Review Marbotic Smart Letters – Huruf Kayu Buat Layar Sentuh

Mainan Marbotic ini kami beli bulan Februari lalu. Awalnya Joshua melihat vide nya di YouTube. Terus dia sering minta dibeliin. Saya merasa mainan huruf dan angka Joshua sudah cukup banyak, sudah ada OSMO juga. Tapi akhirnya, kami belikan juga. Alasannya, OSMO itu dulu dibeli untuk Jonathan, sedangkan Joshua belum pernah dibelikan mainan seperti ini. Joe juga penasaran aja gitu pengen tau cara kerjanya hehehe.

Kami membeli Marbotic Smart Letter dan Marbotic Smart Number saja dari ebay Australia karena situs resminya tidak mengirim barangnya ke Thailand. Waktu itu harganya sekitar 2.606 THB termasuk ongkos kirim. Kami mendapatkan harga cukup murah dibandingkan harga situs resminya karena walaupun barangnya baru, mereka menjualnya sebagai kategori barang bekas. Seingat saya, tidak sampai seminggu sejak dipesan, barangnya sudah sampai.

Hari ini saya akan menuliskan tentang Marbotic Smart Letters saja. Lain kali saya akan menuliskan tentang Marbotic Smart Numbers.

Packaging dan Bentuk Fisiknya

Packagingnya bagus

Marbotic Smart Letters dikemas dalam kotak yang besar. Setiap huruf disusun dengan rapi dan ada 3 tingkat untuk menyimpannya. Setiap huruf ukurannya cukup besar dan ada pegangannya untuk nantinya anak bisa menempelkannya di atas layar tablet.

Kayunya bagus dan terlihat kokoh. Karena hurufnya ukuran besar, mainan ini bisa dimainkan mulai dari 2 tahun, tapi ya kalau tidak mau anak sering-sering terpapar layar gawai mungkin bisa ditunda sampai 4 tahun (Joshua umur 4.5 tahun saat kami beli mainan ini).

Cara kerja Marbotics ini sebenarnya sederhana. Setiap huruf memiliki 3 titik di belakangnya yang susunanya tidak sama. Titik hitam yang seperti terbuat dari karet ini yang akan dibaca oleh program untuk mengetahui objek huruf atau angka apa yang disentuhkan di atas layar.

Di atasnya ada pegangan, di bawahnya ada 3 titik hitam

Joshua senang melihat huruf dan angkanya besar-besar, walaupun dirancang untuk dimainkan dengan aplikasi di tablet, tapi mainan ini bisa dimainkan tanpa gawai untuk pengenalan bentuk dan menyusun urutan alfabet.

Marbotic ini juga ada game untuk dimainkan bersama-sama, Joshua senang mengajak kami main bersama selain main sendiri.

Aplikasi untuk Smart Letters

Saat ini ada 4 aplikasi yang sudah dicoba oleh Joshua dari Marbotic Smart Letters. Aplikasi ini mulai dari pengenalan bentuk huruf, bunyi huruf, menyusun huruf, mengenali object yang memiliki huruf awal tertentu, mengkombinasikan huruf sehingga hurufnya dibacakan oleh aplikasi sampai dengan belajar membaca.

Ada 4 aplikasi untuk Marbotic Smart Letters

Aplikasi dari marbotics tidak bisa dimainkan kalau kita tidak mempunyai mainan Marboticsnya. Di awal kita masuk aplikasi, kita akan diminta untuk memasukkan 3 huruf sebelum bisa mulai bermain.

Alpha monster

Aplikasi ini mengenalkan huruf dan objek apa yang dimulai dari huruf tersebut. Aplikasi ini termasuk yang paling sederhana.

Vocabubble

Nah aplikasi ini lebih menarik, karena bisa bermain bersama sampai 4 orang. Biasanya di awal, pemain diminta untuk memilih huruf yang akan dipakai. Lalu, di layar akan muncul gambar-gambar yang huruf awalnya dimulai dari huruf yang dipilih oleh pemain.

Untuk contoh di bawah ini, saya memilih 2 pemain dengan huruf P dan S. Nantinya kita diminta untuk meletakkan huruf yang kita miliki di atas objek yang kita ketahui memiliki huruf awal tersebut. Ketika kita menstamp huruf P di atas gambar parrot, maka gambar tersebut akan hilang dan akan digantikan dengan gambar lain.

contoh permainan Vocabubble

Pemenang dari game ini adalah yang bisa menstamp terbanyak dalam waktu yang diberikan. Aplikasi akan menghitung siapa yang berhasil memilih gambar terbanyak.

BlaBlaBox

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menerima input huruf apapun yang diletakkan di atas layar lalu membunyikan huruf atau suku kata atau kata yang digabungkan. Kalau kita dekatkan setiap hurufnya, aplikasinya akan membacanya. Kalau kita susun B L dan A maka dia akan baca BLA.

Dengan aplikasi ini, anak bisa mencoba-coba menyusun huruf apapun untuk dibaca. Joshua kadang-kadang hanya menyusun huruf yang sama lalu ketika mendengar aplikasinya membaca gabungan huruf yang dia susun, dia tertawa karena terkadang bunyinya jadi aneh.

Aplikasi ini tentunya bisa untuk anak latihan mengeja. Untuk mengingat bagaimana susunan huruf dalam membentuk kata tertentu. Kalau salah, ya tinggal diatur ulang huruf-hurufnya.

LilReader

Setelah kenal bentuk huruf, kenal bunyi huruf dan tau bagaimana gabungan dari beberapa huruf, berikutnya anak bisa belajar membaca.

Berikut ini video cara bermain LilReader.

Contoh bermain Marbotic di tablet (sumber: https://www.marbotic.com/shop/smart-letters/)

Aplikasi ini mengajarkan membaca secara bertahap. Mulai dengan pengenalan bunyi, pengenalan kata, huruf awal, mengenali huruf vokal yang hilang dan seterusnya sampai anak mengenali kata sebagai sight words.

Tahapan belajar membaca dengan LilReader

Penutup

Walaupun Joshua sudah bisa membaca sebelum kami membeli Marbotic ini, tapi dengan adanya mainan ini dia jadi tetap rajin berlatih. Mainan yang paling sering dimainkan selain bermain dengan hurufnya saja tanpa gawai, tentu saja Vocabubble bersama papanya dan BlaBlaBox.

Mainan ini sayangnya tidak punya aplikasi untuk belajar baca bahasa Indonesia. Mudah-mudahan bisa jadi inspirasi kalau ada yang ingin membuat mainan sejenis lengkap dengan aplikasinya tapi digunakan untuk belajar bahasa Indonesia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.