Joshua dan Osmo (Newton, Coding, Coding Jam, Detectives dan Pizza Co)

Sejak Joshua main OSMO lagi dan tidak menunjukkan tanda bosan, kami memutuskan untuk melengkapi mainan OSMO kami. Beberapa yang belakangan di beli Osmo Coding Jam, Osmo Detectives dan Osmo Pizza Co. Sebelumnya Joe memprint sendiri untuk Pizza Co nya, tapi jadinya susah menyimpannya. Dengan alasan supaya mainnya lebih enak, akhirnya kami beli juga.

Khusus untuk Osmo Newton, kami tidak membeli creative boardnya tapi hanya menggunakan white board kecil yang ukurannya mirip dengan creative board.

Tulisan ini sekilas review sekaligus biar ingat apa yang sekarang sering dimainkan Joshua.

OSMO Newton

Osmo Newton ini sebenarnya mainnya agak rumit. Jadi kita diminta untuk membuat garis supaya bola yang jatuh terpantul lagi mengikuti hukum Newton. Joshua tapi senang bikin aturan sendiri mengumpulkan bola kecilnya dan somehow dia bisa sampai level 30 an.

Osmo Newton pakai whiteboard biasa
lagi milih mau main apa

Osmo Coding dan Coding Jam

Osmo Coding kami sudah beli sejak Jonathan 6 tahun, sekarang ada yang baru namanya Coding Jam. Prinsip mainnya sama, mainan coding juga bisa dipakai di coding jam. Bedanya coding jam ini punya lebih banyak instruksi dan kita menyusun instruksi untuk mengcompose musik.

Coding Jam
kemasannya bagusan yang lama
Osmo Coding bisa dipakai untuk Coding Jam

Kadang Joshua main bergantian antara Osmo Coding dan Coding Jam. Dia sudah mengerti instruksi dasar dari Osmo Coding dan Coding Jam. Joshua lebih suka yang coding jam, karena hasilnya bisa mendengarkan musiknya.

Osmo Detective Agency

Osmo Detective Agency ini sebenarnya seperti permainan I spy with my little eye. Jadi diberikan beberapa peta kota dan sebuah kaca pembesar. Kita diminta untuk mencari objek-objek yang ada di peta yang kita buka.

Kaca pembesar dan peta beberapa kota
total ada 8 peta
peta dan kaca pembesar bisa dimasukkan ke kotak seperti ini

Sekarang ini Joshua sukanya hanya mencari objek di Osmo Town. Tapi nantinya kalau dia sudah mengerti, Osmo Detective Agency ini bisa sekalian untuk mengenalkan geography dan landmark yang terkenal di sebuah kota. Misalnya menemukan Eiffel Tower di Paris, Perancis.

Osmo Pizza Co.

Untuk Pizza Co ini, Joshua sebenarnya belum terlalu mengerti (karena dia gak suka makan pizza), tapi ya kami beli juga untuk mengajarkannya kalau Pizza itu enak hahaha. Selain mengenalkan pizza itu ada berbagai topping, tentunya bisa untuk mengajarkan matematika juga.

isinya paling susah diberesin

Mainan ini paling butuh waktu membereskannya karena ada banyak koin, uang kertas dan juga topping dari pizza nya. Biasanya saya hanya ijinkan main pizza kalau memang kami temenin. Kalau nggak, saya kuatir mainannya bakal banyak yang hilang.

Osmo ini salah satu mainan yang agak mahal tapi juga banyak dimainkan anak-anak dan juga berguna untuk bermain dan belajar. Sekarang ini, Jonathan sudah tidak pernah lagi main Osmo. Bukan karena Jonathan tidak mau main, tapi karena Joshua tidak ijinkan Jonathan main hahaha. Jadinya kami bilang ke Jonathan, kalau mau belajar coding, langsung aja deh belajar di komputer.

Tadinya berencana beli juga Osmo HotWheels Mindracer, tapi entah kenapa, mainan ini tidak bisa dikirim ke Thailand. Mungkin tandanya cukup dengan Osmo yang ada sekarang saja kali ya hehehe.

Oh ya, karena membeli dengan jarak beberapa tahun, kami mendapatkan kemasan yang berbeda dengan seri pertama. Kemasan Osmo yang pertama lebih bagus, kotaknya lebih kokoh dan tutupnya menggunakan magnet. Untuk yang sekarang, kotaknya lebih tipis kartonnya dan kurang praktis.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.