Jangan Membeli karena Lucu

Belakangan ini, saya sedang tergoda melihat tali jam untuk mi band banyak yang lucu-lucu. Harganya juga mulai dari puluhan baht sampai beberapa ratus baht. Sekilas tidak mahal ya. Tapi, walau sudah sering melihat-lihat dan merasa lucu, saya tetap belum membelinya.

Alasan kenapa saya belum membelinya terutama karena saya sudah pernah beli tali yang warna warni untuk mi band 4, dan semua tali itu bisa dipake di mi band 5 juga. Saya merasa ini hanya godaan sesaat. Semua terlihat lucu, saya tidak bisa memilih mana yang benar-benar saya inginkan. Kalau soal butuh, rasanya tidak butuh, karena tali yang ada sekarang juga tidak kurang untuk dipakai.

Terkadang, saya berpikir untuk beli sajalah beberapa, toh harganya tidak terlalu mahal. Tapi, lagi-lagi saya pikir, kalau sekarang saya turuti kemauan membeli hanya karena lucu, setelah ini saya beli apa lagi?

Sudah berkali-kali saya berdebat dengan diri sendiri. Terkadang terpikir juga, mungkin beli saja 1, pilih mana yang paling lucu. Tapi sungguh sulit sekali karena modelnya berbeda-beda dan semua terasa lucu.

Sini saya kasih tunjuk contoh-contohnya. Ini bukan iklan, tapi sekedar menceritakan pergumulan melawan keinginan untuk membeli yang lucu-lucu.

aneka tali mi band

Setelah melihat-lihat sekali di toko online, selanjutnya di sosial media saya akan sering muncul iklan dari toko online tersebut dan menunjukkan koleksi lainnya yang tak kalah lucu. Setiap kali ada koleksi yang berbeda dari yang saya lihat sebelumnya, maka saya kembali tergoda lagi ingin membeli.

Tali bahan silikon aneka motif

Tali yang saya punya sekarang ini juga bahan silikon. Bedanya, sekarang ini ada tambahan boneka lucu karakter Mario, ataupun koleksi pokemon maupun doraemon. Mario, Pikachu dan Doraemon itu 3 karakter yang disukai anak-anak saya, entah kenapa, saya pun jadi ikutan suka melihatnya.

Selain tali dengan karakter lucu, ada juga tali silikon dengan kombinasi 2 warna dan aksen berlubang-lubang. Sebenarnya ada juga yang transparan, jadi seolah-olah tidak ada talinya. Ah semua terlihat lucu deh kalau belum dibeli.

Tali dari stainless steel

Ini contohnya, muncul di feed facebook. Lucu ya, jam mi band nya dikasih tali stainless begitu. Nah model tali stainless ini ada banyak juga, bukan cuma begini saja.

Iklan di feed sosmed

Ini contoh lain dari bahan metal yang agak mahal. yang bikin gak keliatan mi band itu jam murahan. Tapi bahan yang ini harga talinya juga lumayan mahal dibanding bahan silikon.

Iklan lainya

Tali dari kulit

Ada juga dari bahan kulit, jadi teringat dengan jam tangan yang dipakai masa sekolah dulu. Tapi pakai bahan kulit ini tidak bisa dipakai mandi atau kalau sering terkena air ketika cuci tangan. Apalagi masa pandemi begini, cuci tangan kan butuh sering-sering.

Kalau yang ini bahannya campuran antara metal dan kulit. Tapi saya ingat, beberapa bahan metal bikin tangan jadi alergi. Jadi, walaupun lucu, sudah pasti tidak akan dibeli.

Tali jam seperti gelang

Nah ini buat yang suka pake aksesoris gelang lucu-lucu juga ada loh talinya seperti gelang. Girly banget deh, tapi aku malah takut gampang putus talinya.

Tali jam seperti gelang

Tapi, walaupun tau untuk tidak membeli hanya karena lucu, tetap saja loh ada keinginan beli. Gawat banget memang ini iklan yang menggoda.

Penutup

Sebenarnya, tali jam yang lucu-lucu di atas rata-rata tidak bisa dipakai di air dan ada kemungkinan bikin tangan alergi. Tali silikon yang saat ini saya pakai, sejauh ini baik-baik saja, tidak bikin alergi.

Dari sekian banyak warna-warna yang sudah pernah dibeli, saat ini akhirnya yang dipakai itu warna awal membeli alias hitam karena saya malas mengganti-gantinya. Jadi, kenapa mau beli yang lucu-lucu? Namanya juga godaan ya.

Terus kenapa saya tuliskan di sini? Untuk pengingat, kalau saya pernah ingin membeli tali jam yang lucu-lucu, tapi berhasil tidak membelinya (sejauh ini).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.