Review Buku: The Manga Guide to Microprocessors

The Manga Guide to Microprocessor sebenarnya bukan buku baru (terbit Agustus 2017), tapi karena Jonathan baru menyelesaikan buku ini jadi akan saya review. Dulu saya mendapatkan ebook buku ini dari salah satu sale di HumbleBundle bersama dengan beberapa buku lain. Seri “The Manga Guide to” ini ada banyak semuanya menjelaskan suatu topik dengan style komik jepang (Manga).

Buku yang menjelaskan mengenai microprocessor ini seharusnya belum cocok untuk usia Jonathan tapi karena dia sudah saya ajari bilangan biner dan gerbang logika (lewat game) jadi buku ini sebagian besar bisa dimengerti.

Buku ini mengajarkan dari mulai topik dasar bilangan biner, gerbang logika, sirkuit latch (flip flop), dan sedikit mengenai CPLD dan FPGA. Topik diteruskan dengan arsitektur komputer secara umum (Register, RAM, interrupt dsb). Assembly juga dibahas tapi hanya sekilas saja, dan terakhir ada pembahasan mengenai microcontroller.

Awalnya saya memberi buku ini adalah karena Jonathan ingin membuat kalkulator di Minecraft. Di Minecraft kita bisa membuat redstone circuit, yaitu mekanisme yang memakai blok tertentu. Kita bisa membuat banyak hal, termasuk juga gerbang logika (AND, OR, NOT, dsb).

Minecraft ini ternyata cukup berguna untuk menjelaskan konsep biner karena semua hal bisa terlihat (visual). Membuat gerbang logika tidak terlalu mudah, tapi masih lebih mudah daripada harus praktik menghubungkan beberapa transistor di dunia nyata.

Dari gerbang logika ini kita bisa membentuk sirkuit half adder, dari half adder kita bisa membuat full adder, dan dari sini kita bisa membuat kalkulator. Tentunya ada bagian lain yang perlu dibuat, ada encoder dari desimal ke binary (10 saklar dari 0 sampai 9 yang masing-masing mengoutputkan nilai biner tertentu), ada sirkuit komputasi, dan ada bagian yang akan melakukan encoding dari binary ke 7 segment. Sekarang ini kalkulator Jonathan belum selesai tapi dia sudah paham apa yang perlu dibuat.

Menurut saya buku ini sangat bagus sebagai suplemen untuk mata kuliah Aristektur Komputer. Minimal jika lulus kuliah aristektur komputer mestinya bisa mengerti isi buku ini. Orang awam yang ingin mengenal arsitektur komputer juga bisa membaca buku ini karena isinya mudah dimengerti dan tidak ada prerequisite untuk membaca buku ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.