Telegram Messenger

Sepanjang hidup saya, saya sudah memakai banyak sekali messaging apps: IRC, ICQ, Yahoo Messenger, MSN, Google Talk, BBM, Whats App, dan masih banyak lagi yang sudah tidak saya ingat lagi. Sebagian aplikasi tersebut kini sudah hilang, dan sekarang ada banyak opsi aplikasi messaging. Sekarang ini aplikasi messenger pilihan saya adalah: Telegram.

Ada banyak alasan saya suka telegram, saya tulis saja dalam bentuk list:

  • Cepat
  • Bisa diakses dari banyak device sekaligus
  • Bisa mengirim file besar
  • Bisa mengirim pesan ke diri sendiri. Digabung dengan poin sebelumnya: bisa jadi file storage
  • Mampu menangani group dengan jumlah member sangat banyak
  • Mudah sekali membuat bot telegram

Saat ini saya punya account telegram utama dan juga punya account lain yang sekedar saya gunakan untuk bertukar file antar device (desktop/laptop/ponsel). Saya juga memakai fitur private channel untuk catatan berita kategori tertentu. Misalnya berita kategori security saya forward ke channel security agar mudah dicari lagi jika dibutuhkan.

Fitur bot merupakan fitur yang paling berbeda dibanding messenger lain. Sangat mudah sekali membuat bot baru, sehingga saya memiliki beberapa bot untuk memonitor server saya dan untuk beberapa fungsi khusus. Dengan library yang ada, membuat bot juga bisa dilakukan sangat mudah.

Saya juga memakai channel reddit2telegram untuk mendapatkan berita reddit terbaru di channel tertentu agar dipush ke telegram. Channel seperti ini dimungkinkan karena sudah ada yang membuat bot untuk mengambil posting reddit dan memposting di channel tertentu.

Karena ukuran file yang bisa disebar melalui telegram sangat besar, saat ini ada juga banyak channel yang menyebarkan sebuah film lengkap yang bisa langsung didownload via telegram. Ini salah satu alasan telegram bisa populer di kalangan pembajak (walau saya sendiri tidak memakai ini).

Saat ini teman-teman saya juga sudah banyak yang memakai telegram, jadi saya semakin senang. Walau demikian karena belum semua orang memakai telegram, saat ini saya juga masih memakai WhatsApp dan Facebook Messenger. Satu fitur yang saat ini belum dimiliki oleh Telegram adalah Video Call. Jika fitur ini sudah ada, rasanya akan lebih mudah mengajak lebih banyak orang beralih ke Telegram.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.