Harapan untuk KLIP 2021

Sebentar lagi kegiatan menulis sehari satu tulisan bersama Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) untuk tahun 2020 akan berahir. Artinya ini tahun ke-2 saya menyelesaikan kegiatan KLIP sehari satu tulisan. Kalau besok saya masih menulis, tahun ini saya akan mendapatkan 12 badge outstanding, yang artinya setiap bulannya saya mencapai syarat 30 tulisan setiap bulan (kecuali Februari 27 tulisan dan Desember 20 tulisan).

Kenapa ikut KLIP?

Apakah tahun depan saya akan ikut lagi? Tentu saja! Walaupun sudah menulis setiap hari, sejauh ini saya belum berhasil menulis buku, karena memang bukan itu target utama saya. Ada wacana menulis buku bareng beberapa bulan lalu, tapi saat ini sedang ditangguhkan karena menulis di Drakor Class terasa lebih menyenangkan.

Kegiatan utama dari KLIP ini adalah melatih konsistensi untuk menulis setiap hari. Tapi sebenarnya, persyaratan lulusnya tidak benar-benar 365 hari setahun. Syarat minimum itu 10 tulisan per bulan, dan maksimum cukup 30 tulisan per bulan (jadi untuk bulan dengan jumlah 31 hari, akan ada 1 hari libur).

Sebenarnya, untuk orang yang memang benar-benar menyukai menulis, mungkin tidak selalu perlu ikut dengan komunitas pun setiap hari akan menulis. Tapi, tentunya untuk saya yang bukan penulis profesional, menulis itu butuh teman ngobrol yang sama-sama sedang melatih konsistensi. Buat saya menulis itu merupakan kegiatan antara mengungkapkan opini dan menceritakan pengalaman hidup. Jadi saya butuh komunitas untuk menjadi teman diskusi selain mengingatkan untuk menulis setiap harinya.

Ide Menulis di 2020

Di tahun 2019, ada banyak sekali hari di mana saya tidak tahu apa yang ingin ditulis, tapi merasa harus menulis. Karena adanya komunitas KLIP, saya bisa mendapatkan ide-ide apa yang bisa dituliskan. Biasanya tulisan saya itu dari hasil obrolan di WA Group tentunya, atau dari pertanyaan yang diajukan di Grup, selain dari kegiatan bersama keluarga di rumah.

Di tahun 2020, saya sudah mulai terlatih dan selalu bisa menemukan apa yang ingin ditulis. Masalah berikut di tahun 2020 ini adalah mengalahkan kemalasan untuk segera menulis dan tidak menunda, supaya apa yang ingin dituliskan bisa segera selesai. Setiap kali saya menunda untuk menulis sebuah topik tertentu, biasanya akhirnya tulisan tersebut tidak jadi saya tuliskan.

Tahun 2020 ini yang paling banyak membantu saya menulis adalah kegiatan bareng teman-teman KLIP Drakor Class yang waktu itu kami namakan tantangan 30 topik kokoriyaan. Tantangan ini juga menjadi media berlatih buat saya menuliskan berdasarkan topik. Mengalahkan kemalasan dan memaksakan diri untuk menulis hal-hal yang awalnya tidak terlalu tahu tapi jadi tahu.

Tema mingguan di KLIP yang sempat ada beberapa kali juga cukup membantu untuk mendapatkan ide mau nulis apa hari ini. Tidak setiap tema mingguan saya ikuti, tapi ketika tiba waktu menulis dan tidak ada ide, akhirnya saya akan mencoba untuk menuliskan tema mingguan.

Adanya kegiatan Klub Buku KLIP juga menjadi salah satu sumber ide menulis. Saya jadi terpacu untuk membaca buku dan menuliskan catatan dari apa yang saya baca. Kegiatan Zoom meeting Klub Buku juga menjadi sumber ide untuk bahas tulisan, selain jadi catatan siapa tahu mau membeli bukunya di kemudian hari.

Kelas Peminatan

Beberapa bulan sebelum tahun 2020 berakhir, KLIP memperkenalkan 4 kelas peminatan untuk dipilih. Ada kelas free writing, kelas fiksi, kelas non fiksi dan kelas Blog Profesional. Tahun ini, saya bergabung dengan kelas non fiksi, walaupun tulisan saya sebenarnya lebih bayak free writing alias curcol. Tapi sepertinya, tahun depan saya mau pindah kelas. Gimana kalau tahun depan saya ikut kelas fiksi? Keluar dari zona nyaman gitu, sesekali?

Tahun 2020 sebenarnya sudah mencoba menulis cerita fiksi beberapa kali, tapi rasanya setiap kali menulis fiksi, ada rasa tidak sabar ditengah perjalanan menuliskannya. Saya kagum dengan penulis fiksi yang bertahan menceritakan sesuatu secara detail.

Atau mungkin juga saya mencoba kelas blogger profesional? Sekalian gitu siapa tahu nanti bisa jadi penulis bayaran? hehehe.. Kalau ikut kelas blogger profesional, saya ingin belajar tentang kaidah SEO yang benar, sekalian nanti diaplikasikan ke blog Drakor Class.

Harapan untuk KLIP 2021

Saya berharap tahun 2021 teman-teman KLIP 2020 tetap ikut lagi, dan juga berharap bertemu dengan teman-teman baru yang ingin berlatih konsisten menulis.

Oh ya, harapan lain sih saya bisa lebih rajin membaca buku di 2021, sehingga nantinya bisa membuat lebih banyak tulisan mengenai buku yang di baca (ini sih harapan pribadi, tapi biasaya lebih termotivasi kalau ada teman baca buku bareng).

Terimakasih KLIP yang sudah membuat saya memaksakan diri menulis setiap hari sepanjang tahun 2020 ini. Semoga tahun 2021 KLIP semakin ramai dan tetap menginspirasi anggotanya untuk tetap konsisten menulis.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.