GPD Pocket

GPD Pocket merupakan laptop yang sangat mini (UMPC/Ultra Mobile PC) namun memiliki spesifikasi yang sangat bagus. Prosesornya Intel Atom x7-Z8750, dengan RAM 8 GB dan SSD 128 GB. Benda ini relatif mahal (~600 USD) dan sekarang sudah ada GPD Pocket 2 dan GPD MicroPC.

Dulu saya membeli benda ini dengan niat agar bisa membawa komputer mini dan bisa bekerja di mana saja. Tepatnya lagi dulu ingin saya bawa supaya bisa dipakai di perjalanan ke Belanda, tapi sayangnya ketika sampai ada masalah: tidak bisa menyala dan akhirnya harus mengirimkan barangnya ke China untuk mendapatkan penggantinya (dan sampainya ketika saya sudah berangkat ke Belanda).

Secara umum mengetik dengan benda ini tidak mudah. Sebenarnya tombolnya sangat enak ditekan, tapi layout keyboardnya yang membingungkan dan kurang masuk akal. Contohnya: ada tombol capslock kecil di sebelah kiri A yang menurut saya sangat tidak berguna (masih lebih mending jika fungsi capslock memakai tombol FN + sebuah tombol lain).

Meskipun kurang nyaman untuk mengetik banyak teks, benda ini sudah beberapa kali menunjukkan kegunaannya. Ketika saya di luar dan ada masalah yang butuh ditangani segera, saya bisa mengeluarkan laptop ini dan melakukan koneksi dengan sharing 4G dari ponsel.

Benda ini juga berguna untuk mengetes sesuatu yang perlu portabel. Contohnya ketika saya mengetes Pokemon Go Plus. Saya ingin mencatat pattern LEDnya jadi saya bawa keluar untuk mencari pokestop dan pokegym. Contoh penggunaan lainnya adalah ketika saya masih mengetes sensor kualitas udara dan belum membuat displaynya.

Sebenarnya benda ini bisa diinstall Linux, tapi saya memilih menggunakan Windows. Alasan saya adalah: dulu support Linux masih kurang bagus untuk benda ini dan sekarang sudah malas pindah lagi karena saya sudah punya banyak device lain yang memakai Linux.

Benda UMPC semacam ini masih cukup jarang sehingga orang-orang biasanya kagum melihatnya. Tapi sekarang sudah ada beberapa versi lain yang mungkin lebih baik. GPD MicroPC punya ethernet dan serial port, sangat cocok untuk admin

Beberapa waktu lalu saya memiliki masalah: batere benda ini menggembung. Toko resminya tidak menjual batere, tapi untungnya bisa ditemukan penggantinya di AliExpress. Setelah batere diganti, semua kembali normal.

Secara umum saya merasa benda ini sebagai sesuatu yang “nice to have” bukan sesuatu yang “must have”. Dengan adanya ini saya bisa membawa tas kecil saja ke mana-mana (jalan-jalan di taman atau ke mana saja) dan jika ada keperluan mendadak tetap bisa bekerja. Saya tidak perlu buru-buru pulang atau harus bersusah payah melakukan remote desktop atau SSH dengan ponsel. Dengan RAM dan disk spacenya saya bisa menginstall semua yang saya butuhkan.

Jika saya memang berniat bekerja di suatu tempat dan jelas punya waktu kosong maka saya akan membawa laptop lain yang lebih enak buat mengetik. Misalnya saya sekarang membawa laptop X230 ketika menunggu Jonathan selesai Tae Kwon Do. Waktunya cukup lama (90 menit) dan saya bisa duduk di meja di mall.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.