Belajar ala Joshua

Saya termasuk beruntung, tidak perlu susah payah mengenalkan huruf, angka dan membaca ke Joshua. Saya lupa persisnya sejak umur berapa dia menunjukkan ketertarikan dengan huruf dan angka. Tapi di umur belum 5 tahun, dia masih suka sekali dengan huruf dan angka dan sudah bisa membaca.

Nggak ke sekolah bukan berarti gak belajar. Anak-anak belajar dari bermain. Jadi untuk orangtua yang anaknya masih di bawah 6 tahun, gak usah pusing dengan tugas berjibun dari sekolah. Anak gak akan belajar kalau dipaksa, mending juga diajak main.

Beberapa mainan yang selalu dimainkan oleh Joshua tanpa bosan dalam mempelajari huruf dan angka. Siapa tahu bisa jadi inspirasi untuk masa-masa di rumah saja ini. Sebagian besar mainan sudah kami punya dari Jonathan kecil, tapi rasanya Joshua lebih banyak memainkan semuanya tanpa bosan.

Kalaupun di rumah saja, saya belum mengatur apa saja yang harus dikerjakan Joshua. Biasanya dia akan memilih sendiri apa yang dia mau. Rumah berantakan tidak masalah, selesai bermain bisa diajak untuk merapihkan. Berikut ini beberapa mainan yang sering dimainkan Joshua siapa tahu bisa jadi inspirasi dalam masa social distancing

LEGO

main lego juga bisa untuk belajar huruf

Lego selain bisa membentuk-bentuk sesuai petunjuk, bisa juga untuk dipakai bikin huruf dan angka. Kalau anak suka dengan hal yang lain, ajak dia membentuk hal-hal lain dengan menggunakan lego.

Permainan lego ini tidak harus yang berbentuk set dengan harga mahal, terkadang bentuk standarnya lebih lama dimainkan daripada bentuk-bentuk tertentu.

Pattern Blocks

Pattern blocks juga bisa untuk bikin berbagai bentuk selain tentunya huruf dan angka. Untuk awalnya bisa dicari beberapa contoh yang ada di internet, nanti anak-anak akan berimajinasi sendiri dan membentuk berbagai hal dengan pattern blocks ini.

Konstruksi puzzle

Saya gak tahu nama umum benda ini apa. Joshua milih sendiri pengen mainan ini karena apalagi kalau bukan bisa untuk menyusun huruf dan angka. Selain huruf dan angka, sebenarnya bisa juga membentuk benda-benda sederhana.

Pipa warna warni

Pipa ini sebenarnya bisa untuk main air ataupun melewatkan marble. Tapi tentunya, Joshua lebih senang membentuk pipa ini menjadi huruf dan angka juga.

Tangram

Kalau mainan ini ada banyak contoh yang bisa diikuti di internet. Bisa membentuk huruf, angka dan banyak bentuk lainnnya.

Kertas dan Crayon

Setelah mengenal huruf dan angka, Joshua belajar untuk menuliskannya. Selain menuliskannya, kadang-kadang juga dia bikin hurufnya bisa diwarnai. Kalau anaknya suka mewarnai, ada banyak juga template kosong yang bisa diwarnai dari internet. Tapi untuk Joshua, kebetulan dia hanya suka mewarnai ABC hehehe.

Mengeja dengan berbagai mainan

Setelah mengenal huruf dan bisa menuliskannya, berikutnya dia menyusun huruf-huruf membentuk kata. Huruf bisa disusun dari apa saja, termasuk dari domino ataupun gabungan tangram dan domino.

Menulis di papan magnetik

Papan magnetik ini solusi untuk tidak harus membeli marker ataupun pinsil warna. Gampang dihapus dan bisa dibawa-bawa juga. Dengan papan magnetik bisa menggambar ataupun menulis sesuai dengan apa yang disukai anak.

White board dan marker

Papan tulis ini kami beli sudah lama. Awalnya kami harus menjaga Joshua untuk tidak mencoret dinding dan mengajari dia untuk menggunakan papan ini kalau mau menulis. Sekarang kami tidak pernah kuatir memberikan marker ke dia.

Joshua bisa saja membuat sendiri permainan menarik dari apa yang sudah dia punya. Misalnya dia menuliskan huruf-huruf P xar dan menggunakan mainan huruf i untuk mengeja kata Pixar.

Belajar matematika

Dari mainan domino, konstruksi puzzle dan angka dia membentuk persamaan. Menggunakan 5 keping domino, tanda sama dengan dan angka 5. Dia ambil sendiri kepingan dominonya, karena dia sudah tau jumlah benda.

Cetakan playdough

Sebenarnya awalnya main playdough, tapi tidak sempat di foto. Setelah main playdough dengan cetakan huruf, berikutnya menyusun huruf-hurufnya menjadi kata.

Domino dan Musik

Domino disusun di atas drum. Setelah selesai dijatuhkan, terkadang dia membunyikan drumnya. Kadang-kadang dominonya disusun di atas piano dan katanya domino piano music.

Nature walk Alphabet

Kalau bosan di rumah, dia minta jalan-jalan keliling komplek. Sambil jalan-jalan, tentunya dia mencari bentuk-bentuk huruf dan angka di sekitarnya. Kadang-kadang dia membaca nomor plat mobil yang parkir atau tulisan apa saja yang bisa dia baca.

Baca buku

Selain kegiatan-kegiatan di atas, dia juga suka ambil buku dari rak buku dan baca-baca sendiri. Terkadang dia masih minta dibacakan sama papanya dan ya kami juga masih bacakan juga sih.

Screen time?

Kami masih memberikan screen time buat anak-anak. Tapi belakangan ini Joshua tidak mau main ipad, paling dia melihat YouTube (sambil gangguin papanya kerja) untuk belajar huruf russia, arabic, spanyol dan siapa tau ada mainan baru yang bisa diminta dibeliin ke papanya hehehe.

Untuk Joshua, kami mengajarkan di awal saja. Tapi kebanyakan dia menemukan sendiri permainan yang dia mau dari apa yang sudah ada di rumah.

Semoga jadi ide untuk ajak anak main di rumah ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.