K-pop, Musiknya atau Visual yang Bikin Menarik?

Sebelum menjadi penggemar kdrama, saya tidak pernah tau apa itu K-pop. Sampai sekarang juga saya bukan penggemar K-pop. Tapi tanpa disadari, setelah sering ngobrol dengan teman-teman yang punya band idol favorit, saya ternyata sering mendengar musik K-pop dan cukup bisa menikmatinya juga.

K-pop menurut wikipedia

Kalau dulu, saya pikir, aneh banget sih beberapa orang nyanyi dan nari-nari gitu. Boyband, girl band dari dulu sudah ada, tapi kali ini anggotanya lebih banyak dari Backstreet Boys ataupun New Kids on The Block. Saya tidak bisa mengikuti lagunya karena saya tidak mengerti mereka bilang apa. Tapi ternyata, belakangan saya tahu kalau K-pop itu bisa dinikmati tanpa lirik dan tanpa visual tari-tariannya!

Kali pertama saya menyadari kalau K-pop itu ada di mana-mana, ketika sedang bermain Let’s Dance di Wii bersama Jonathan. Ternyata, ada beberapa lagu K-pop yang menjadi lagu dance dari game tersebut. Lalu berikutnya saya jadi mulai memperhatikan keberadaan K-pop di sekitar saya. Pagi hari tadi, ketika saya memulai menuliskan draft tulisan ini, saya juga mendengarkan alunan lagu K-pop yang dipasang di coffee shop tempat saya menunggu anak-anak melakukan kegiatan menggambar mereka.

Berikutnya, ketika aplikasi latihan piano Simply Piano, saya lihat ada lagu BTS. Saya ingat nih BTS sering disebut-sebut sama teman saya yang penggemar KPOP. Ada banyak sebenarnya nama-nama band K-pop ini, tapi entah kenapa yang paling sering saya dengar itu BTS. Dan tentu saja dulu saya sempat bingung, saya pikir BTS itu buat Bangkok Train System atau BTS Skytrain.

Siapa yang tidak tahu lagu Oppa Gangnam Style? Nah itu juga termasuk K-pop loh. Lagu ini sangat populer karena musiknya yang enak didengar dan liriknya yang diulang-ulang dan juga visualnya berupa tarian yang bisa ditirukan. Musiknya yang juga membuat kita ingin ikut bergerak bisa membuat semangat yang tadinya rendah jadi kembali tinggi. Begitu terkenalnya lagu itu, tetap saja saya tidak tahu siapa penyanyinya sebelum meng goggle nya, hehehe.

Kebanyakan musik K-pop itu ya seperti Oppa Gangnam Style ini. Musiknya enak di dengar, repetitive, ada lirik bahasa inggrisnya dikit-dikit, dan tentunya visual dari para penyanyi dan tarian yang menarik.

Grup band yang biasa disebut idol ini isinya pria semua atau wanita semua (tidak pernah mix), musiknya dipadu padan dengan gerakan tarian yang bisa dipakai untuk menari, berolahraga ataupun untuk menampilkan gerakan-gerakan taekwondo seperti yang bisa dilihat di Youtube K-Tigers TV. Biasanya, gerakan tarian dari para penyanyi K-pop tersebut butuh koreografi dan latihan yang tidak sebentar.

Nah, selain menggerakan tubuh, ada lagi yang belakangan saya perhatikan cukup menarik perhatian saya dari musik K-pop ini. Musik K-pop yang dimainkan dengan instrumen saja juga terdengar sangat menarik. Baik itu piano, ataupun biola, sungguh musiknya bisa membuat saya terpukau mendengarkannya. 

K-pop versi biola

Kesimpulannya, walaupun K-pop populer sebagai kombinasi dari audio dan visual yang memikat pemirsa, tapi buat saya kuncinya ada di musiknya yang enak untuk didengar dan sudah lebih dari cukup buat saya. Lirik lagu yang mana lebih sering tidak saya mengerti dan visual dari penyanyinya itu bonus karena saya jarang menonton video K-pop dan lebih sering mendengarkan saja.

K-pop versi piano

Bagaimana dengan Anda? Suka mendengarkan musik K-pop juga tidak?

4 thoughts on “K-pop, Musiknya atau Visual yang Bikin Menarik?”

  1. Suka bangeeett..
    KPop ini warna dalam hidup. Hihii~
    Soalnya lagunya kalau dilihat, pasti ada tren nya.
    Dan keliatan arah pangsa pasarnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.