Google Meet, Bertemu Virtual lewat Video Gratis dari Google

Hari ini, ketika membuka Gmail, saya mendapat notifikasi tentang Google Meet. Ternyata jadi juga Google menggratiskan layanan Google Meet yang sebelumnya hanya tersedia sebagai layanan berbayar.

Akses ke Google Meet dari dalam Gmail

Dulu saya pengguna Google Talk untuk percakapan teks, sebelum kemudian berubah nama menjadi Google Hangout. Tapi karena semua orang yang saya kenal menggunakan WhatsApp, saya juga mulai meninggalkan pemakaian Google Hangout.

Google Hangout dikembangkan menjadi Google Meet dengan kemampuan untuk pertemuan virtual oleh Google yang awalnya merupakan layanan berbayar untuk kantor/bisnis. Sejak akhir April 2020, Google mengumumkan akan menjadikan layanan Google Meet ini gratis untuk semua orang.

Pengguna ponsel android, umumnya sudah memiliki Google account/Gmail, dengan membuka meet.google.com dari browser atau menginstal aplikasi Google Meet dari playstore, kita bisa dengan mudah menciptakan konferensi video sampai dengan 100 peserta.

Tangkapan layar meet.google.com di browser

Kalau kita belum login ke Google account, ketika kita pilih Start a meeting ataupun Enter meeting code, kita akan diminta untuk login menggunakan Google account kita untuk dapat bergabung.

Sebelum kita bergabung, kita juga akan ditanyakan hak akses mikrofon dan video. Akses terhadap mikrofon dan suara ini bisa dimatikan di awal saat join.

Instal Aplikasi Google Meet dari Playstore

Seperti saya sebutkan sebelumnya, selain menggunakan browser kita bisa juga menginstal aplikasi Google Meet yang sudah tersedia di playstore. Ketika kita mendapat undangan Google Meet dan membukanya di ponsel, kita akan ditanyakan apakah ingin menginstal aplikasinya pertama kali. Tapi setelah kita instal, kita tidak akan ditanya lagi.

Tampilan aplikasi Google Meet di ponsel

Seperti halnya dari browser di komputer, dengan aplikasi Meet kita juga bisa dengan mudah memulai new meeting atau bergabung dengan meeting yang diciptakan orang lain dengan memasukkan kode yang kita dapatkan.

Google mengklaim kalau layanan pertemuan virtual ini lebih aman dari pada aplikasi Zoom. Layanan ini bisa dipakai secara gratis dan tidak dibatasi waktunya. Untuk aplikasi Zoom, ada batasan 40 menit buat pengguna yang tidak bayar.

Hari ini, saya sudah mencoba aplikasi ini dengan menciptakan meeting dari dalam halaman Gmail saya, lalu saya juga mencoba dari situs meeting.google.com, dan terakhir saya mencoba juga dari aplikasi ponsel. Saya bisa berpindah aplikasi ketika meeting dengan mudah atau bahkan bisa masuk 2 kali dengan account Google yang sama.

Layanan Google Meet ini terhubung dengan Google Calendar. Kita bisa menjadwalkan pertemuan virtual di Google Calendar dan mengirimkan undangannya ke teman-teman yang memiliki Google account. Ketika ada yang bergabung ke sebuah pertemuan, pihak yang menciptakan harus memberikan ijin terlebih dahulu. Hal ini untuk menjamin tidak ada orang yang tidak diundang hadir dalam pertemuan virtual.

Dengan menggunakan Google Meet ini, kita juga bisa mempresentasikan sesuatu dengan cara membagikan isi layar kita. Layanan ini bisa dicoba untuk dipakai dalam kegiatan sekolah dari rumah menggantikan Zoom yang kabarnya kurang aman.

Ada yang sudah mencoba Google Meet ini? Pernah melakukan pertemuan virtual sampai berapa orang? Gimana kesannya kalau dibandingkan dengan aplikasi pertemuan virtual lainnya?

Semoga saja layanan ini digratiskan seterusnya dan bisa bertahan lama, tidak seperti Google Hangout yang hampir dilupakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.