Cara Streaming dari Zoom ke YouTube

Sekarang ini, setiap orang bisa siaran dengan mudah. Di Facebook dan Instagram,kita bisa siaran langsung dengan menekan 1 tombol dari aplikasi di ponsel berkamera.

Jaman pandemi, selain siaran di Facebook dan Instagram mulai ada banyak kelas dan seminar online melalui Zoom yang juga disiarkan ke YouTube. Setelah beberapa kali mengadakan Instagram Live bareng drakorclass, berikutnya jadi penasaran kalau YouTube live seperti apa ya. Rasanya seru kalau bisa ngobrol banyakan dan disiarin live di YouTube.

Mungkin ada yang punya pertanyaan seperti saya. Bagaimana caranya kita Live dari Zoom ke Youtube? Sebelumnya saya sudah menulis bagaimana caranya kita Streaming Zoom ke Facebook. Tentunya kita perlu mengatur untuk mengijinkan stream ke YouTube dari Zoomnya. Di tulisan ini saya akan menambahkan bagian pengaturan di YouTube.

Membuat Chanel YouTube dari Login Gmail

Untuk yang belum punya akun YouTube, langkah termudah untuk membuat akun YouTube adalah membuat akun Gmail. Dari Akun Gmail kita bisa mengaktifkan YouTube kita dan mengaktifkan Channel untuk kita menggungah video dan melakukan streaming.

Untuk bisa menayangkan siaran langsung (live stream), langkah pertama adalah mengaktifkan pengaturan untuk melakukan siaran, dan berikutnya memverifikasi Channel kita dengan memasukkan nomor telepon kita.

Setelah kita mengaktifkan dan memverifikasi ini, selanjutnya kita bisa siaran langsung dari webcam di laptop, ataupun menayangkan dari Zoom, streamyard ataupun software streaming lainnya.

Hal yang perlu diketahui, dibutuhkan waktu 1×24 jam untuk penayangan siaran pertama di YouTube. Jadi, jikalau Anda menjadwalkan untuk siaran langsung di hari tertentu, pastikan saja channel YouTube Anda memang sudah bisa melakukan siarang langsung.

Mengaktifkan dan Verifikasi Channel YouTube

1. Pertama, dari halaman akun YouTube kita, di sebelah kanan atas ada menu Create dan Live Stream

Pilih menu Go Live

2. Untuk pertama kali, kita akan mendapatkan pemberitahuan kalau kita belum bisa melakukan live streaming saat ini. Pilih button Enable tentunya.

Pilih button Enable

3. Langkah selanjutnya kita akan diminta untuk memberikan akses terhadap fitur livestreaming dengan cara memverifikasi akun YouTube kita. Piih verify dan langkah verify akan terbuka di halaman baru.

Pilih Verify

4. Langkah verifikasinya ada 2 tahap. Pertama kita akan diminta memasukkan nomor telepon kita dan cara menerima verifikasinya, bisa melaui voice mail atau melalui SMS. Saya memilih untuk menerima pesan singkat (SMS)

Pilih negara, masukkan nomor telpon dan cara menerima kode verifikasi, lalu submit

5. Tahap verifikasi ke-2 adalah memasukkan kode yang kita terima. Saya tidak menyertakan gambarnya di sini, karena ada nomor ponsel saya (males ngedit hehehe). Tapi setelah memasukkan kode verifikasi, kita akan mendapat pemberitahuan kalau akun YouTube kita sudah diverifikasi.

Tahap verifikasi selesai

Setelah tahap verifikasi selesai, kita bisa kembali ke halaman sebelumnya untuk mencoba livestreamingnya lagi.

Mencoba Livestream di YouTube

Setelah kita mengaktifkan livestream di akun kita, setiap kali kita akan livestream di YouTube, kita akan masuk ke halaman You Tube Live Control Room seperti ini. Kita bisa memilih apakah kita ingin livestreamnya saat ini atau dijadwalkan. Saya belum pernah mencoba untuk livestream yang terjadwal, jadi saya biasanya hanya mencoba langsung memilih stream Right Now dan pilih button Start.

Mencoba untuk livestream saat ini, pilih Start pada bagian Right Now

Karena ini memang livestream untuk pertama kali, kita harus memberi akses ke kamera dan microfon.

Pilih Allow untuk Microfon dan kamera

Selanjutnya isi deksripsi dari tayangan webstream kita. Saya beri judul test dan set private karena hanya saya yang akan bisa melihat videonya.

Isi informasi webstream lalu pilih stream now

Karena saya baru saya mengaktifkan dan memverifikasi akun YouTube saya ini, saya harus menunggu 24 jam lagi baru bisa untuk mencoba livestreamnya.

Streaming Zoom ke YouTube

Seperti halnya streaming ke Facebook. Setelah kita mengatur memberi ijin Zoom Livestream ke YouTube, kita perlu melakukan pengaturan livestream di YouTubenya.

Caranya sangat mudah. Saya hanya mengikuti menu yang tersedia. Bisa dibilang, saya hanya tekan tombol berikutnya saja.

1) Untuk bisa streaming Zoom meeting, tentunya terlebih dahulu kita harus masuk ke dalam meetingnya.

2) Lalu dari meeting control, pilih menu more yang ditandai dengan tiga titik, dan pilih Live on YouTube

Menu Live on YouTube dari Zoom

3) Kita akan diminta untuk masuk ke akun Google kita di mana channel YouTube tempat kita akan streaming

Pilih akun YouTube mana tujuan streamingnya

4) Isi deskrispi dan apakah streamingnya public, unlisted atau private. Saya pilih private karena ini hanya buat saya melihat streaming berhasil atau tidak. Jangan lupa tekan tombol Go Live!

Isi Judul streaming dan pengaturan privasi, lalu tekan Go Live!

5) Selanjutnya kita akan dibawa ke YouTube

Zoom akan terhubung ke YouTube

6) Kita bisa melihat streaming kita di YouTube. Akan ada keterlambatan siaran dari Zoom ke YouTube sekitar beberapa menit.

Sudah berhasil live di YouTube dari Zoom

7) Di sudut kiri atas Zoom akan terlihat keterangan kalau Zoom meeting ini Live di Youtube. Untuk menghentikan streaming dari Zoom ke YouTube, kita bisa memilih Stop Live Stream.

Untuk berhenti streaming pilih Stop Live Stream

Setelah kita stop live stream, kita masih bisa meneruskan ngobrol di Zoom dan tidak harus langsung keluar dari Zoom.

Penutup

Hal yang paling penting untuk bisa streaming ke YouTube tentunya mengaktifkan dan memverifikasi channel YouTubenya. Jika kita sudah pernah bisa sekali streaming, berikutnya menggunakan software apapun (zoom ataupun streamyard) akan sama saja.

Selamat siaran ya!

Satu tanggapan pada “Cara Streaming dari Zoom ke YouTube”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.