Nonton Kdrama, Bayar atau Bajak?

Ngomongin nonton film atau serial TV, dari jaman dulu saya sudah tahu ada banyak cara para pemirsa untuk menyalurkan hobi menontonnya. Sejak jaman DVD sampai jaman internet film dan drama tersedia yang resmi maupun bajakan.

Ada yg memilih membeli DVD resmi tapi artinya harus menunggu lama sampai sebuah drama selesai tayang seluruh episode dalam 1 season di TV baru diproduksi DVD nya. Tapi ada juga yang memilih untuk menonton versi bajakannya walaupun kualitasnya kurang memuaskan.

Sekarang ini sudah bukan jaman DVD, teknologi para pembajak juga makin canggih. Tapi yang banyak tidak diketahui oleh pemirsa, kalau memang suka menonton, lebih baik cari versi berbayar daripada versi bajakan.

Beberapa alasan kenapa sebaiknya tidak mencari dari sumber ilegal (selain masalah etika dalam menghargai hasil karya orang lain):

  • Kualitas gambar tidak selalu bagus untuk dilihat.
  • Ada film yang tidak sinkron antara suara dan gambar, hal ini mengganggu kenyamanan menonton.
  • Subtitle film bajakan juga sering memberi makna yang salah atau tidak enak dibacanya.
  • Ada kemungkinan file bajakan yang didownload disusupi virus atau malware.
  • Menonton streaming dari website ilegal juga banyak jebakan iklan yang mengarah ke situs-situs porno.

Ada banyak cara menonton Kdrama yang legal. Bisa gratis atau membayar dengan jumlah yang sebenarnya tidak terlalu mahal dibandingkan mahalnya membayar kuota internet. Sebelum memutuskan mau menonton dari web streaming yang mana, pastikan Anda punya kuota internet yang lebih dari cukup.

Menonton melalui layanan resmi ini bisa di komputer ataupun di gawai seperti tablet dan ponsel. Beberapa aplikasi juga menyediakan layanan menonton secara offline. Jadi kita bisa mengunduh filmnya ketika terhubung ke internet, lalu menontonnya kemudian.

File yang diunduh ini hanya bisa dilihat menggunakan aplikasi yang disediakan oleh layanan tersebut. Setelah beberapa lama, biasanya file yang diunduh tidak bisa lagi dilihat dan harus unduh ulang kalau mau melihat secara offline. Hal ini tentunya untuk menghindari usaha pembajakan film.

Netflix

Favorit saya buat nonton ya di Netflix. Alasannya karena Kdrama terbanyak itu ada di Netflix, dan belakangan Netflix juga mulai memproduksi Netflix original series untuk Kdrama. Selain untuk nonton Kdrama, kami juga memang berlangganan Netflix untuk tontonan serial dan film lainnya termasuk acara anak-anak.

Netflix memberikan gratis masa percobaan 30 hari, tapi kita harus memasukkan informasi untuk pembayarannya. Kalau kita tidak mendaftar, kita tidak bisa sama sekali menonton dari layanan ini.

Kategori K-dramas di Netflix

Iflix, VIKI, dan VIU

Saya tahu ada layanan Iflix, Viu, VIKI selain Netflix. Layanan lain itu ada kelebihannya daripada Netflix. Mereka menyediakan layanan menonton gratis untuk beberapa judul tertentu dan kita tidak harus mendaftar.

Kekurangannya ya penonton harus melihat dengan resolusi yang kurang tinggi dan ada banyak selingan iklan. Kalau ingin menghilangkan iklan, kita bisa mendaftar yang berbayar.

Iflix

Saya pernah mencoba Iflix layanan gratis 30 hari, saya hanya perlu menciptakan login tapi tidak memasukkan informasi pembayaran. Seperti halnya Netflix, ada banyak film dan drama lain selain Kdrama.

Saya tidak meneruskan memakai jasa Iflix karena waktu itu aplikasinya terasa kurang bagus. Kalau ingin menonton beberapa film tanpa membajak dan tidak mau membayar, Iflix bisa jadi pertimbangan daripada mencari dari sumber ilegal.

Kategori K-drama di Iflix

VIKI

Viki hanya pernah saya instal dan melihat satu episode saja dan tidak pernah lagi saya pakai, saya tidak betah dengan iklannya dan tidak mau bayar layanan tambahan. Ada beberapa K-drama yang tidak ada di Netflix tapi ada di layanan ini, misalnya saja drama Doctor John yang ada di VIKI tapi tidak ada di Netflix.

Kategori K-drama di VIKI

VIU

Saya tidak pernah menginstal aplikasi VIU, tapi teman-teman saya sering menyebutkan kalau mereka menonton di VIU. Karena penasaran, saya lihat dari browser dan ternyata banyak juga Kdramanya dan drama asia lainnya. Tapi untuk film dan serial dari Indonesia atau Amerika malah tidak ada sama sekali.

Untuk Viu ada lagi keunikan lainnya. Beberapa episode pertama dari drama bisa ditonton tanpa mendaftar, tapi untuk melihat beberapa episode terakhir, hanya bisa dilihat oleh member yang berbayar.

Kita bisa membedakan drama yang bisa ditonton penuh tanpa membayar atau harus bayar dari icon yang ada. Ini mungkin untuk orang-orang yang ingin lihat apakah dia akan tertarik atau tidak dengan drama tersebut, jadi boleh lihat gratis beberapa episode pertama. Kalau tidak suka kan tidak perlu meneruskan menontonnya.

Kategori K-drama terbaru di VIU

Penutup

Kalau sudah tahu ada banyak sumber menonton yang legal untuk menonton Kdrama, besok-besok jangan cepat cari sumber bajakan ya.

Beberapa teman saya juga membagikan cerita mereka tentang tempat mereka menonton Kdrama. Kalau mau tau lebih banyak, silahkan kunjungi tulisan mereka ya.

2 thoughts on “Nonton Kdrama, Bayar atau Bajak?”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.