Upgrade Mini PC buat Nonton

Hari ini saya cuma mau menuliskan sekedar catatan buat kami ingat tentang pesanan yang sudah cukup lama dinantikan. Pesanan ini terkena efek pandemi Covid-19, selama beberapa bulan kantor pos Thailand juga tidak menerima barang-barang dari luar negeri, otomatis pesanan kami juga tertahan dan baru sekarang ini dikirimkan setelah Thailand mulai kembali normal.

Kemarin Mini PC untuk pengganti Mini PC Windows yang kami gunakan untuk media center akhirnya tiba. Mini PC sebelumnya sudah kami pakai sejak tahun 2016, diskspace-nya sudah penuh (RAM 2GB dan eMMC 32GB) dan untuk sekedar mengupdate Windowsnya sekalipun sudah repot perlu USB eksternal, selain itu juga sudah terasa lambat.

Sebenarnya setelah diakalin sama Joe, Mini PC yang lama masih tetap bisa digunakan sampai dengan hari ini, tapi daripada tiba-tiba mati mendadak, awal bulan Mei lalu Joe memesan penggantinya dari Aliexpress (butuh hampir 2 bulan barangnya sampai).

Mini PC yang baru tiba kemarin

Untuk cerita teknisnya, tunggu saja kalau Joe ingat menuliskannya. Secara fisik benda baru ini lebih mungil lagi dari Mini PC sebelumnya, padahal secara spesifikasi tentunya lebih tinggi daripada spesifikasi yang lama.

Mini PC yang baru ini RAM 4G, eMMC 64GB dan masih bisa diupgrade sampai 256GB. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan yang sebelumnya, tapi benda ini juga sudah support kalau suatu saat kami ganti TV yang bisa 4K. Harganya 142,6 USD sudah termasuk license Windows 10 home edition (kami pilih yang bebas ongkos kirim ke Thailand).

TV yang kami gunakan sekarang ini masih TV yang sama sejak kami pindah ke rumah dari apartemen. Umur TV nya sudah sekitar 7 tahun lebih, dan modelnya pun hanya bisa menampilkan sampai 1080p. Tapi ya masih cukuplah untuk saat ini.

Beberapa waktu lalu TV nya mulai suka menampilkan seperti banyak semut tiba-tiba, tapi sampai hari ini masih bisa dipakai baik-baik saja. Rencananya kalau TV nya nanti harus ganti, beli TV yang bisa menampilkan 4K, terus habis itu upgrade Netflix yang bisa 4K, nonton sepanjang hari deh (awas tagihan listrik mahal, hehehe).

Intinya sih, penggantian Mini PC untuk media center kali ini, kalau nanti suatu saat perlu ganti TV, sudah bisa lah upgrade juga TV nya yang model 4K. Kalau sudah punya TV 4K, mini PC nya sudah tersedia untuk memutar film-film 4K. Mungkin ada yang akan komentar, kenapa gak sekalian aja beli Smart TV? Joe lebih suka benda yang bisa dia update dan konfigurasi sendiri.

Kadang-kadang software dari Smart TV itu tidak diteruskan update-nya dan berhenti di versi tertentu dan bikin jadi TV nya kurang smart, hehehe. Lagipula, biasanya Smart TV harganya agak lebih mahal daripada TV biasa, dan kami sudah cukup dengan cara sekarang membuat TV biasa jadi Smart.

Sebenarnya, kadang-kadang Joe udah pengen banget nih ganti TV. Soalnya yang sekarang ini kan sudah 7 tahun tuh, sudah balik modal lah katanya. Padahal ya, dia itu sekarang lagi jarang banget bisa santai nonton saking banyaknya kerjaan. Tapi sampai sekarang saya masih larang beli TV baru, kalau beli TV baru, TV yang sekarang mau dikemanain?

Kami tidak membiasakan diri menonton TV di kamar tidur. TV dari dulu cuma punya 1 di ruang keluarga. Kalau mau nonton pakai TV ya di ruang itu. Saya nonton drakor juga tidak selalu nonton di TV, lebih sering pakai HP atau tablet biar tagihan listrik tidak naik (selain itu males nonton di bawah sendirian).

Mungkin nanti, kalau pandemi sudah berlalu dan TV yang sekarang sudah tidak bisa dipakai, baru deh beli TV 4K nya. Sekarang yang penting mini PC nya sudah lebih cepat daripada yang sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.