Drakor Class: Kelas Belajar Kami

Hari ini Drakor Class berumur 2 bulan. Dalam 2 bulan ini ada banyak sekali pelajaran yang sudah kami dapatkan sebagai komunitas. Hari ini, kami mendapatkan hadiah istimewa. Hasil dari ketemu daring komunitas Hallyu Indonesia yang kami lakukan secara dadakan akhir November lalu berbuah diajak untuk mengisi acara Korean Culture Center Indonesia (KCCI) dalam rangka Korean Culture Day edisi bulan Desember. Acaranya tentu saja ngomongin apalagi kalau bukan K-Drama alias yang dikenal dengan sebutan drakor oleh orang Indonesia.

Mungkin akan ada yang bertanya-tanya kenapa sih senang nonton drakor? Atau ada yang berpikir kalau nonton drakor itu bisa bikin ketagihan dan tidak bisa berhenti. Eh tapi ternyata, di Drakor Class, kami bisa makin produktif dan belajar melakukan hal-hal lain ya gara-gara nonton Drakor. Penasaran kenapa bisa? Nah daftar aja ke acara KCCI di bawah ini, supaya dapat cerita lengkapnya, tapi di tulisan ini akan saya berikan pembukaanya sedikit.

kcci kolaborasi dengan drakorclass
Hayuk ngobrolin drakor dengan KCCI dan Drakor Class

Kenapa sih namanya Drakor Class?

Jawabannya mungkin sudah pernah saya sebutkan di tulisan-tulisan sebelumnya, tapi saya mau tuliskan sekali lagi. Sebelum kami memilih nama menjadi Drakor Class, grup kami sebenarnya berasa dari nama Drakor dan Literasi. Kami sama-sama anggota dari Kelas Literasi Ibu Profesional. Tulisan tentang drakor hanya salah satu topik selain tulisan-tulisan kami lainnya.

Selain kegiatan literasi, kami masing-masing punya tugas, tanggung jawab dan hobi yang berbeda-beda. Ada yang bekerja aktif di kantor, ada yang hobi menulis fiksi, ada yang hobi menulis artikel non fiksi, ada yang hobi menulis blog secara profesional alias menerima pekerjaan untuk menuliskan sesuatu produk, ada juga yang perlu memperhatikan kaidah penulisan blog. Ada yang sangat suka mendesain selain menulis. Tapi dari begitu banyaknya hobi kami yang lain, menonton drakor dan menulis ini 2 hal yang tidak bisa dilepaskan. Dari 2 hal ini, kami saling belajar banyak untuk hal lainnya.

Nama Drakor Class sendiri awalnya berkesan kelas untuk menulis literasi terkait drakor, tapi lama-kelamaan kami tidak hanya menulis tapi juga belajar hal-hal lainnya terutama dalam mengelola Drakor Class ini bersama-sama.

Kami belajar mulai dari bagaimana mengelola blog sampai berani tampil dalam acara IG live maupun podcast. Kalau tidak ada Drakor Class, rasanya sebagian besar kami akan malu-malu harus tampil di depan kamera. Sebenarnya sampai sekarang pun masih ada sih rasa takut salah kalau sudah tampil di depan umum, tapi ya sekarang ini kami sudah lebih berani dan mau belajar.

Buat saya sendiri, ada banyak sekali pelajaran selama 2 bulan mengisi situs Drakor Class ini. Tapi yang paling menyenangkan adalah setiap kontributor di Drakor Class melakukannya dengan bahagia dan semua selalu punya keinginan untuk belajar hal-hal baru. Hasilnya pun cukup membahagiakan.

Setiap harinya kami berhasil menerbitkan tulisan berbagai topik selain review drama Korea. Bahkan bisa dibilang tulisan review tidak sebanyak tulisan-tulisan lain dari drama Korea yang kami tonton. Kami menuliskan segala sesuatu yang kami dapatkan dari hasil menonton drakor, dan untuk menyebarkan apa yang kami tuliskan. Kami juga belajar untuk aktif di sosial media dan belajar membuat konten lain selain tulisan.

Kami berusaha untuk terus membagikan kebahagiaan, seperti yang sudah kami lakukan selama 2 bulan ini. Terimakasih untuk teman-teman di Drakor Class yang sudah banyak berbagi ilmu, dan terimakasih juga untuk dukungan teman-teman yang sudah membaca tulisan-tulisan di DrakorClass selain di blog kami masing-masing.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.