Humble Bundle: Mendapatkan Konten Digital Murah Sambil Berdonasi

Siapa yang suka dengan game, software, buku dan komik digital? Dalam tulisan hari ini, saya akan memberitahu cara mendapatkan berbagai konten digital dengan legal dan murah sambil berdonasi. Hidup di era digital ini kita harus menghargai hasil karya digital orang lain dengan mencari versi legal dari karya mereka.

Memang membeli produk digital tidak selalu murah, godaan mencari bajakan juga tinggi. Tapi kalau ada penawaran yang memang legal dan tidak merobek kantong apalagi sambil berdonasi, masa kita mau tetap mengeraskan hati dengan mencari barang bajakan? Salah satu cara kami mendapatkan konten digital dengan legal adalah dengan membeli melalui Humble Bundle.

Humble Bundle menjual game, software, buku digital, dan berbagai konten digital lainnya. Misi dari humble bundle ini membantu berbagai organisasi amal (seperti WWF, American Red Cross, Save the Children, World Reader, dan lain-lain) sambil menyediakan konten yang menarik untuk pelanggannya dengan harga yang murah.

Mereka memulai program Humble Bundle ini sejak tahun 2010 dengan menjual sebuah Indie Bundle selama 2 minggu. Sekarang mereka memberikan banyak penawaran yang berbeda pada saat yang bersamaan. Untuk melihat ada penawaran apa saja saat ini, bisa di lihat di blog mereka.

Penawaran di Humble Bundle ini selalu berubah dan hanya dalam waktu tertentu. Kadang-kadang mereka juga menawarkan bundle gratisan. Jadi jika saat ini tidak ada bundle yang menarik untuk dibeli, bisa jadi besok hari ada yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Kami sudah membeli beberapa konten digital dari Humble Bundle ini sejak tahun 2011. Semua pembelian yang pernah dilakukan ada catatannya dan bisa diunduh ulang. Jadi tidak usah khawatir kalau apa yang sudah dibeli, diunduh lalu hilang karena harddisk rusak misalnya. Beberapa produk yang kami beli melalui Humble bundle ini pernah dituliskan di sini dan di sini.

Salah satu hal yang kami beli dan sangat berkesan dari Humble Bundle ini adalah koleksi game dari Humongous Entertainment. Kalau dalam cerita blog dulu yang bermain adalah anak yang besar, sekarang ini anak yang kecil juga sudah menyelesaikan beberapa game Putt Putt sebelum dia berusia 4 tahun. Tampilan game Putt Putt mungkin terlihat berbeda dengan game jaman sekarang, tapi tetap menarik, menghibur dan mengajarkan sedikit logika untuk anak-anak.

Kemarin, kami baru membeli kumpulan buku digital yang menarik untuk dibaca oleh anak pertama (usia 9 tahun) untuk melengkapi kegiatan homeschoolingnya. Saya baru ingat kalau kami belum pernah menuliskan tentang Humble Bundle ini, padahal kami sudah merasakan banyak manfaat dari konten digital yang kami beli di sana.

Kumpulan buku yang baru kami beli ini diberi nama Fun with STEM dari Adams Media. Buku-buku ini merupakan buku terbitan Adams Media dan donasinya untuk mendukung Book Industry Charitable Foundation (BINC). Penawaran untuk bundle ini hanya berlaku sampai tanggal 1 Juni 2020.

Penawaran membeli biasanya ada beberapa pilihan, untuk kumpulan buku Fun with STEM, kita bisa memilih mau membayar 1 USD, 8 USD, atau 15 USD. Kita bisa memberikan lebih dari 15 USD jika kita ingin memberikan lebih banyak donasi. Karena hampir semua buku terlihat menarik untuk dibaca, kami memutuskan untuk membayar 15 USD untuk mendapatkan seluruh koleksi bundle buku digital yang ditawarkan.

Karena iseng, saya mencari tahu apa benar tawaran mereka ini lebih murah daripada membeli langsung bukunya. Lagi pula terkadang kita tidak membutuhkan buku sebanyak ini. Saya tertarik terutama dengan buku “Everything Everyday Math” dan “Everything STEM Handbook”. Buku-buku lainnya juga cukup menarik untuk anak pertama dan papanya. Saya periksa harganya di Amazon Kindle Store. Ternyata saya butuh sekitar 27 USD untuk mendapatkan versi Kindle dari dua buku tersebut, dan butuh lebih dari 34 USD (belum termasuk ongkos kirim) kalau ingin mendapatkan buku fisiknya.

Jadi ingat lagi dengan tulisan saya tentang kenapa saya lebih suka buku digital. Bayangkan kalau saya harus membeli lebih dari 30 buku fisik ini, berapa banyak yang harus saya keluarkan termasuk untuk ongkos kirimnya. Dengan Humble Bundle, saya cukup membayar 15 USD dan buku-buku ini bisa saya baca semuanya. Satu hal lagi, format buku yang ditawarkan ini bukan hanya berbentuk pdf, tapi juga tersedia format dinamisnya (mobi dan epub) untuk memudahkan saya membacanya.

Buku digital yang bisa dibeli dari Humble Bundle ini biasanya diberikan dalam berbagai format dan DRM free. Kita bisa membacanya di berbagai gawai yang kita miliki dan bisa memiliki lebih dari satu salinan. Kita bisa menyimpannya di komputer, tablet, ponsel atau gawai Kindle dan pembaca buku digital sejenisnya. Perlu diingat, walaupun ini DRM free dan bisa disalin dengan mudah, sebaiknya jangan lupa tujuan awal dari membeli buku ini, kita ingin membeli konten digital dengan legal sambil berdonasi. Jadi, jika kita ingin membagikan kita bisa menyarankan teman-teman kita untuk membeli sendiri.

Mungkin akan ada yang bilang, “Untuk apa beli buku sebanyak itu kalau kita hanya butuh dua buku saja, kenapa tidak beli buku yang memang kita inginkan saja daripada beli kebanyakan seperti itu?” Prinsip saya adalah, kalau saya bisa membeli dengan sangat murah dan legal, saya tidak keberatan dengan ekstra buku yang ada. Saya tidak harus mengunduh semua bukunya sekaligus. Saya akan selalu bisa mengunduhnya di kemudian hari.

Disclaimer: saya tidak dibayar untuk menuliskan ini. Saya hanya ingin berbagi informasi, siapa tahu ada yang senang mencari konten digital tapi selalu merasa berat melihat harganya. Atau siapa tahu ada yang senang bermain game, tapi tidak mau membeli karena mahal harganya. Bisa dilihat-lihat siapa tahu ada penawaran yang menarik sesuai untuk Anda.

Mari berhenti membajak konten digital dan semoga semakin banyak penawaran yang menarik sambil berdonasi seperti Humble Bundle ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.