Email Alias

Sejak tahun lalu saya mulai mendaftar ke berbagai layanan dengan menggunakan salah satu domain saya sendiri menggunakan fitur email Gandi (tidak saya sebut domain yang mana agar tidak menambah spam). Dengan fitur gandi, saya bisa memiliki alias yang tak terbatas, misalnya acc*@example.com (artinya semua yang diawali dengan acc), yohanes*@example.com (semua yang diawali yohanes), dsb.

Jadi kalau misalnya saya mendaftar ke layanan baru, saya bisa langsung memakai yohanes<namalayanan>@example.com. Ini memiliki banyak kelebihan:

  • Jika ada kebocoran user/password, saya tau persis situs mana yang kebocoran
  • Jika ada situs bandel (mengirim spam), saya bisa memblokir email dari situs itu saja
  • Jika ada yang berusaha mengambil alih account saya, mereka harus menebak juga email mana yang saya pakai

Dalam hal menebak account: jika saya memakai selalu prefix yang sama (misalnya prefix acc, jadi ‘yohanesgojek’, ‘yohanesgrab’ dsb), maka jika ada ornag yang menjebol lebih dari satu situs bisa melihat polanya. Supaya aman, saya memakai beberapa prefix tergantung seberapa penting situsnya. Untuk situs super penting (misalnya Amazon), saya memakai alias yang benar-benar berbeda dari yang lain.

Sejauh ini saya belum menemukan masalah dengan pendekatan ini. Sejauh ini Gandi juga masih lancar sehingga tidak pernah kesulitan mengakses email ketika dibutuhkan. Sekarang ini saya sudah menemukan beberapa layanan yang bandel dan mengirim spam kepada saya. Mungkin lain kali akan saya tulis pelakunya di posting lain agar mereka jera.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.