Animasi Sederhana di Canva

Hari ini masih menulis tentang belajar Canva. Tugas ke-3 itu membuat animasi sederhana dengan memanfaatkan element stiker yang bergerak-gerak. Sebenarnya teknik membuat gerakan itu sudah pernah dipraktikkan waktu belajar Canva sebelumnya. Tapi kali ini, karena diminta seolah-olah ada bubble percakapan, jadi terpikir bagaimana supaya bubble percakapannya tidak langsung muncul semuanya? Dengan sedikit trick, ternyata bisa juga.

Pada suatu piknik – ada yang kelaparan dan ada yang masih asik main game

Cerita ilustrasinya

Sebelum saya menceritakan tips mengerjakan animasinya di Canva, saya mau bikin cerita tentang ilustrasi video singkat ini.

Ceritanya pasnagan ini sedang jalan-jalan/piknik dengan campervan. Jadi mereka bisa bawa-bawa payung, meja piknik dan tikar selain makanan tentunya. Setelah bersantai minum kopi sejak pagi, tiba waktunya untuk makan siang. Seharusnya ada tempat masaknya segala, tapi anggap saja alat masaknya di sisi lain dari payung yang tidak kelihatan ya.

Yang masak si prianya. Setelah makanan matang dan siap untuk disantap, sang pria mengajak si wanita untuk makan. Tapi karena si wanita sedang asik main game dan mungkin levelnya sudah mau tamat (padahal bisa aja tahap mainannya disimpan ya), maka si wanita bilang dia masih tanggung mainnya. Akhirnya si pria pun bilang dia akan makan duluan. Sementara si wanita tetap melanjutkan main game.

Gak masalah dong ya siapa yang lapar makan duluan. Namanya lagi santai liburan ya,siapa yang lapar boleh dong makan duluan. Mungkin si pria sarapannya kurang banyak, makanya duluan lapar, apalagi dia sudah tergoda dengan aroma makanan yang dia masak, tentunya bikin tambah lapar.

Setelah menulisan kisahnya, saya jadi bertanya-tanya sendiri. Apakah ini kisah pasangan muda yang belum memiliki anak? atau sebenarnya ada anaknya, tapi main di dalam van? Tapi kayaknya ini sih pasangan muda belum punya anak, mungkin sedang bulan madu. Kalau sudah punya anak, biasanya yang akan memasak makanan itu yang wanita, hehehe. Eh tapi, yang biasa jago masak-masak outdoor itu kan para pria.

Bebaslah ceritanya silakan dilanjutkan sendiri saja, kan sekarang yang lebih penting gimana cara bikin animasi sederhananya.

Teknik mengerjakannya

Di Canva itu, ada pilihan untuk menganimasikan elemennya. Nah tapi kan animasinya berlaku untuk semua objek, padahal saya hanya ingin menganimasikan bubble percakapan.

Maka yang saya lakukan adalah membuat terlebih dahulu secara utuh, lalu membuat duplikasi halamannya. Halaman yang duplikasi saya hapus bagian bubble percakapannya dan saya jadikan file png untuk menjadi background di desain baru halaman kosong.

Lalu setiap elemen tulisan dan bubble nya saya jadikan 1 grup (jadi ada 4 grup). Bikin desain baru dengan gambar background dan tambahkan 4 bubble percakapan, lalu dianimasikan dengan pilihan Fade.

Animate Fade dengan setting 3 detik saja

Saya mencoba juga pilihan animasi lainnya, tapi pilihan fade ini yang memberikan kesan yang diharapkan. Jadilah percakapannya muncul satu demi satu.

Saya belum menemukan apakah animasinya bisa diatur ada delay waktunya supaya bubble percakapannya tidak terlalu cepat tampilnya. Tapi ya, gak terlalu penting juga sih, ini kan sekedar iseng-iseng saja.

Oh ya, desain ini kemarin saya kerjakan di ponsel. Lalu dilanjutkan tadi pagi di komputer untuk membuat bubblenya bisa tampil satu demi satu. Semakin sering melihat-lihat ada elemen apa saja di dalam Canva, semakin cepat kita bisa mencari gambar ilustrasi apa yang bisa dipakai.

Lain-lain

Sebenarnya, gambar cewek main game itu aslinya animasi alias gambar bergerak. Tapi, di Canva, kita tetap bisa membuat gambar yang bergerak menjadi gambar tidak bergerak (format jpg atau png). Karena menemukan gambar itu, saya jadi iseng juga nih bikin gambaran ruang tamu di mana semua anggota keluarganya main game.

Semuanya pada main game nih ceritanya

Eh tapi, ini juga bukan foto keluarga kami, rambut saya belum pirang dan saya bukan orang yang suka main game console. Nanti deh berikutnya nyari lagi gambar yang sedang menulis di laptop kali ya, hehehe.

Bikin-bikin gambar ilustrasi menggunakan Canva begini ternyata bisa membuat saya jadi ingin menceritakan apa yang terjadi di sana. Melihat hasil karya teman-teman lain juga membuat saya menjadi tahu ada gambar apa saja yang tersedia di Canva dan kadang-kadang membuat saya jadi bikin cerita sendiri, hehehe.

Jadi ada tambahan ide baru untuk menulis. Kalau sedang tidak ada ide, bisa bikin gambar ilustrasi dan bikin deskripsi dari apa yang sedang terjadi dalam gambar tersebut, hehehe.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.