16 Tahun ngeblog bareng Risna

Hari ini ulang tahun kami ngeblog bareng yang ke-16. Kami ngeblog bareng sejak masih jaman pacaran dulu dan terus berlanjut sampai sekarang. Kami ngeblog sejak bebereapa bulan setelah pacaran dan kami menikah hampir 3 tahun setelah ngeblog bareng. Saya lebih sering mengisi tulisan teknis, dan Risna lebih sering menuliskan topik lain.

Meja kerja saya. Sekarang Risna juga sering ngeblog dengan komputer ini.

Berbagai tulisan mengenai sejarah blog ini sudah pernah dituliskan di posting tahun-tahun sebelumnya, misalnya di posting 10 Tahun ngeblog bareng dan pernah juga saya tuliskan bahwa blog ini pernah masuk beberapa situs berita, buku, situs antivirus, dan bahkan pernah masuk TV. Blog ini sudah bertahan lebih lama dari banyak media sosial yang ada sepanjang masa hidup blog ini.

Di ulang tahun blog lalu saya berencana menulis lebih banyak tentang non-teknis, tapi sepertinya sampai saat ini masih kurang banyak. Sekarang ini di masa karantina virus Corona, saya jadi semakin sibuk karena anak-anak tidak punya kegiatan dan jadi banyak energi untuk mengajak saya bermain atau beraktivitas.

Di masa sekarang di mana banyak orang harus menyesuaikan diri dengan kehidupan digital, saya bersyukur dari dulu kami sudah hidup di dunia digital dengan blog ini menjadi saksinya. Dari sejak punya Nokia 3650 tahun 2003 kami sudah chatting dengan Agile Messenger (yang bisa konek ke Yahoo dan MSN di ponsel Symbian). Saling beremail. Sebelum kebanyakan orang memakai Skype untuk video call di mobile, atau memakai Zoom seperti sekarang, kami sudah pacaran memakai video Call dengan 3G. Sebelum gereja online, saya sudah membuat pembaca Alkitab untuk platform Symbian dan kemudian untuk Blackberry.

Kami juga bersyukur Jonathan sudah di homeschool sebelum semua orang terpaksa menyekolahkan anak di rumah, jadi tidak ada kejutan bagi kami saat ini. Kami juga bersyukur tulisan kami bisa dishare ke mereka yang bertanya mengenai homeschooling.

Dari dulu blog ini adalah milik kami berdua, tapi saya tahu sebagian orang hanya ingin mengikuti tulisan non teknis dari Risna dan sebagian ingin mengikuti tulisan teknis saya. Caranya sebenarnya mudah: klik saja di nama author: rhin untuk melihat tulisan Risna dan yohanes untuk melihat tulisan saya. Sebagai catatan: tidak semua posting kami share di page kami di Facebook.

Sebenarnya saya juga memiliki dua blog lain tinyhack.com untuk tulisan saya yang berbahasa Inggris, dan cintaprogramming.com untuk tulisan saya yang berisi programming, tapi saat ini keduanya jarang saya update. Tulisan security saya biarkan di blog ini saja karena sampai saat ini, ini hanya sekedar jadi pekerjaan sambilan bagi saya.

Saya berharap kami berdua tetap terus bisa menulis di blog ini sampai tua nanti berdua.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.