Internet Cepat Untuk Programmer

Satu hal yang sangat membuang waktu sebagai programmer adalah: mengupdate software untuk development. Untuk programmer, biasanya ini berkaitan dengan SDK dan IDE yang baru. Biasa kita punya dua pilihan: mengupdate sekarang atau nanti.

Mengupdate sekarang berarti membuang waktu sekarang, dan artinya bisa menunda pekerjaan. Sementara menunda update juga kadang menimbulkan masalah: beberapa hal tidak berjalan lancar, dan kadang jika kita melompati update terlalu banyak, tiba-tiba jumlah masalah jadi meningkat atau bahkan project tidak lagi bisa berjalan.

Kebanyakan IDE hanya akan update jika kita buka. Ini sering mengesalkan buat saya: saya tidak sering memprogram satu topik untuk waktu yang cukup lama. Ketika ingin mulai membuat program: harus update dulu. Kadang hal seperti ini menghilangkan mood untuk membuat program kecil.

“Hanya” 422 Mb

Jika ingat, saya akan menjalankan IDE yang saya pakai hanya sekedar untuk mengupdate saja. Nanti kalau saya benar-benar butuh, setidaknya jumlah updatenya tidak terlalu banyak.

Ditambah lagi dengan 770 Mb

Salah satu alasan saya masih memakai Emacs dan mengcompile di command line (dengan CMake, Gradle, dsb) adalah: saya punya kontrol terhadap proses tersebut. Jika karena update IDE atau project jadi error, saya tetap bisa meneruskan kerja dengan editor dan compile dengan command line.

Ini bakal butuh waktu lama: 5.95 GB

Saya cukup suka dengan IntelliJ, ada ToolBox di toolbar yang memungkinkan kita mengupdate aplikasi cukup dengan satu klik saja. Andaikan ada yang membuatkan ini untuk semua IDE, maka hidup ini akan jauh lebih enak.

Saya beruntung Internet di sini cepat dan murah (saya ambil paket 1200 THB, 500Mbps/500Mbps). Sebelum pulang liburan ke Indonesia, saya mengupdate dulu semua software yang saya pakai, dan ketika di sana tidak mengupdate sama sekali. Saya tidak bisa membayangkan mereka yang harus mendownload bergiga-giga dengan Internet yang lambat.

Saya pake paket yang kanan

2 thoughts on “Internet Cepat Untuk Programmer”

    1. Di sini dari sejak sekitar 15 tahun yg lalu pake provider yang sama dengan harga yang sama. Awalnya segitu cuma dapet 1Mbps, dan terus ditingkatkan sampe sekarang.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.