Tools untuk persoalan matematika

Sebenarnya tidak terlalu banyak persoalan matematika yang saya hadapi tiap hari, tapi jika ketemu biasanya saya akan menggunakan berbagai tool yang saya tahu. Untuk penjumlahan, perkalian biasa saya biasanya memakai Python karena sudah bisa langsung menangani big number.

Untuk persoalan tertentu, Wolfram Alpha di Raspberry Pi (versi gratis) atau Mathematica (desktop, saya tidak punya ini) bisa sangat membantu. Contohnya ketika ada yang mengirimkan teka-teki ini, saya memakai wolfram.

Terjemahan soalnya ke Wolfram sangat langsung

Beberapa kali saya juga menyelesaikan soal CTF dengan Wolfram, misalnya ini (persamaan linear), ini (persamaan modular) dan ini (visualisasi point 3d).

Ketika membaca buku murderous math, Jonathan sangat tertarik dengan bilangan prima. Beberapa kali dia bertanya apakah N bilangan prima? dia bahkan membuat daftar dengan metode Sieve of Erathosthenes, tapi karena tulisannya tidak rapi, kadang salah markingnya. Di command line Linux dari paket coreutils ada tool bernama factor. Ini bisa dipakai untuk memfaktorkan bilangan kecil

Magic Square, fungsi menghasilkan Magic Square ini tidak ada secara default di Wolfram, tapi saya tahu ini ada di Octave/Matlab.

Ada berbagai metode untuk menghaslikan magic square ini secara manual (misalnya staircase method). Berbagai contoh online juga ada, tapi jika ingin sekedar menunjukkan ke Jonathan Magic Square yang ditambah dengan konstanta N, memakai octave ini lebih gampang.

Dulu waktu SMU saya memakai software MathCad untuk komputasi simbolik matematika. Saya bisa menuliskan ekspresi matematika, dan melakukan diferensiasi/integrasi secara simbolik. Ini dulu sangat berguna untuk mengecek apakah “rumus cepat” dari bimbingan belajar memang benar dan apakah berlaku untuk semua kasus. Sekarang ada Wolfram Alpha yang bisa memberikan jawaban serupa (dan versi berbayar yang menyediakan langkah-langkahnya).

Seperti yang saya sebutkan di atas, persoalan matematika yang saya hadapi tidak banyak, jadi tool-tool yang saya pakai juga tidak banyak. Saya sekedar tahu permukaan berbagai tool tersebut, cukup untuk berbagai persoalan yang saya hadapi sehari-hari. Saya juga cukup senang tool-tool ini bisa dipakai untuk mengajari homeschool Jonathan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.