Siapa yang Masih Baca Ramalan Bintang dan Shio?

Saya bahkan sering lupa saya bintangnya apa dan shio nya apa. Sudah lama tidak melihat kolom ramalan bintang ataupun shio. Terakhir sempat terpikir soal shio waktu tahun baru Imlek, tapi ya sekilas begitu saja.

Siapa yang membaca ramalan peruntungan Anda di awal tahun 2020 ataupun tahun Tikus? Apakah ada yang menyebutkan kalau akan ada pandemi seperti sekarang ini? Adakah yang ramalannya bisa benar, atau lebih banyak hal-hal menyenangkan dalam ramalan yang ada.

Zodiac Wheel (Sumber: Freepik.com)

Saya teringat salah satu episode dari serial The Orville season 2 episode 5. Dalam episode tersebut, mereka sedang mengadakan kontak pertama dengan sebuah planet baru. Awalnya mereka merasa aneh, kenapa semua bayi dilahirkan prematur sebelum waktunya di bulan tersebut. Dan pada saat makan bersama, tidak sengaja mereka bercerita kalau 2 dari kru kapal yang hadir akan merayakan ulang tahunnya di minggu tersebut.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika kita berkenalan dengan orang baru adalah prinsip dan keyakinan orang tersebut belum tentu sama dengan yang kita pahami. Salah satu keyakinan yang tidak umum adalah mengenai rasi bintang ataupun shio dan lambang astrologi lainnya.

Di planet tersebut diyakini orang yang lahir dengan tanda astrologi tertentu berpotensi menjadi orang jahat dan suka kekerasan. Untuk mencegah orang lahir dengan astrologi tertentu, mereka berusaha membuat anak-anak dilahirkan sebelum waktunya atau ditahan sampai pergantian bulan.

Kru kapal The Orville yang diketahui akan berulang tahun di minggu itu ditangkap dan digabungkan dengan kelompok penduduk dengan astrologi yang sama. Iya, mereka memang tidak langsung dibunuh, tapi dikucilkan dan dipisahkan dari komunitas umum. Mereka dianggap warga planet kelas belakang karena berbahaya.

Bagaimana nasib 2 dari anggota The Orville yang punya lambang astrologi yang terlarang di planet tersebut? dan bagaimana mereka menyelesaikan masalahnya? Bisa ditonton sendiri di serial The Orville Season 2 episode 5. Tulisan saya kali ini bukan sedang review film hehehe. Saya pernah menulis tentang TV series The Orville ini, bisa dilihat di sini kalau mulai penasaran.

Saya pernah bertanya ke teman saya, apakah mereka masih membaca ramalan bintang dan shio? Umumnya mereka akan bilang kalau terlihat ya dibaca juga tapi tidak dipercaya seratus persen. Ibaratnya, kalau dulu di majalan wanita selalu ada kolom rasi bintang, saya ingat kadang suka iseng juga membaca ramalan bintang minggu ini dan melihat sebenarnya hampir semua bintang diberikan ramalan yang mirip-mirip.

Bulan Februari kemarin, di hari perayaan Imlek, ada banyak penjelasan tentang shio dan rasi bintang termasuk ramalannya di tahun Tikus. Saya sempat terpikir untuk membacanya, tapi karena pada dasarnya saya tidak percaya, saya akhirnya tidak jadi membacanya.

Membaca dan percaya memang 2 hal yang berbeda. Bisa saja beberapa orang masih suka membaca ramalan bintang dan shio walaupun tidak percaya dengan apa isi ramalannya. Tapi terkadang ketika ada kejadian yang mirip terjadi dengan ramalan, bisa-bisa orang tersebut secara tidak sadar jadi percaya dengan ramalan nasibnya.

Saya tidak ingat kapan terakhir membaca ramalan astrologi. Iya, walaupun saya tidak pernah mempercayai astrologi, saya dulu sesekali membacanya juga. Biasanya bagian yang paling dicari kolom asmara. Masa itu lagi menunggu-nunggu kapan jodoh akan tiba hahaha. Kalau dipikir-pikir konyol sekali kelakuan saya, karena ternyata jodohnya gak jauh-jauh ada di ruang kelas dan ruang kerja yang sama.

Kesimpulan buat saya sih, tidak ada gunanya juga membaca ramalan bintang dan shio. Jadi ingat dengan sebuah pelajaran dari film Laskar Pelangi, ketika anak-anak di film tersebut datang ke dukun untuk meminta kepintaran. Si dukun kasih tulisan jampi-jampi dalam gulungan berikut ini: “Kalau nak pintar belajar! Kalau nak sukses usaha!”. Saya tertawa melihat bagian itu, karena nasihatnya sudah jelas sekali artinya apa.

Daripada baca ramalan, lebih baik kita berusaha sendiri (Sumber: Laskar Pelangi)

Dalam hidup ini, daripada percaya dengan ramalan atau hal-hal gaib berdasarkan astrologi atau tanda-tanda lainnya, saya lebih percaya usaha diri sendiri. Satu-satunya ramalan yang masih saya baca itu ramalan cuaca atau prakiraan cuaca. Dulu prakiraan cuaca disebut sebagai ramalan cuaca, walaupun kadang meleset, tapi biasanya yang diprakirakan akan terjadi juga kemudian.

Jadi gimana, siapa yang masih suka membaca walaupun tidak percaya dengan ramalan bintang, shio dan pertanda lainnya?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.