Ide untuk Rencana Belajar Pendidikan Anak Usia Dini

Tulisan kali ini untuk teman-teman yang punya anak usia 5 tahun dan masih ragu-ragu mau daftarin anak sekolah TK atau tidak. Dilemanya memang jelas, kalau tidak kirim anak ke sekolah, berarti harus mikirin sendiri kegiatan untuk anak di rumah. Kekhawatirannya juga bisa dimengerti, kalau tidak ada yang ngasih tugas, berarti mamak harus rajin cari tahu apa yang bisa dikasih buat anak untuk dikerjakan di rumah.

Saya dulu sempat berusaha mengikuti beberapa lesson plan yang saya temukan di internet. Ada banyak sebenarnya dan mereka sangat terperinci memberikan apa saja yang bisa dikerjakan anak setiap harinya. Umumnya kegiatannya diberikan dalam rencana belajar mingguan, dan mereka memberikan banyak lembar kerja yang bisa kita cetak di rumah.

Di Amerika ada banyak sekali yang sudah membuat rencana belajar anak mulai dari umur 2 tahun sampai SMA, jadi memang semua situsnya berbahasa Inggris. Sayangnya belum ada yang membuat berbahasa Indonesia. Saya sendiri tidak mengikuti secara keseluruhan, tapi ada beberapa yang saya cetak dan berikan ke Jonathan dan Joshua.

Kegiatan yang diberikan bukan cuma kegiatan akademik. Situs-situs ini juga memberikan pelajaran rohani, karakter, kemandirian anak dan juga ide bermain sambil belajar.

Hubbard’s Cupboard

Situs ini dibuat oleh keluarga yang menghomeschool anaknya sejak tahun 2007. Mereka membagikan materi secara gratis untuk anak mulai dari umur 4 tahun. Ada tabel kegiatan dan tujuan dari masing-masing kegiatan. Jika dibutuhkan lembar kerja, mereka juga memberikan lembar kerja yang bisa kita cetak sendiri, termasuk lembar kerja mewarnai.

https://www.hubbardscupboard.org/

Dalam situs ini penyusunan kegiatan anak memperhatikan bagaimana supaya anak mempunyai kegembiraan dalam belajar (a joyful journey into learning). Berikut ini contoh kegiatan dan kerajinan tangan yang bisa dilakukan. Bisa dilihat kalau mereka berusaha membentuk karakter selain memberikan pengetahuan akademik pada anak.

Daftar lagu, gambar untuk diwarnai, ayat Alkitab untuk dibacakan sebagai bagian dari pendidikan rohani, belajar membaca mulai dari membunyikan huruf semua dijabarkan menjadi tujuan kegiatan belajar setiap minggu.

Detail pelaksanaan harian tentunya diserahkan kepada orangtua. Tujuan yang ingin dicapai ini bisa disusun menjadi jadwal kegiatan harian. Satu kegiatan yang penting setiap harinya adalah membacakan buku untuk anak.

ABC Jesus Loves Me

Situs ini dibuat oleh seorang ibu yang menghomeschool anaknya. Awalnya hanya ada mulai umur 3 tahun sampai usia pra sekolah, tapi sekarang menyediakan kurikulum online untuk anak mulai umur 1 tahun.

Untuk melihat rencana belajar mingguan, bisa klik pada Index of Weekly lesson plans. Dalam rencana belajar diberikan apa saja bahan yang dibutuhkan untuk minggu tersebut, tujuan pembelajaran dan kegiatan apa yang disarankan untuk mencapai tujuan belajar.

https://www.abcjesuslovesme.com/5-year-online-curriculum/

Ada beberapa buku yang perlu dibeli kalau mau mengikuti kurikulum ini. Tapi kita bisa juga menggantikannya dengan buku bacaan anak-anak yang lain. Intinya akan ada kegiatan membaca setiap harinya. Situs ini juga memberikan banyak lembar kerja yang bisa kita cetak sendiri.

