Jadi Rajin Belajar Sejak Ngeblog Lagi

quote

Halo Februari, apa kabar resolusi 2021? Salah satu hal yang ingin saya teruskan di tahun 2021 ini adalah menulis setiap hari, yang mana sebagian besar akan ada di blog ini selain arsip pribadi untuk hal-hal yang bukan untuk dibaca orang banyak. Ngeblog itu buat saya ya menuliskan apa saja, mulai dari cerita yang ingin diingat, tempat yang ingin dikunjungi, opini terhadap suatu hal dan juga berbagi tentang hal yang baru dipelajari.

Hari ini, saya ingin menuliskan tentang kegiatan ngeblog yang dulu pernah saya tinggalkan bertahun-tahun. Sungguh bersyukur bisa kembali lagi ngeblog sejak tahun 2018 sampai sekarang. Sejak ngeblog lagi, ternyata jadi ada banyak hal baru yang saya pelajari dan komunitas yang saya ikuti, termasuk komunitas Mamah Gajah Ngeblog ini. Tulisan ini juga sebagai bagian dari tantangan menulis dari komunitas Mamah Gajah Ngeblog.

mamah gajah ngeblog
Alumni ITB perempuan yang ngeblog, gabung yuk di komunitas Mamah Gajah Ngeblog

Komunitas Mama Gajah Ngeblog ini berupa WA Grup ini baru saja dibentuk di tahun 2021, isinya alumni ITB yang ngeblog. Jadi kalau misalnya ada pembaca wanita lulusan ITB dan punya blog dan ingin mencari teman ngeblog, yuk mari bergabung sama kami (duh jadi iklan lewat dulu deh).

Blogger dulu dan sekarang

Kalau dulu, di awal ngeblog, ada yang namanya blogroll atau daftar teman-teman yang ngeblog juga, sekarang ini komunitas ngeblog sudah tidak terbatas hanya bertukar link blog, tapi juga ada di sosial media lainnya.

Kalau dulu ngeblog ya cuma ngeblog, tapi sekarang ngeblog itu sudah menjadi salah satu bagian dari dunia membuat konten di dunia digital. Jadi setelah blog ditulis, dibagikan lagi di sosial media supaya dibaca orang, selain itu juga diperhatikan bagaimana supaya tulisan kita ditemukan ketika ada yang mencari informasi tertentu. Untuk menarik pembaca, isi tulisan juga dilengkapi dengan gambar menarik ataupun video.

Blogger dulu dan blogger sekarang bertambah ragam variasinya, ada yang tetap dengan aliran menuliskan cerita apa saja seperti saya, ada juga yang menulis dengan tema khusus dan masuk kategori menulis blog yang menghasilkan uang alias blogger profesional.

Menulis blog buat saya, dulu dan sekarang juga sudah ada terasa perbedaannya. Kalau dulu tulisannya sering mulai dari A berakhir di Z. Jadi kalau dulu saya menulis dulu baru mencari judul, kalau sekarang sudah bisa menulis judul dulu baru menulis isi. Sudah ada kemajuan ya setelah menulis setiap hari, hehehe.

Ngeblog = belajar banyak hal baru

Kalau mau cerita tentang kenapa masih ngeblog, manfaat ngeblog, mencari ide tulisan untuk menulis setiap hari, dan bagaimana saya bisa menulis hampir setiap hari, sudah ada banyak sekali di blog ini, jadi silakan klik linknya daripada saya mengulang cerita yang sama di sini (bilang aja males hehehe).

Dari sekian banyak tulisan itu, ada hal yang ingin saya bagikan di sini kalau dari ngeblog, saya menemukan komunitas, dari komunitas menulis saya menemukan berbagai tipe orang yang memginspirasi. Dari komunitas Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) misalnya, saya menemukan ada banyak sekali penulis buku dengan berbagai genre yang juga bukan cuma menulis, tapi punya berbagai tangung jawab lainnya dan berbagi ilmu lain selain ilmu menulis.

Berteman dengan orang-orang yang suka menulis (dan membaca) ini sungguh membawa saya pada pengalaman baru dan terpacu untuk ikut belajar hal-hal baru. Saya bukan hanya belajar seputar dunia menulis ataupun tata aturan menulis blog ber SEO dan memperhatikan nilai dari sebuah situs, tapi saya juga belajar tentang seputar menghasilkan konten digital.

Sebut saja komunitas drakor dan literasi yang akhirnya berubah nama menjadi DrakorClass. Komunitas yang sering sekali saya sebut ini perjalanannya dimulai dari kembali ngeblog dan membawa saya belajar lebih banyak hal baru dengan cara yang menyenangkan (dan berkurang waktu nonton drakornya hehehe).

