catatan kehidupan dan berbagai kombinasi hal-hal tersebut.

Blog ini dihosting sendiri, dimulai dari shared hosting sampai sekarang memakai docker di dedicated server. Sebagian isi blog ini dulu bergantung pada situs lain, sebagian foto dihost di flickr dan tempat lain dan ternyata itu menimbulkan masalah. Sekarang ini saya sedang melakukan cleanup agar tidak lagi bergantung pada layanan eksternal yang mungkin akan mati di masa depan.

Harapan kami, kami akan tetap bisa ngeblog di blog ini sampai kami tua. Dan semoga juga nanti ada anak cucu kami yang masih mau memelihara blog ini sampai jauh ke masa depan nanti.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.