Festival Makanan Vegetarian di Thailand

Sejak datang ke Chiang Mai, kami diberitahu kalau setiap tahunnya ada yang namanya festival makanan vegetarian di Thailand, biasanya dalam 9 hari akan banyak tukang jualan makanan yang mengkhususkan menjual makanan vegetarian dan bisa dilihat dengan tanda bendera kuning bertuliskan เจ (dibaca: je ) yang artinya makanan vegetarian.

Tanda makanan vegetarian (sumber: wikipedia)

Festival makanan vegetarian (เทศกาลกินเจ) ini diadopsi dari Nine Emperor Gods Festival, di mana dalam 9 hari yang berlangsung dalam bulan ke-9 dari kalendar Lunar Cina, mereka tidak akan makan daging dan hanya makan makanan vegetarian.

Untuk tahun ini, festival makanan vegetarian ini berlangsung dari tanggal 29 September sampai 7 Oktober 2019. Informasi lebih lengkap bisa dibaca-baca di link ini.

Kalau liat begini, sosis dan bakso mana percaya ini vegetarian
Menu makanannya ya seperti makanan non vegetarian juga
Melihat yang ini saya lapar hehehe…

Selain tempat jual makanan dadakan, biasanya restoran yang besar juga menyediakan menu khusus karena banyak orang yang memilih untuk makan vegetarian selama festival ini. Tapi walaupun banyak yang berjualan makanan vegetarian, makanan biasa yang dengan daging juga tetap ada dijual seperti biasa. Jadi jangan sampai salah pilih dank kalau mau beli makanan vegetarian pastikan saja menunya ada tulisan dengan tanda kuning dan 2 huruf berwarna merah.

Makanan vegetarian identik dengan makanan sehat
Penampilannya sama aja deh dengan menu makanan biasa

Tadi kami iseng nyobain makanan cemilan vegetarian, enak juga loh ternyata. Terus Joe juga coba pesen makanan yang katanya pakai “vegan chicken” alias ayam palsu. Terlihat mirip daging ayam, tekstur juga mirip, tapi rasanya tetep daging ayam lebih enak buat saya hahaha…

Festival makanan vegetarian ini kesempatan mencoba berbagai kuliner yang berbeda dari biasanya. Selain makanan untuk dimakan dengan nasi, ada banyak juga cemilan yang menggoda (lupakan diet). Jadi kalau yang lagi diet, jangan mentang-mentang katanya makanan vegetarian lebih sehat jadi malah makan kebanyakan ya hehehe.

6 thoughts on “Festival Makanan Vegetarian di Thailand”

  1. Nampak enak-enak semua Mba, hahahahaha. Efek jam makan siang nih.

    Ih iya makanan vegan tuh sehat yak

    1. iya, tapi saya kayaknya ga bisa jadi vegetarian. Harga makanan vegetarian yang terlihat seperti daging itu kadang-kadang lebih mahal dari harga makanan dengan daging hehheehe. Terus rasanya untuk saat ini masih lebih enak rasa daging asli. Tapi emang liat makanan banyak dengan aroma harum bikin lapar mata

  2. Tulisan kakak satu ini selalu menarik. Hmm coba ya di Medan ada festival vegetarian juga, kan asyik tuh gak tambah ndut akoh wkwkwk (apa hubungannya yak) soalnya di Medan musim hujan jajannya baksooo

    1. hahaa makin pengen jalan2 ke Thailand ya. Di Medan ga bisa diet, makanannya enak semua, makanya awakpun ga bisa kurus hahaha

Tinggalkan Balasan ke rhin Batalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.