Kalau kita tidak ingin mencetak sendiri, mereka juga memberikan pilihan untuk membeli dari situsnya. Saran saya sih lebih baik investasi untuk beli printer dan tidak usah buru-buru beli. Kadang-kadang tidak semua lembar kerja ingin kita berikan kepada anak. Lembar kerja bisa juga dicari dari situs lain.

Saya senang meniru kegiatan untuk motorik anak di rumah untuk selingan kegiatan akademik. Anak di bawah 6 tahun tidak tahan berlama-lama duduk di meja untuk belajar, jadi perlu juga cara bermain sambil belajar yang tidak hanya duduk mengerjakan lembar kerja.

Easy Peasy All-in-One Homeschool

Situs yang ini menyediakan kurikulum pelajaran mulai dari preschool sampai sekolah lanjutan sebelum kuliah. Seperti halnya dua situs sebelumnya, materi ini disediakan gratis oleh keluarga yang menghomeschool anaknya. Mereka menyediakan lembar kerja yang bisa ita cetak sendiri ataupun kita pesan untuk membeli.

Easy Peasy All-In-One Homeschool mulai dari preschool sampai sebelum kuliah.

Situs Easy Peasy ini lebih banyak berisi tentang kegiatan akademik. Kalau dua situs sebelumnya memberikan jadwal tujuan mingguan, maka situs ini memberikan kegiatan harian. Selain yang disebutkan dalam materi sebelumnya, umumnya semua sudah tersedia linknya dari dalam situs ini.

Contoh kegiatan harian Pre-K https://allinonehomeschool.com/getting-ready-1/

Contoh kegiatan hari pertama mendengarkan lagu, tersedia link yang kita bisa klik untuk mendengarkan lagunya. Untuk kegiatan mewarnai juga ada link ke file yang bisa kita cetak sendiri.

Untuk kegiatan preschool ini ada 172 hari mulai dengan pengenalan huruf, sampai nantinya anak diajarkan membaca. Untuk belajar bahasa Indonesia, mungkin situs ini kurang sesuai, tapi buku kerjanya bisa ditiru untuk diwarnai.

Sumber Lainnya

Selain contoh yang sudah saya sebutkan di atas, masih ada banyak sekali situs lain yang memberikan berbagai kegiatan untuk mendukung kegiatan pendidikan anak usia dini. Selain situs ini, ada juga aplikasi seperti Khan Academy Kids yang bisa dijadikan selingan kalau mengijinkan screen time untuk anak.

Pinterest dan YouTube Kids juga bisa dijadikan tempat untuk mencari ide dalam berkegiatan bersama anak. Saya sering pusing sendiri karena telralu banyak sumber hehehe.

Buku kerja Brain Quest yang bisa dikerjakan selama setahun

Cara lain bisa juga membeli buku kegiatan seperti Brain Quest, sehingga kita tidak perlu lagi mencetak sendiri. Ada banyak yang bisa dikerjakan sepanjang tahun dari buku ini untuk kegiatan akademik, kita tinggal menambahkan kegiatan bermain lainnya.

Penutup

Contoh-contoh yang saya sertakan di sini memang semuanya dalam bahasa Inggris. Tapi semuanya bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan anak kita. Tidak perlu mengikuti terlalu kaku dari contoh yang ada. Beberapa sumber lain yang berbayar juga ada banyak, tapi saya tidak pernah memakai yang berbayar kecuali membeli buku atau mainan.

Harapan saya dari masa pandemi Covid-19 ini, akan ada yang membuat kurikulum atau contoh kegiatan dalam setahun yang bisa diikuti orangtua. Membaca kurikulum yang saya dapat dari kemendikbud kemarin rasanya masih terlalu abstrak dan butuh waktu untuk mencernanya. Mudah-mudahan saja ada sekolah, atau guru yang mulai merintis membuat rencana belajar harian ataupun mingguan untuk anak usia dini di Indonesia.

Oh ya, kalau ternyata sudah ada yang menyediakan rencana belajar setahun yang mengikuti kurikulum Indonesia seperti contoh di atas, tolong berbagi informasi dan tinggalkan linknya di kolom komentar ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.