Kilas Balik Agustus, September dan Oktober 2020

Walaupun sekarang sudah tahun 2021, tapi karena tulisan kilas balik belum selesai, saya akan lanjutkan lagi menulis kilas balik mengenai hal-hal yang perlu diingat yang terjadi dalam 3 bulan di atas.

Pada dasarnya, tulisan sepanjang Agustus, September dan Oktober di blog ini ada banyak tentang topik seputar Korea, karena pada waktu itu saya dan teman-teman Drakor Class sedang menyelesaikan 10 topik tulisan terakhir. Tapi saya tidak akan menuliskan hal-hal itu dalam kilas balik di sini. Beberapa hal yang menjadi hal yang perlu diingat saja yang akan saya catat di sini.

Agustus 2020

Ada 2 hal yang perlu diingat di bulan Agustus, kegiatan homeschooling dan perayaan kemerdekaan Indonesia oleh komunitas Indonesia Chiang Mai.

Kegiatan Homeschooling

Di bulan Agustus, kegiatan homeschooling anak-anak juga sudah dimulai lagi. Saya sempat mencoba memakai modul numerasi dari Kemdikbud Indonesia untuk Jonathan selama 1 minggu. Hasilnya? Jonathan masih belum lancar mengerti bahasa Indonesianya, selain modulnya juga masih terlalu tebal dan kurang cocok untuk dilakukan dalam setting di rumah saja.

Lengkapnya bisa di baca di tulisan tersebut. Saya tidak tahu apakah modul tersebut masih ada, sudah diperbaiki atau sudah diganti, karena saya hanya mencoba seminggu saja. Harapan saya sih modul tersebut bisa benar-benar dibuat yang bagus, sehingga bisa dipakai ulang untuk anak-anak homeschooling atau siapa tahu tahun depan pandemi belum benar-benar berlalu.

Saya juga sempat mencobakan aplikasi Ruang Guru ke Jonathan, tapi dia bosan mendengarkan “guru” berbicara di depan kelas. Akhirnya kembali lagi deh ke buku homeschooling CLE yang memang sudah dibeli juga.

17 Agustus 2020

Mumpung situasi di Thailand sudah bebas Covid-19 beberapa bulan, kami di Chiang Mai mengadakan tumpengan sekalian merayakan 17 Agustus bersama. Tahun 2020 ini kali pertama kami mengadakan tumpengan dan upacara bendera kecil-kecilan di Chiang Mai.

Karena tanggal 17 Agustus itu jatuh pada hari kerja, yang hadir tidak banyak, tapi memang pada dasarnya orang Indonesia di Chiang Mai tidak banyak sih. Yang hadir pada waktu itu termasuk anak-anak tidak sampai 15 orang rasanya.

September 2020

Awal bulan September, seperti biasa, urusan ijin tinggal di Thailand harus beres. Sejak pandemi sistem imigrasi di Chiang Mai malah semakin bagus dan cepat. Mungkin juga karena tidak banyak orang yang keluar masuk sejak bulan Maret. Jadilah urusan visa bisa berjalan cukup lancar dan kami masih mendapat ijin tinggal untuk tahun berikutnya.

Baru saja merasa lega dengan urusan Visa, akhirnya menyempatkan diri mengurus mobil yang sebenarnya sudah mengeluarkan bunyi aneh agak beberapa bulan terakhir. Ternyata rem dan tali kipas mobil harus diganti. Memang deh tiap tahun ada saja urusan ke bengkel ya.

Pertengahan September 2020, ada Big Bad Wolf yang dilakukan secara online di Thailand. Tentu saja kesempatan ini tidak disia-siakan untuk membeli buku-buku buat Jonathan. Lumayan sih buku yang dibeli hampir semua sudah dibaca oleh Jonathan, hiburan di masa pandemi ini ya buku. Buku yang saya beli untuk saya belu selesai dibaca. Semoga tahun 2021 ini bisa lebih rajin membacanya ya (tiap tahun ngomong begini, hehehe).

Saya juga menyelesaikan kursus Coursera tentang dengan topik Mind Control: Managing your Mental Health during Covid-19. Kursus ini sangat singkat, tapi saya rekomendasikan kalau iseng cobalah untuk mendengarkannya. Buat saya sih lumayan membantu mengurangi memikirkan pandemi dan fokus dengan hal-hal yang lebih menyenangkan.

Di akhir September, ada badai tropikal dari negeri tetangga di bagian utara Thailand, hujan beberapa hari sempat juga membuat banjir di beberapa tempat di Chiang Mai. Untugnya banjirnya hanya sebentar saja dan tidak sampai berhari-hari seperti pada tahun 2011.

Oktober 2020

Bulan Oktober 2020, tulisan saya kebanyakan tentang pelajaran yang saya dapatkan sejak saya dan teman-teman membuat DrakorClass.com. Sebenarnya di akhir September saya sedang mempertimbangkan untuk membuat blog baru atau menghidupkan kembali blog lama, tapi akhirnya di awal Oktober malah belajar ngeblog lagi karena bikin blog bareng-bareng.

Ada beberapa tulisan tentang pelajaran sejak ngurusin DrakorClass.com ini, diantaranya saya jadi mengerti kalau SEO itu ada kaitannya dengan teori menulis dan membuat tulisan tentang editor blok untuk WordPress. Mungkin nanti kalau rajin, tulisan-tulisan tentang apa saja yang saya pelajari tentang dunia blog bisa ditulis dalam 1 tulisan (kalau rajin).

Sepanjang Agustus, September dan Oktober, kehidupan di Chiang Mai terasa normal. Kami tetap memakai masker ketika di luar rumah, tapi perasaan sudah cukup tenang karena tidak ada kasus transmisi lokal. Kadang-kadang lupa kalau pandemi masih berlangsung. Bersyukur sih dengan masa-masa aman yang pernah ada, walau saat ini pandemi gelombang ke-2 sedang melanda Thailand lagi.

Sebenarnya saya ingin menyelesaikan tulisan kilas balik sekaligus dalam 1 tulisan ini sampai Desember 2020, tapi karena hari sudah malam dan waktunya untuk tidur, ceritanya akan saya lanjutkan di lain hari.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.