Google Lebih Tahu Situs (KDrama) Favorit Saya

Kalau ditanya situs favorit untuk update berita seputar hobi menonton drama Korea dan tentang artis-artis favorit, saya sering mengandalkan Google saja. Dari hasil pencarian saya di Google, ternyata Google mengingat apa saja yang saya pernah cari, hasilnya tentu saja saya sering mendapatkan update dari hal-hal yang berhubungan dengan apa yang pernah saya baca sebelumnya.

Ini contoh berita yang muncul di halaman Google homepage di Chrome browser saya

Akan tetapi, pernah juga ada berita yang akhirnya terasa mengganggu karena selalu muncul walaupun sudah tidak saya klik untuk baca lagi, selain karena isinya sama saja dengan yang sudah dibaca sebelumnya. Untungnya saya menemukan cara untuk menghilangkan topik tersebut dan tidak pernah lagi ditampilkan di halaman Google saya.

buka aplikasi Google

Dari aplikasi Google, ada beberapa artikel dari situs yang selalu menawarkan berita seputar drama Korea dan kokoriyaan lainnya. Mau tau bagaimana Google tau yang saya mau dan apa saja situs yang kerap hadir di browser saya? Yuk sini saya beritahu.

Google mencatat kegiatan kita di internet

Dari hasil pencarian kita di browser HP, Google akan mencatat apa saja kata kunci pencarian kita dan berita-berita terkait yang pernah kita klik untuk baca. Jika ada berita yang kita tidak ingin tampil di halaman Google kita lagi, kita bisa menyembunyikannya. Caranya adalah dengan mengelola topik yang menarik bagi kita. Untuk membuka daftar topik yang menarik bisa dipilih dari tiga titik di sudut kanan bawah setiap berita.

Atau cara lain tentunya dari menu Settings, pilih Interests

dari menu Setting, pilih Interests

Dari sini kita bisa mengelola topik apa yang ingin diikuti atau malah disembunyikan (hidden) kalau kita tidak ingin melihatnya lagi. Beberapa topik politik yang sering muncul biasanya akan saya sembunyikan karena saya tidak suka berita politik.

Pilih Your Interests untuk melihat apa saja yang masuk ke daftar yang menarik untuk kita

Beginilah yang muncul ketika saya memilih Your interests

Tidak heran ya kalau isi halaman depan Google saya seputar drama korea selain tentang Covid-19. Ada dua tempat di mana saya bisa mendapatkan daftar berita untuk di baca. Di halaman depan ketika saya membuka Google Chrome, atau ketika saya membuka aplikasi Google.

Berikut ini berita yang ada di halaman dari aplikasi Google saya.

Berita di aplikasi Google saya

Kalau misalnya saya tidak ingin membaca berita seputar drama korea lagi, saya selalu bisa menghapus atau bahkan menyembunyikan topik-topik yang sekarang ada terdaftar di sana. Saat ini, walaupun saya tidak punya daftar topik yang benar-benar saya ikuti, tapi selama saya tidak menyembunyikan topik tersebut, topik yang terkait dengan hal yang sering saya kunjungi akan selalu ditawarkan oleh Google untuk dibaca.

Situs Berita dan Forum seputar artis Korea

Dari beberapa situs yang berisi artikel seputar dunia kdrama, berikut ini beberapa situs yang akhirnya sering muncul dan sering saya kunjungi

Soompi

menu berita soompi

Situs pertama yang sering hadir di google feed saya itu soompi. Beritanya sebenarnya tidak hanya soal kdrama tapi juga keseluruhan industri hiburan Korea. Tapi karena saya hanya mengikuti berita kdrama, paling-paling saya baca berita yang hadir di google feed saya saja dan sangat jarang mengunjungi situs soompi ini secara sengaja.

forum soompi

Berita dari soompi ini menurut saya cukup akurat dan mereka tidak menerbitkan artikel untuk sekedar menjaring klik saja. Beberapa situs lain suka sekali menulis judul berita season lanjutan dari drama yang jelas-jelas tidak akan ada kelanjutannya (tapi kalau ada judulnya CLOY season 2, tetap saja saya tertipu dan klik).

Selain berita, soompi juga memiliki forum yang sangat besar dan mempunyai aturan tertentu untuk menjaga agar tidak ada keributan di sana. Namanya forum di internet, ada saja fans dan anti-fans yang sering berbeda pendapat dan ribut berkepanjangan. Selain forum membahas drama ongoing, ada banyak forum artis ataupun wadah untuk shipper berhalusinasi bareng.

Sekali-kalinya saya agak rajin baca forum itu ya apalagi kalau bukan jaman nonton CLOY, berbagai spekulasi kelanjutan sampai forum shipper binjin ada di sana. Tapi sekarang, saya sudah tidak pernah mengunjungi forum soompi untuk drama-drama ongoing yang sedang saya tonton.

Koreaboo

Situs yang sering muncul berikutnya itu namanya Koreaboo. Kalau menurut wikipedia situs ini juga fokusnya pada K-Pop dan sudah ada sejak 2010 dan menjadi platform terbesar untuk penggemar K-POP internasional. Tapi kalau untuk berita kdrama, berita di situs soompi jauh lebih menarik.

allkpop

Nah kalau situs allkpop ini sebenarnya ada banyak sekali iklannya, untuk menghilangkan iklan kita bisa saja berlangganan. Situs ini tipenya gossip banget dan suka menipu juga. Tentu saja saya tidak berlangganan dan dengan beberapa kali ‘refresh’, beberapa berita tetap bisa dibaca tanpa melihat iklannya.

Klaimnya sih situs ini memiliki 12 juta pengunjung dalam sebulan dan 130 juta view. Tapi ya begitulah, situs ini lebih ke arah gosip banget, jadi jangan dipercaya juga semua yang dibaca.

PINKVILLA

Awalnya saya pikir situs ini merupakan situs khusus KPOP seperti situs-situs yang sering muncul di feed saya. Tapi ternyata, waktu saya melihat keterangan tentang situs ini, sungguh saya salah. Situs pinkvilla ini ternyata dari India untuk penggemar Bollywood.

Apakah ini tandanya penggemar Bollywood juga mulai bergeser menjadi penggemar kdrama juga maka mereka merasa perlu menampilkan berita seputar drama Korea juga?

Sebenarnya ada banyak lagi situs berita yang sesekali muncul menampilkan berita seputar kdrama dan aktor aktrisnya, tapi tentu saja tidak semua bisa saya daftarkan di sini. Baca saja tulisan dari teman-teman saya untuk mendapatkan rekomendasi tempat mencari berita seputar dunia kokoriyaan.

Satu tanggapan pada “Google Lebih Tahu Situs (KDrama) Favorit Saya”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.