Audio Wireless Receiver

Hari ini saya mau cerita tentang audio wireless receiver dari MPOW yang sudah dicoba selama 2 minggu ini untuk dipakai di mobil. Sebelumnya, Joe pernah cerita tentang mini bluetooth audio receiver, tapi karena baterainya hanya bertahan sebentar dan bluetoothnya hanya bisa koneksi ke 1 gawai saja, akhirnya kami perlu mencari cara lain.

Sumber lagu biasanya ada di ponsel, supaya gampang juga mengatur playlistnya langsung dari YouTube Music. Pinginnya suaranya keluar di speaker mobil. Sumber lagu bisa ponsel saya atau ponsel Joe, tergantung siapa yang pergi bawa mobil.

ponsel terhubung via bluetooth ke audio receiver yang terhubung dengan 3.5 mm jack ke AUX mobil.

Kami tidak ingin mengganti sistem audio di mobil, maka kami memanfaatkan apa yang ada di mobil. Karena adanya AUX untuk output audio, maka kami menggunakan kabel jack audio yang kepalanya keduanya 3.5mm. Satu masuk ke AUX, satu lagi masuk ke ponsel.

kabel audio 3.5mm dan converter untuk ke usb-c

Sebelum menggunakan audio wireless receiver ini, setiap masuk mobil, kami harus menyambungkan HP ke jack 3.5 mm yang biasanya sudah selalu terhubung ke AUX mobil. Tapi belakangan, waktu saya ganti ponsel ke Mi 9, audio jack 3.5 mm tidak ada lagi, akhirnya harus pake converter. Ponsel yang Joe gunakan masih tetap ada jack 3.5mm. Nah akhirnya terasa repot, kadang-kadang setelah Joe pakai mobil, saya sering harus mencari dulu converter-nya keselip entah di mana.

Dari Aux ke audio wireless receiver

Sekarang, ketemu solusinya. Masuk mobil, tinggal nyalakan MPOW audio wireless receiver dan sambungkan koneksi bluetooth ke ponsel. Kalau terakhir kali yang saya yang memakai mobil, tinggal nyalain wireless receiver-nya langsung otomatis pairing ke ponsel saya. Tapi, Joe juga bisa dengan mudah pairing ke MPOW ini, karena dia bisa mengingat pairing sampai dengan 2 gawai.

Baterai si MPOW audio wireless receiver ini juga bisa tahan lebih lama daripada mini bluetooth receiver yang kami punya sebelumnya. Selama 2 minggu pemakaian, saya baru perlu isi baterai 1 kali. Oh iya, pengisian baterai MPOW ini juga menggunakan kabel micro-USB biasa, jadi kalau kehabisan baterai tidak repot cari kabelnya (di rumah masih punya banyak kabel micro-USB dari jenis ponsel sebelumnya).

Sebenarnya audio wireless receiver ini bisa digunakan ke speaker manapun, bukan hanya speaker mobil. Bahkan bisa jadi solusi untuk ponsel model baru yang kadang-kadang tidak punya jack 3.5 mm sama sekali. Misalnya saya mau menggunakan earphone biasa, ya saya tinggal pasang audio jack 3.5mm dari earphone ke dalam audio wireless receiver, dan audio wireless receiver-nya dihubungkan melalui bluetooth ke ponsel saya.

Benda ini terasa berguna buat kami terutama karena 3 hal ini:

  • bisa mudah untuk pairing ke ponsel saya dan Joe
  • baterai tahan lama (klaimnya sih sampai dengan 12 jam)
  • mobil kami ada AUX nya, sehingga kami tidak harus mengganti keseluruhan sistem audio mobil

Mungkin akan ada yang bertanya-tanya kenapa kami tidak mengganti saja sistem audio mobilnya? Mengganti sistem audio mobil itu lebih repot selain lebih mahal, karena nantinya akhirnya mobilnya harus diberikan koneksi internet sendiri, atau file lagu disalin lagi atau playlist lagu-lagunya harus dibikin sendiri lagi. Kalau dengan menggunakan ponsel masing-masing, siapapun yang bawa mobil bisa mendengarkan playlist yang dia sudah punya sendiri dan masing-masing kami sudah punya koneksi internet juga di ponsel.

Saya tidak tahu apakah benda ini ada di Indonesia atau tidak, tapi di Amazon ada juga, dengan ongkir yang lebih mahal daripada harga bendanya. Untungnya di Thailand, kami bisa membeli di shopee dengan harga sekitar 299 baht dan ongkos kirim sekitar 30 baht. Kalaupun produk yang sama tidak tersedia di Indonesia, semoga bisa jadi inspirasi kalau punya kebutuhan yang sama untuk sistem audio mobil.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.