Belajar Ngeblog lagi untuk DrakorClass.Com

Belajar ngeblog itu bukan cuma belajar menulis saja. Memang, inti dari sebuah blog tentu saja kontennya. Tapi, dalam menampilkan kontennya ada banyak hal yang perlu dipelajari kalau mau membuat blognya ramai dikunjungi.

Bukan, tulisan ini isinya bukan instruksi lengkap bagaimana cara belajar ngeblog, tapi cuma sekedar ringkasan dari hal-hal yang belakangan ini saya rasa perlu saya pelajari lagi dalam rangka membuat blog bareng dengan teman-teman di grup drakor dan literasi.

kontributor drakorclass.com
dari WAG drakor dan literasi jadi ngeblog bareng di drakorclass.com

Ada beberapa hal yang perlu ditentukan di awal sebelum mulai ngeblog, dan ada hal-hal yang bisa dipelajari kemudian untuk membuat blognya semakin menarik.

Hal-hal yang perlu ditentukan di awal sebelum ngeblog:

  • alamat dan judul dari blog
  • platform yang dipilih
  • desain layout dan gambar yang akan ditampilkan
  • seberapa sering mengupdate konten blog
  • apa yang ingin ditampilkan di blog

Alamat dan Judul Blog

Menentukan alamat dan judul blog ini selalu butuh waktu. Kebanyakan nama yang diinginkan sudah diambil orang, atau nama yang masih tersedia terasa kurang pas di hati.

Mencari nama untuk sendiri biasanya akan pusing sendiri, tapi mencari nama untuk grup kami lebih seru karena setiap orang bisa mengusulkan nama. Setelah mengumpulkan dan memeriksa berbagai nama yang memang masih tersedia, kami mengadakan voting sehingga akirnya terpilihlah nama drakorclass.com sebagai alamat untuk tempat kami meneruskan hobi menulis topik kokoriyaan.

Judul dari blognya ya tetap saja Drakor & Literasi, karena memang tujuannya bikin blog ini bukan sekedar nonton drakor tapi juga menyalurkan hobi menulis juga.

Memilih Platform

Setelah alamat dan judul terpilih, kami harus memilih platform untuk menulis. Selama ini tidak semua menggunakan platform blog yang sama, tapi semua sepakat untuk mencoba memakai WordPress.

Platform WordPress ini dipilih salah satu alasannya karena bisa menggunakan multi user. Setiap user bisa memiliki profil masing-masing dan bisa dibagi tanggung jawab antara menjadi administrator, editor ataupun author (penulis).

Untuk yang belum terbiasa memakai WordPress, waktunya untuk belajar hal yang baru. Senang rasanya menemukan mainan baru. Saya sudah lama ngeblog, tapi dari dulu taunya hanya menulis saja, sisanya saya serahkan pada Joe. Untuk blog bersama teman-teman ini, Joe masih membantu beberapa hal teknis, tapi sisanya kami berusaha mengerjakannya sendiri.

Membuat dan Memilih Desain

Salah satu kelebihan dari grup drakor dan literasi ini, semua orang seperti punya spesialisasi masing-masing. Setelah domain dibeli dan platform WordPress diinstal, tentunya perlu untuk membuat desain yang unik terhadap situs ini.

Lendyagasshi yang awalnya saya minta untuk menjadi admin situs, langsung membuat desain awal. Lalu Manda membuat beberapa desain yang semuanya bagus sampai bingung memilihnya. Kami melakukan vote lagi sampai akhirnya versi terakhirnya terpilih.

Hasil terpilih yang sudah cantik ternyata masih bisa dipercantik lagi oleh teman kami Asri. Hebat sekali memang kolaborasi teman-teman di grup drakor dan literasi. Semua turun tangan dengan sukarela, semua memberikan usulan yang membuat semua terlihat semakin indah.

drakorclass.com
begini tampilannya, cantik ya

Menentukan Konten dan Waktu untuk update

Nah, untuk bagian ini juga semua sukarela saja. Sejak beberapa hari lalu, saya sudah menanyakan apakah ada yang tertarik untuk menulis di hari pertama situs ini diluncurkan. Awalnya rencana menulis 1 tulisan, eh malah jadi ada 4 tulisan.

Karena kami ada banyak, kalau setiap orang menulis 1 tulisan dalam sebulan saja, pastilah blog bersama akan bisa diupdate setiap hari. Kalau meihat gelagatnya, bisa jadi setiap hari update 2 tulisan di blog ini.

Penutup

Ada banyak detail pelajaran yang belum saya tuliskan di sini. Mulai dari kebingungan untuk login di ponsel, sampai dengan menambahkan media atau menyimpan di draft. Tapi itu untuk topik tulisan lain hari saja ya.

Hari ini saya bahagia, karena di tanggal 10-10-2020 ini, grup drakor dan literasi sudah punya wadah untuk menulis bersama di drakorclass.com. Semoga tulisan-tulisan kami yang terinspirasi dari drakor yang kami tonton bisa bermanfaat juga untuk pembaca blog kami.

4 thoughts on “Belajar Ngeblog lagi untuk DrakorClass.Com”

    1. Iyaaa, ada plus minus dan perlu dipelajari. Aku belajar ngulik template dan atur menu lagi setelah sekian tahun cuma nulis doang, hehehe

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.