Dual SIM + MicroSD di Ponsel Xiaomi

Kebanyakan ponsel Xiaomi sekarang memiliki slot dimana kita harus memilih antara: dua simcard, atau satu sim card dan micro SD. Sekarang ini saya memilih dual sim card dan membeli ponsel dengan storage yang cukup besar. Saat ini 128 GB masih cukup buat saya karena saya memakai fitur backup foto dari Google Photos dan One Drive (saya mengupload ke kedua layanan tersebut sekaligus).

Dulu saya pernah membaca ada orang yang mengakali masalah dual sim card dan micro SD dengan cara menggerus bagian bawah microSD dan sim card agar keduanya menjadi tipis dan bisa dipakai bersamaan. Tentunya cara ini berbahaya dan repot sekali jika perlu ganti micro SD.

Beberapa waktu yang lalu saya melihat ada adaptor agar kita bisa memakai keduanya sekaligus di aliexpress. Karena harganya hanya 0.87 USD, saya coba saja pesan. Sudah beberapa hari bendanya sampai dan baru sekarang dicoba.

Pemasangan benda ini agak ribet, tapi juga tidak terlalu sulit. Saya cuma khawatir bendanya akan nyangkut dan tidak bisa dikeluarkan. Setelah berhasil dipasang, semuanya berjalan dengan baik: kedua SIM card terdeteksi, dan Micro SD juga terdeteksi. Saya juga bisa memasang casing HP dan tidak terlalu terlihat dari luar.

SIM card jadi menjuntai di luar

Saya sendiri ragu ini solusi yang baik untuk jangka panjang. SIM card yang berada di luar berarti akan lebih mungkin korosi. Jika sering ganti-ganti card, kemungkinan benda ini juga akan mudah rusak. Tapi untuk seseorang yang sangat butuh space dan dual sim card, solusi ini cukup praktis.

Dengan casing, jika dilihat seksama terlihat menggembung sedikit

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.