Tips Android: Print To PDF

Biasanya untuk mengabadikan posting facebook atau chat, semua orang menggunakan fitur screen capture. Untuk keperluan semacam itu, screen capture memang praktis, tapi untuk dokumen dan artikel web yang panjang menyimpan jadi PDF lebih praktis.

Kenapa print/save ke PDF, kenapa tidak mengirim link web saja? Beberapa artikel tidak bisa diakses orang lain (misalnya: blokir kominfo, atau sumbernya dari situs internal). Dalam beberapa kasus, format PDF yang diminta (tidak boleh PNG/JPG).

Format PDF memungkinkan kita mencari teks di dalamnya dan juga copy paste, sedangkan jika memakai format gambar ini tidak bisa dilakukan. Dalam keadaan terpaksa gambar bisa di berikan ke software OCR (optical character recognition) agar bisa diekstrak teksnya, tapi seringkali proses ini tidak berhasil 100%.

Android bisa dihubungkan ke berbagai jenis printer. Defaultnya printernya hanya bisa “save to pdf” tapi kita bisa mendownload berbagai driver printer untuk HP, Canon dsb jika ingin memakai printer fisik. Selain itu ada juga printer virtual (Cloud Printer) dari Google yang akan menyimpan hasil PDF langsung ke Google Drive.

Di Google Chrome, kita bisa menekan menu lalu share maka akan muncul “Print”.

Print preview akan muncul dengan daftar printer dan juga pilihan “Save as PDF”

Setelah mencoba-coba berbagai browser. Firefox memiliki menu khusus Save as PDF. Hasil Save as PDF Firefox lebih bagus dibandingkan Chrome untuk dibaca di desktop.

Demikian tips singkat dari saya. Ini saya tuliskan supaya gampang memberi tahu ke orang bagaimana proses menjadikan PDF.

2 thoughts on “Tips Android: Print To PDF”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.