Kalau dulu saya tidak disuruh Joe ngisi blog lagi, saya tidak akan ketemu ODOPfor99Days yang kemudian menjadi KLIP. Kalau saya tidak menemukan KLIP, saya tidak akan bertemu dengan teman-teman yang tergabung di komunitas Drakor Class. Kalau kami tidak membentuk situs dan sosial media untuk DrakorClass, saya masih tetap tidak akan mau belajar seputar sosial media seperti instagram, twitter, YouTube dan apalagi podcast.

Ternyata, berawal dari ngeblog lagi di tahun 2018, saya menemukan komunitas yang membuat belajar berbagai hal yang menyenangkan. Kalau saya tidak sedang bergiat mengisi sosial media dan blog D, saya tidak akan merasa perlu belajar live stream dan belajar Canva.

Kalau dulu saya sebenarnya malas berkenalan dengan banyak orang baru, sekarang saya mulai mengerti kalau kita perlu punya komunitas untuk menemukan berbagai hal baru yang belum kita ketahui. Selain itu sekarang ini berkenalan dengan banyak orang baru sebagai bagian dari mengembangkan jaringan sosial media DrakorClass. Walaupun demikian, tentu saja saya masih pilih-pilih ikut komunitas, untuk komunitas yang terlalu ramai dan terlalu banyak tuntutan, saya rasa saya akan enggan untuk bergabung hehehe.

Tidak semua orang sama, mungkin sebagian besar orang sudah merasa cukup dengan apa yang mereka ketahui atau sudah merasa cukup dengan skill yang dimiliki. Sebagian orang juga tidak suka berbagi dalam bentuk tulisan karena berbagai alasan masing-masing. Tapi saya bersyukur sih bisa kembali ngeblog yang sekarang ini membawa saya mengenal berbagai hal yang baru dan menyenangkan. Apalagi sekarang ini, ada banyak orang yang suka berbagi ilmu secara gratis di internet, baik itu melalui WA Grup ataupun melalui berbagai acara live seperti IG Live dan Zoom.

Penutup

Buat kamu yang masih ragu-ragu mau mulai menulis blog atau bergabung dengan komunitas menulis, coba dipikir-pikir lagi kira-kira tujuan ngeblog nya buat apa? Tujuan berkomunitasnya buat apa? Kalau saya sih sudah jelas, saya ingin menuliskan berbagai hal yang ingin saya ingat di kemudian hari. Tulisan di blog ini, selain untuk berbagi informasi, terutama untuk anak-anak dan cucu kami, supaya mereka tahu apa yang dipikirkan oleh orangtuanya dan apa saja karya dari kami.

Saya mau pinjam kutipan dari teman saya mbak Shanty Dewi Arifin yang menjadi penggagas KLIP untuk mengakhiri tulisan ini.

“Tidak semua orang harus jadi PENULIS. Tapi semua orang perlu belajar mengungkapkan pikirannya dalam bentuk TULISAN.”

Shanty Dewi Arifin, penggagas KLIP

Buat saya, ngeblog atau menulis blog ini juga salah satu bentuk belajar untuk mengungkapkan pikiran dalam bentuk tulisan.

31 thoughts on “Jadi Rajin Belajar Sejak Ngeblog Lagi”

  1. Keren, Teh. Sangat inspiratif. Semoga saya juga ketularan semangatnya untuk konsisten rutin ngeblog kembali

  2. MasyaAllah keren banget Teh. Dan ternyata perjalanan panjang ya Teh untuk bisa nulis konsisten dengan tulisan yang ngalir dan enak dibaca kaya gini~
    Penutupnya juga ngena banget buat jadi motivasi terlibat aktif di komunitas dan terus belajar biar tujuan ngeblognya tercapai :”)

  3. Betul, dari tujuan ngeblog nanti bisa diteruskan ke komitmen blognya. Waw, nulis setiap hari masih tantangan untuk aku. Komunitas memang penting sih. Semoga Mamah Gajah Ngeblog long lasting ya

  4. Ternyata memang sepenting itu ya peran komunitas untuk bisa terus membakar semangat menulis (selain dorongan diri sendiri tentunya). Anw salam kenal teh 😀

    1. Salam kenal juga :), memang kalau kita ga berkomunitas, terkadang hari-hari berlalu begitu saja dan gak ada rasa perlu belajar ini dan itu. Sejak ketemu komunitas menulis, malah jadi rajin belajar lagi, hehehe…

  5. Gara-gara Mamah Gajah Ngeblog juga saya jadi ikutan KLIP, seru ya ternyata kalo berkomunitas gini, berasa nulis bareng-bareng, lebih semangat aja gitu. Salam kenal teh.

  6. Salam kenal teh, saya Restu TI04. Ketampol banget soal komunitas karena saya orangnya malas bergaul dan ada di keramaian (walaupun digital). Mungkin karena itu ya ilmu saya segitu segitu saja harus mulai belajar membuka diri nih hehe. Makasih motivasinya teh.

