Cara Membuat Channel YouTube

Sebenarnya ini gampang banget ya, dan kemungkinan semua orang sudah tahu caranya. Tapi, untuk melengkapi tulisan sebelumnya tentang Streaming ke YouTube, gak ada salahnya deh dituliskan juga. Siapa tahu masih ada yang merasa kesulitan bikin akun YouTube.

Sekarang ini YouTube merupakan bagian dari Google. Jadi, kalau kita sudah memiliki akun Google, kita bisa dengan mudah membuat akun Youtube. Tapi memiliki akun YouTube, tidak otomatis bisa mempunyai Channel. Kita bisa memiliki akun YouTube untuk subscribe, menyukai, berkomentar dan melihat-lihat isi channel orang lain tanpa memiliki channel yang kita isi.

1| Login ke Goole Akun

Langkah pertama adalah login ke akun Google dari browser Anda. Saya menggunakan browser Chrome, kalau Anda menggunakan browser lain mungkin tampilannnya akan sedikit berbeda. Lalu bukalah halaman YouTube.Com.

buka halaman youtube.com

Dari sudut kanan atas, klik foto profil akun Anda yang berdekatan dengan tanda bel, Anda bisa melihat daftar menu seperti di gambar berikutnya untuk Kelola Akun Google Anda.

2| Pilih “Buat Channel”

Dari menu Kelola Akun Google ini, pilih Buat Channel. Seperti saya sebutkan sebelumnya, memiliki akun Google memang otomatis kita memiliki akun YouTube, tapi tidak otomatis memiliki Channel.

Pilih Buat Channel untuk diisi dengan Video ataupun Livestream nantinya

3| Mulai sebagai kreator

Selanjutnya kita akan masuk ke dalam pemberitahuan untuk memulai perjalanan sebagai kreator. Tentu saja kita pilih “Mulai” dari layar berikut ini.

Pilih Mulai untuk memulai perjalanan sebagai kreator

4| Pilih nama channel

Kita bisa memilih nama channel yang tidak sama dengan nama akun google kita. Untuk contoh berikut ini, kemarin saya sedang membuat channel YouTube untuk Komunitas KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional) yang saya ikuti. Saya memilih nama channel yang lebih singkat dibandingkan nama akun Googlenya.

Pilih menggunakan nama akun Google atau nama lainnya

Karena saya memilih nama kustom, saya akan mendapatkan layar untuk memasukkan nama channelnya. Nama channel ini bisa diubah kemudian.

Masukkan nama channel yang dipilih

5| Masukkan Gambar Profil

Selanjutnya kita akan diminta untuk mengupload gambar profil yang akan tampil setiap kali kita memberi komentar di YouTube.

Unggah gambar profil

6| Mulailah mengunggah video

Sekarang Channel sudah ada dan kita bisa mulai mengunggah video ke dalamnya. Sampai tahap ini kita belum bisa melakukan siaran langsung, masih ada langkah berikutnya supaya kita bisa melakukan siaran langsung.

Unggah video ke channel Anda

Verifikasi Channel dengan nomor telepon

Ada beberapa hal yang hanya bisa dilakukan setelah kita melakukan verifikasi terhadap channel Youtube kita. Misalnya:

  • upload video yang panjangnya lebih dari 15 menit
  • menambahkan thumbnail untuk video-video kita
  • Livestream
Verifikasi dengan nomor telepon

Cara verifikasi ini sama dengan cara verifikasi yang saya jelaskan di tulisan verifikasi dan mengaktifkan livestream sebelumnya.

Sampai langkah ini, channel YouTubenya bisa mulai diisi. Semoga sukses jadi YouTubernya ya, hehehe…

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.