Merge dan Trim Video di QuickTime Player

Beberapa hari lalu, setelah sekian lama tidak menyunting file video, saya mencari tahu bagaimana caranya menggabungkan 2 file video menjadi satu, dan bagaimana membagi-bagi file video menjadi beberapa video kecil. Bukan, saya bukan iseng doang, tapi tujuannya untuk menyunting file dari IG Live DrakorClass untuk diunggah ke YouTube Channel nya DrakorClass.

Dulu, saya ingat pernah melakukan hal ini, tapi memakai sistem operasi Windows dan sudah lupa nama aplikasinya. Pernah beberapa lama keisengan ini berlangsung. Tujuannya sama, walau masanya berbeda. Supaya tidak lupa, kali ini ceritaya saya tuliskan di blog.

Saya ingat, jaman memakai TV Tuner di kost, dan jaman awal memakai parabola untuk melihat siaran TV Indonesia di Chiang Mai, kami pernah merekam Paw Patrol berbahasa Indonesia. Karena siaran TV ada iklannya, maka kami menggunakan aplikasi untuk menghilangkan iklannya. Rekamannya untuk ditonton sendiri kok, terutama untuk anak-anak menonton kartun dalam bahasa Indonesia, supaya mereka belajar bahasa Indonesia.

Menyatukan Video di Mac

Nah, singkat cerita, sekarang ini saya menggunakan MacBook dan bukan Windows lagi. Karena IGLive DrakorClass kemarin lebih dari 1 jam, file nya jadi ada 2. Saya pun jadi terpikir bagaimana menyatukan filenya supaya lebih enak menontonnya.

Ternyata, dengan memasukkan kata kunci: menggabungkan video di Mac, saya langsung menemukan cara melakukannya dengan QuickTime Player. QuickTime Player ini sudah bawaan dari sistem operasinya Mac, sehingga saya tidak perlu melakukan instalasi apapun.

Caranya juga mudah, cukup dengan membuka file pertama, dan kemudian menyeret file ke-2 dan meletakkannya di atas aplikasi QuickTime Player. Garis besarnya sebagai berikut:

  1. Buka file pertama, drag file kedua ke atas file pertama, lalu tekan tombol “done” atau selesai.
  2. Ubah resolusi file dengan cara pilih File – Export As – pilih resolusinya.
  3. Jangan lupa beri nama file video yang baru.
  4. Bisa dilihat kalau file yang baru sekarang durasinya sudah merupakan gabungan dari durasi file video pertama dan kedua.

Sebenarnya gampang banget ya, siapapun bisa melakukan ini. Terus kenapa saya tulis? Ya siapa tahu ada yang seperti saya, tidak pernah melakukannya sebelumnya.

Cara Menggunting Video di Mac

Setelah filenya tergabung, isi IG Live DrakorClass kemarin itu obrolan dengan 4 orang yang berbeda. Saya jadi terpikir, ada baiknya kalau videonya dipisah untuk setiap orang. Karena pada dasarnya obrolanya beda-beda isinya dan siapa tau yang nonton tidak punya waktu nonton 1 jam.

Nah, menggunting atau memisahkan video ini juga bisa dilakukan di QuickTime Player. Saya tidak otomatis memotongnya menjadi 4 bagian, tapi manual dipisahkan satu persatu.

  1. Buka file yang ingin digunting dan pilih menu Edit – Trim
  2. Geser area kuning untuk bagian video yang ingin dijadikan klip video baru
  3. Tekan tombol Trim
  4. Jangan lupa simpan file dengan nama baru

Hasilnya bisa dilihat di YouTube Channel DrakorClass. Jangan lupa subscribe ya!

Penutup

Tadi saya penasaran apakah ada aplikasi menyunting video di ponsel. Hasilnya ada banyak sih, tapi aplikasi yang saya pilih entah kenapa hanya memotong gambar dan tidak mengikutsertakan file aslinya. Kapan-kapan saya tuliskan kalau sudah menemukan aplikasi yang sederhana dan mudah dipakai.

Ini salah satu hasil keisengan saya belajar menggunting file video di ponsel dari acara konser KOREA BRAND ENTERTAINMENT EXPO, yang saya lihat tadi malam.

Iklan makanan dalam drama korea

Acara konser lengkapnya yang berupa lagu-lagu OST dari beberapa drama di tahun 2020 yang dinyanyikan maupun berupa orkestra saja bisa dilihat di video berikut ini.

2020 KOREA BRAND ENTERTAINMENT EXPO, ASEAN CONCERT (sumber: YouTube SBS/KPOP)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.