  7. Sama, soal berkomunitas. Dulu males. Ngapain. Kenalan yang udah ada aja rasanya dah suka kelewat Ma kasih udah ngajakin gabung ke KLIP dan wag Mamah Gajah Ngeblog. Seneng dapet temen2 baru yang pemurah bagi-bagi ilmu…

  8. Halo Teh, salam kenal aku Hani, dr AR.
    Ngeblog buat aku udah addict sih. Engga nulis kayak ada yg kurang…
    Semangat yaaa….

  9. Seru ya, sampai bisa ketemu berbagai komunitas begitu. Jadi ingin rutin nulis lagi. Alhamdulillah ada Mamah Gajah Ngeblog, jadi inget lagi kalau pernah rutin ngeblog

  10. Waaah makasih tehh buat semangatnya, salam kenal. Oia saya juga baru tahu ada KLIP, masya Allah hebatnya bisa konsisten tiap hari nulis. Kalau untuk bapak-bapak gitu ada komunitasnya juga ga ya teh? Suami saya juga setahun ini udh berhasil nulis setiap hari. Kalau gak nulis jadi uring-uringan sendiri hehe.

  11. Waah teteeh… Keren banget… Dulu sempet deh pengen bisa nulis di blog tiap hari…. Taoi belum kesampean. Semoga semangatnya bisa nular 🙂

  12. Good job.
    Salam kenal.
    Keren say… Tetap semangat untuk terus belajar. Bagusnya blog pun masih bisa dibenahi jika ada typo ya… .

  13. Keren banget mba bisa nulis setiap hari, salut sekali. Aku sendiri susah buat konsisten nulis setiap hari. Ini baru aja bangun ritme lagi berkat tantangan setoran bulanan Mamah Gajah Ngeblog.

  14. Halo teh, salam kenal. Dulu juga saya ngeblog karena ada komunitasnya, tapi lama2 sepi. mudah2an dengan gabung dengan komunitas Mamah Gajah Ngeblog, saya jadi bisa rutin nulis lagi.

  15. Setuju Teh, tujuan dan motivasinya harus dikuatkan ya. Salam kenal juga ya Teh

  16. Kalau perempuan bisa mengeluarkan 16.000 kata per hari, berarti bisa posting puluhan artikel dalam sehari.. :). Semoga bisa tertular semangat teteh untuk rutin menulis …

  17. hai teteh salam kenaal, disini essa biologi 2004. Suka banget sama tulisan : kita perlu punya komunitas untuk menemukan berbagai hal baru yang belum kita ketahui, karena yg namanya ilmu gak bisa turun dari langit atau lewat genetik doang yaaa tehh… makasi sudah selalu menginspirasi. Kode ambisius saya di MamahGajahNgeblog : mau komen di setiap tulisan yg udah disetor, gak ada yg kelewat, hahaa. semangat!

  18. Wah ternyata disini banyak yg ikut KLIP.. Menarik banget. Teteh udah jauh lebih berpengalaman, hihi, seneng jadi banyak hal baru untuk dibaca. Semoga aku ikut tersemangatiii

  19. Hai teeeh.. Anggun nih, MA 03. Salam kenal. Duh bener banget dulu tuh ada blog roll, niat masukin satu satu blognya temen temen (yg sbnernya itu itu doank ), ramai medsos, blog mulai teralihkan deh, belang betong ngisinya.. Pas ngerasa butuh nulis agak panjang aja karena ga cukup di caption instagram smoga setelah bareng bareng di mamah gajah ngblog makin semangat ah nulisnya

  20. Salam kenal teh Risna, sy Yuniar Ki01, blognya lengkap banget (ga ada icon jempol ya disini, hehehe). Semoga nanti bisa ketularan rajinnya teteh.

  21. Salam kenal teh, sy echa pL06. Dulu juga saya dgn blogging sempat nambah komunitas, nambah teman juga. Tapi ya itu sejak vakum blogging jd menjauh jg dr komunitas dan orang2 tsb. Padahal nambah komunitas tu pasti ada aja kan yaa ilmu baru yg bisa didapatkan, dalam hal apapun. Semoga grup MGN ini bs sy ikuti dgn istiqomah jd manfaat yg bs didapat jg makin banyak

  22. Postingan blognya lengkap banget, teh. Seru jadi banyak tahu komunitas-komunitas yang bermula dari blogging. Salam kenal ya, teh Risna, saya Riska AR02 (^0^)/

  23. Teteh menginspirasi sekali! Bisaan menulis, dibagikan pula, setiap hari!

  24. Sungguh utk konsisten nulis adalah suatu challenge sendiri ya teh, semoga konsisten dan bisa terus menginspirasi yaa. oya, salam kenal saya Wulan GD 04 🙂

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.