Bunga Liar di Halaman

Kemarin, saya memperhatikan ada sekuntum bunga berwarna pink tumbuh di halaman rumah. Saya tidak pernah menanam bunga ini, dan saya belum pernah melihat bunga ini di halaman sebelumnnya. Memang, sekarang ini Chiang Mai sedang sering hujan. Rumput di halaman yang baru dipotong minggu lalu, sudah tinggi lagi. Rumput liar juga tumbuh sangat subur.

Ada 1 bunga di antara rumput liar yang tumbuh subur sehabis hujan

Melihat ada sekuntum bunga di tengah-tengah halaman, saya langsung tertarik mencari tahu jenis apakah bunga ini. Dipikir-pikir, bunga ini cantik sekali, coba kalau tumbuhnya lebih dari 1, mungkin halaman rumah kami akan terlihat lebih indah lagi walau banyak rumput liarnya.

Cantik ya, bunga lili hujan merah jambu

Dengan bantuan Google Lens, saya jadi tahu kalau bunga ini namanya Pink Rain Lily atau Lili Hujan Merah Jambu. Bunga ini berkembang memang sesaat setelah hujan lebat turun. Dan memang, beberapa hari ini, hujan di Chiang Mai lumayan deras, sampai beberapa tempat di utara Thailand mengalami kebanjiran.

Hasil pencarian Google Lens

Sambil mengagumi keindahan bunga yang hanya ada 1 tangkai di halaman, saya membaca fakta tentang bunga ini. Ternyata bunga ini mengandung racun kalau dikonsumsi oleh manusia dan beberapa jenis hewan. Wah, ini jadi teringat dengan beberapa kisah thriller di mana penjahatnya membunuh dengan membuat ramuan dari bunga yang tumbuh di halaman rumahnya.

Fakta lain dari bunga ini, bunga ini memang seperti tanaman liar, dia bisa dormant cukup lama ketika musim kering, dan ketika musim hujan tiba, dia meneruskan bertumbuh dan berkembang. Mungkin selama ini tanaman ini sudah dorman di halaman rumah saya, atau mungkin juga, bibitnya terbawa angin terbang masuk ke rumah. Entahlah kenapa selama beberapa tahun di rumah ini saya belum pernah melihat bunga ini, dan tiba-tiba sekarang jadi ada.

Cantik tapi Beracun

Dan tentunya, mengagumi bunga liar yang sedemikian indah tanpa dipelihara dan atau ditanam oleh saya membuat saya juga langsung teringat dengan ayat di Alkitab yang berbunyi: “Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal.” Saya jadi seperti sedang melakukan apa yang disebutkan di ayat tersebut untuk memperhatikan bunga bakung di ladang.

Langsung teringat dengan ayat ini

Bunga liar yang tumbuh indah tanpa ditanam, akhirnya menjadi objek pemikiran saya selama beberapa hari. Banyak hal yang terjadi di tahun 2020 ini. Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan ini. Sedikit banyak perasaan khawatir tentang berbagai hal pasti ada datang menghampiri, tapi ternyata memang memperhatikan bunga liar yang tumbuh indah bisa membawa perasaan tenang dan belajar tidak usah khawatir berlebihan dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan.

Saya menuliskan tentang bunga liar ini untuk menjadi pengingat setiap kali saya dilanda perasaan khawatir berlebihan. Bunga liar ini salah satu contoh keindahan yang hadir setelah hujan lebat turun yang di beberapa tempat juga mendatangkan kesusahan. Sebagai pengingat kalau bunga liar ini saja didandani sedemikian indahnya, tentunya kita manusia didandani lebih indah lagi oleh Tuhan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.