Kdrama Harus Berakhir Bahagia

Hari ini ngomongin Kdrama lagi, topik lanjutan dari nulis bareng teman-teman di grup drakor dan literasi. Hari ini mau menceritakan jenis Kdrama yang paling sering saya pilih sebelum menentukan apakah akan menonton sebuah drama atau tidak.

Seperti halnya film produksi manapun, sebenarnya semua jenis genre ada di drama Korea. Tapi, buat saya menonton Kdrama ini tergantung mood. Tapi biasanya butuh yang ceritanya menarik, menghibur, plotnya tidak bertele-tele dan jalan ceritanya juga tidak harus bikin kening berkerut memikirkan kenapa tiba-tiba ada scene tersebut.

Singkat kata saya biasanya mencari genre komedi romantis. Perkara apakah ada tambahan fantasi, aksi, ataupun cerita mistis di dalamnya selama ceritanya disajikan dengan alasan yang dibuat semasuk akal mungkin, ya masih oke-oke saja.

Kebanyakan orang mengira, penggemar drama Korea hanya mencari cerita romantisnya saya, lalu terbuai dengan halusinasi terhadap pemerannya. Wajah tampan bukan jaminan ceritanya menarik untuk dinikmati. Tidak semua genre komedi romantis juga menarik untuk ditonton. Cerita melodrama yang kira-kira berakhir tidak bahagia sudah pasti tidak akan masuk dalam daftar tontonan saya.

Ada begitu banyak Kdrama baru setiap bulannya. Tidak mungkin juga menonton semuanya. Biasanya sih selain tergantung mood saat memilih tontonan, selain lihat genre, lihat aktornya, plot ceritanya, dan menebak-nebak apakah akhirnya akan bahagia atau tidak.

Hidup ini sudah banyak masalah, nyari tontonan ya jangan yang nambah masalah. Kdrama itu harus berakhir bahagia. Walau kenyataannya, tidak semua Kdrama berakhir bahagia.

Kadang-kadang ada juga yang akhirnya tragis, atau sekedar dibiarkan pemirsa menginterpretasikan sendiri akhirnya bagaimana. Ini salah satu alasan kenapa di awal menjadi pengemar Kdrama, saya memilih menonton drama yang sudah selesai ditayangkan. Minimal saya tahu kalau drama tersebut akan berakhir bahagia.

Mungkin akan ada yang bertanya-tanya, apa serunya nonton drama yang sudah tau endingnya bahagia? It’s not about the ending, yang mau ditonton itu kan proses menuju bahagianya.

Menarik loh memperhatikan bagaimana penulis cerita Kdrama merangkai berbagai latar belakang cerita tokoh dengan berbagai karakter dan profesi dengan kisah cinta yang umumnya digambarkan mustahil bersatu, lalu mereka bisa membuat ceritanya jadi masuk akal dan membuat ceritanya berakhir bahagia.

Contoh yang paling sering itu kisah cinta pertama atau teman masa kecil yang kemudian bertemu kembali dengan beda kasta (kaya dan miskin), lalu saling jatuh cinta tanpa menyadari kalau mereka pernah bertemu di masa lalunya.

Atau kisah bertepuk sebelah tangan di masa muda, lalu ketika dewasa mereka bertemu lagi dan keadaan berbalik di mana pihak yang tadinya menolak lalu menjadi pihak yang mengejar-ngejar. Dan lagi-lagi umumnya mereka tidak menyadari kalau mereka pernah bertemu sebelumnya.

Dari setiap drama yang saya tonton, ada hal pendukung lainnya yang juga membuat saya menontonnya walaupun tidak selalu genre komedi romantis. Contohnya:

  • menggunakan buku klasik dalam cerita seperti The Snow Queen (2007), Secret Garden (2010), The King Eternal Monarch (2020)
  • tokoh yang sangat passionate dengan pekerjaannya seperti Hello My Teacher (2005), My Lovely SamSoon (2005), Worlds Within (2008), Pasta (2010), Don’t Dare to Dream (2016), Chocolate (2019), dan Hospital Playlist (2020)
  • visualisasi yang total seperti di Crash Landing on You (2020), mereka membangun setting Korea Utara khusus untuk pembuatan drama ini.
  • visualisasi dari webtoon ke kdrama yang hasilnya juga bisa cukup mirip seperti What’s Wrong with Secretary Kim (2018) dan Itaweon Class (2020)
  • drama yang menang Baeksang Award walaupun agak dark dan jauh dari komedi romantis My Mister (2019)

Untuk contoh genre drama lain yang juga tak kalah menarik bisa dibaca di tulisan teman-teman saya berikut ini:

  • Kisah romantis yang disukai oleh Deya
  • Kisah sejarah saeguk yang disukai Lithaetr
  • Kisah berlatar belakang medis yang disukai Dian
  • Kisah bernuansa thriller yang disukai Lendyagasshi
  • Kisah fantasy yang disukai Ima dan Asri
  • Semua drama yang bikin baper yang disukai Nadya
  • Berbagai drama mulai komedi, saeguk, fantasi dan tentunya romance yang disukai Lala
  • Kisah dengan tokoh yang sangat total dalam pekerjaanya yang disukai headhunter eh maksudnya Rijo
  • Semua genre mulai dari komedi sampai action yang disukai Gita
  • Semua genre yang visualnya indah buat dinikmati seperti Alienda

Bagaimana dengan Anda? Biasanya apa yang dicari dari sebuah tontonan?

4 thoughts on “Kdrama Harus Berakhir Bahagia”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.