Hadiah Natal 2020 dari KLIP

Hari ini saya mau pamer hadiah Natal yang saya dapatkan di tahun 2020 dari Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Hadiah ini tidak bisa dinilai dengan nominal. Hadiah ini merupakan hasil dari kesungguhan sepanjang tahun 2020 mengalahkan kemalasan dari diri sendiri. Sebagian orang mungkin akan menganggap sertifikat ini biasa saja, tapi buat saya ini pencapaian tahun 2020 yang luar biasa.

Terimakasih buat KLIP untuk sertifikat yang kemilau ini

Tahun 2019, saya berhasil mengumpulkan 12 badge juga, tapi masih warna warni. Awal tahun 2020, saya sebenarnya tidak pasang target untuk menulis setiap hari dan mendapat badge kuning ini, tapi ketika mendapat piagam penghargaan tulisan ke-2 terbanyak di bulan Mei, entah kenapa saya jadi semakin semangat menulis.

Kalau mau lihat piagam tahun 2019, ada di tulisan ini

Di tahun 2018, ketika pertama kali mengikuti kegiatan menulis bersama KLIP yang waktu itu masih bernama ODOP99Days, saya merasa takjub dengan komitmen orang yang menulis setiap hari. Jauh sekali dari bayangan saya, kalau ternyata hal itu bisa dilakukan. Saya paling kagum kalau ada yang bisa membuat jadwal tulisan dengan tema harian.

Tahun 2020 ini saya menulis 349 tulisan sampai dengan 20 Desember 2020. Berarti berapa hari saya tidak menulis? Setelah 20 Desember, kebiasaan menulis tetap terbawa. Rasanya ada yang kurang kalau berlama-lama tidak menulis. Selain itu, saya khawatir kalau kelamaan gak menulis, saya jadi susah lagi mengembalikan mood menulis.

Ikut terharu membaca tulisan mbak Shanty dalam pengumuman Sertifikat

Saya bangga bisa jadi bagian dari KLIP. Saya bahagia bertemu dengan teman-teman yang walau latar belakangnya berbeda, tapi hobinya sama: menulis dengan bahagia. Kebanyakan anggota KLIP ini sudah jadi penulis profesional loh, mereka menulis buku fiksi maupun non fiksi, antologi, artikel di majalah, penulis konten berbayar, dan tentunya jurnal untuk sebagian yang aktif bekerja di bidang profesi masing-masing.

Mudah-mudahan saja ya berikutnya saya bisa mengikuti mereka menjadi penulis buku. Kalau dari ceritanya, menjadi penulis buku itu butuh komitmen lebih lagi dari sekedar menulis blog, terutama bagian editingnya, hehehe.

Ternyata, walau sudah menulis setiap hari, ada saja kesalahan di sana sini dalam menulis. Mulai kesalahan mengatur supaya tulisannya lebih enak dibaca, sampai dengan memperhatikan penulisan mengikuti PUEBI dan sesuai EYD.

Untuk teman-teman yang ingin berlatih konsistensi menulis, yuk siap-siap untuk ikut KLIP 2021. Sementara ini bisa berlatih menulis aja sendiri minimal 300 kata, tidak harus disetorkan, nantinya setoran akan di mulai lagi sejak 1 Januari 2021.

Semoga KLIP 2021 pesertanya lebih banyak lagi dan tingkat kelulusannya juga lebih tinggi. Untuk yang sudah mengikuti dan konsisten 12 bulan, jangan bosan untuk join lagi. Ikut KLIP sih yang pasti buat diri sendiri ya, membuktikan ke diri sendiri kalau kita bisa melatih diri menulis setiap hari. Dapat teman di KLIP itu adalah BONUS, apalagi teman-teman di KLIP banyak yang menginspirasi walau terkadang terasa agak mengintimidasi, hehehe..

Target saya di 2021, tetap menulis setiap hari dan meningkatkan konsistensi membaca buku selain menulis.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.