Joshua dan Osmo

Osmo ini dulu dibeli sebagai hadiah ulang tahun Jonathan yang ke-6. Joe pernah menuliskan reviewnya di sini. Mainan Osmo ini mainan di iPad, tapi ada mainan fisiknya.

Sejak tahun lalu, Joshua sudah tertarik pingin ikutan mainan Osmo kalau melihat Jonathan main. Tapi karena dia belum bisa dibilangin untuk rapihkan setelah main, dan mainan ini banyak bagian kecil-kecilnya, saya jarang kasih Joshua main. Mainan Osmo ini sudah lama tidak dimainkan juga dengan Jonathan. Supaya tidak hilang begitu saja, mainan ini saya simpan agak jauh dan memang jadinya agak lupa.

Beberapa hari ini Joshua ingat lagi dengan Osmo, memang belakangan ini kami kasih kesempatan Joshua main iPad lagi. Awalnya dia tertarik dengan mainan Osmo Number. Joshua ini kalau main, seringnya gak mau diajarin, dia suka aja bikin cara main sendiri. Harusnya mainnya itu di depan ipadnya. Bisa untuk belajar penjumlahan ataupun perkalian. Tapi Joshua bikin sendiri mainannya dengan kepingan-kepingan Osmo Numbers. Misalnya bisa dilihat di gambar.

Sebelum sampai ke susunan seperti di gambar, dia menyusun mulai dari 1, lalu 1+1 = 2, dan seterusnya. Kadang-kadang saya heran, kok ya dia sabar banget ya mainan begini hahaha.

Selain mainan dengan Osmo Numbers, dia juga hari ini tertarik menyusun tangram. Dia mencoba membuat semua tangram yang paling basic. Lalu setelah selesai, dia menyusun sendiri dengan imajinasinya dan tidak mengikuti contoh.

Senang rasanya mainan yang bisa membuat anak betah main dan juga mengembangkan imajinasinya. Sayangnya, tadi abis main tetep gak mau beresin, jadi mainannya harus disimpan lagi dan dikeluarkan besok kalau saya bisa nemenin main lagi. Besok-besok mungkin bisa diajarkan mainan menggambarnya dan programming. Tadi mainan Tangram dan number cukup lama. Sebagian besar dia gak menggunakan iPadnya, cuma mainan perlengkapan Osmonya saja.

Menurut kami, setelah beberapa tahun memiliki Osmo, asal disiplin merapihkan setelah bermain, mainan ini walau harganya agak mahal sudah cukup berguna. Mainan sudah dimainkan 2 anak berjam-jam (berhari-hari), dan anak-anak bisa bermain dan belajar. Mudah-mudahan makin banyak mainan yang mengenalkan bentuk fisik selain berupa aplikasi di tablet/iPad saja.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.