Meninggalkan Flickr

Sebenarnya dari sekitar 5 tahun yang lalu kami sudah tidak mengupload lagi foto ke Flickr, tapi ada banyak foto di blog ini yang melink ke Flickr. Waktu itu kami masih berlangganan Flickr Pro (25 USD/tahun). Flickr kemudian menggratiskan foto sampai 1TB, dan kemudian merugi jadi akhirnya dijual ke perusahaan lain.

Sekarang jumlah foto pengguna gratis dibatasi (1000 foto saja) dan Flickr Pro sekarang 60 USD/tahun (jika dibayar per tahun, atau 6.99 jika dibayar bulanan). Jika kami beralih ke free, maka kami hanya bisa menyisakan 1000 foto (dan otomatis foto terlama yang dihapus), tapi rasanya kurang berguna juga langganan pro. Mereka memberi kesempatan untuk mendownload semua foto, tapi mensortir lagi semua foto tersebut akan butuh waktu. Jadi sekarang saya putuskan:

  • Langganan dulu pro selama beberapa bulan
  • Semua foto yang dilink dari semua blog kami akan didownload dan diupload kembali ke blog
  • Semua album yang banyak isinya diupload ulang ke Google Photos
  • Setelah selesai, hentikan langganan Flickr Pro

Hari ini sudah beres membersihkan blog ini dari link Flickr. Ketika bersih-bersih saya menemukan juga beberapa foto link eksternal (multiply dan beberapa layanan lain) yang sudah tutup jadi tidak bisa diakses lagi. Sepertinya cara yang paling aman melink sekarang ini:

  • Upload ulang fotonya di blog ini
  • Link ke sumber original

Jadi andaikan sumber aslinya sudah hilang pun, tetap ada arsipnya. Sebenarnya ini tidak penting bagi pengguna blog, karena jarang ada yang membaca posting lama, tapi ini penting bagi kami yang ingin punya arsip digital hidup ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.