Ketika Joshua Ada Maunya

Polusi di Chiang Mai sudah membuat kami lebih sering di rumah saja daripada keluar rumah. Musim panas juga bikin tambah malas keluar rumah. Tapi sepertinya Joshua mulai bosan di akhir pekan kalau hanya di rumah saja. Entah ide dari mana, dia mengajak papanya untuk mencari tulisan atau bentuk ABC di sekitar lingkungan rumah. Dia menyebutnya Nature Walk ABC. Beberapa kali karena polusi, kami menolak ajakannya. Ketika polusinya hanya di level moderate, papanya ajak dia jalan keliling komplek.

Saya tidak suka memakai masker, dan Joshua juga tidak suka memakai masker. Memang memakai masker ini tidak nyaman. Makanya kami juga mengurangi jalan-jalan di luar rumah dan memilih di rumah saja dengan memasang filter udara. Kami sudah berusaha menjelaskan sebelumnya, tapi setiap kali kami pasang maskernya, Joshua akan langsung melepaskannya.

Yay, akhirnya mau juga Joshua pakai masker ketika polusi

Beberapa hari sebelumnya, kami memasang filter udara yang baru di mobil, Joshua bertanya-tanya kenapa pakai filter. Kami pun menjelaskan soal udara yang sedang tidak bagus saat ini di Chiang Mai. Selama ini, walaupun di rumah pasang filter udara, Joshua tidak pernah bertanya itu benda apa dan kenapa dinyalakan.

Nah karena dia sudah mulai mengerti soal udara Chiang Mai yang berpolusi, saya jadi kepikiran dan usul ke Joe: “gimana kalau Joshua ngajak Nature Walk ABC, kita kasih syarat dia pakai masker?”. Jadi memang, biasanya Joshua akan melakukan sesuatu dengan senang hati kalau memang ada maunya. Benar saja, dia bersedia pakai masker walaupun agak tidak nyaman. Beberapa kali dia kelihatan memegang bagian maskernya, tapi dia tidak melepaskannya. Ketika sampai di depan rumah lagi, barulah dia melepaskannya.

Sejak itu, setiap Joshua melihat papanya pulang memakai masker, dia akan bilang: “udaranya lagi polusi ya makanya papa pakai masker”. Terus kalau minta keluar dia akan bilang: “aku mau cari ABC di luar, aku pake masker ya, udaranya polusi di luar”. Pinter aja bikin alasan minta diajak jalan-jalan.

Jadi memang, kalau mau mengajarkan sesuatu ke Joshua, harus melihat kapan dia ada maunya (meminta sesuatu berulang-ulang), dan jadikan yang mau diajarkan sebagai syarat hehehe. Kalau dia sudah mau melakukannya sekali, biasanya berikutnya tidak perlu jadi syarat dia sudah akan langsung mengerti.

Polusi sudah mengarah ke hazardous di Chiang Mai

Saya senang, karena sekarang kalaupun polusi dan butuh keluar rumah, Joshua bisa dipakaikan masker. Tapi tetap saja kami akan mengurangi kegiatan di luar rumah, terutama kalau polusinya lagi sangat tinggi dan mengarah ke hazardous seperti hari ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.