Cara Edit Video dalam Multi Frame di Canva

Hari ini mau berbagi tentang pelajaran baru dari mainan Canva.

Mungkin sebenarnya terlihat biasa, ketika melihat video dengan multi frame begini, yang terpikir adalah videonya diletakkan di layer bawah dari bingkai kosong.

Saya sempat juga berpikir kalau video seperti ini dibuat dengan Kinemaster. Jadi saya pikir lapisan atasnya dibuat dengan bingkai di mana ada bagian yang transparan, lalu videonya diletakan di layer bawahnya.

Tapi ternyata saya salah.

Video dalam multi frame yang berasal dari video yang sama.

Terus gimana dong membuatnya?

Caranya gampang, tapi mengerjakannya kadang butuh kesabaran.

Mengetahui bagaimana cara dan mengerjakannya memang 2 hal yang berbeda. Tapi dengan sering berlatih bisa lebih cepat.

Cara mengerjakannya:

Pertama susun dulu framenya mau terlihat seperti apa. Misalnya, untuk video ikan di atas, saya susun dalam tempat seperti ini.

Berikutnya masukkan video pada setiap frame dengan mengurangi transparansinya terlebih dahulu. Tujuannya supaya nantinya bisa menyusunnya tepat bertindih dengan video dalam frame lainnya.

Videonya dibuat transparan agak bisa dipaskan dengan bingkai lainnya

Setelah semua frame diisi dengan video yang sama dan jika sudah bertindihan dengan tepat akan terlihat menyambung seperti gambar berikut.

Video yang sama dalam 4 frame yang terpisah tapi terlihat gambarnya menyambung

Coba deh putar videonya dan kalau ada suaranya dengar kan baik-baik. Jika suaranya masih bergema atau gambarnya patah-patah, berarti ada video yang belum pas letaknya.

Suara gema disebabkan ketika kita putar video, kita akan memutar 4 video sekaligus. Jika ada video yang dimulai tidak tepat bersamaan, akan ada kesan gema/pengulangan. Tapi jika sudah dimulai dengan tepat, maka suaranya akan menyatu tanpa gema.

Kalau pergerakan videonya sudah terlihat bersambung cukup baik antara frame yang satu dan yang lainnya dan suaranya tidak gema, kita bisa simpan filenya sebagai mp4.

Sedikit tips dari teman-teman yang juga sama – sama belajar Canva. Kalau videonya sebenarnya sudah terlihat cukup smooth tapi suara masih ada sedikit gema, kita bisa akalin dengan setting mute dari Canva. Jadi kita sisakan 1 video saja yang bersuara, yang lainnya kita mute alias jangan bersuara.

Tips ini saya coba untuk video ikan di atas, karena gambarnya sudah terlihat cukup bersambung dengan baik, tapi suaranya awalnya terasa sedikit gema. Akhirnya 3 video saya set mute.

Ada sedikit cerita, kemarin saya agak terlalu ambisius ketika pertama kali mengerjakan membuat video dalam banyak frame ini. Saya langsung pilih 5 frame dan juga mengerjakannya di ponsel.

Setelah cukup lama dan tidak berhasil membuat hasilnya smooth dan suara tanpa gema, akhirnya saya pindah mengerjakannya di komputer.

Setelah mengerjakan di komputer, hasilnya akhirnya cukup memuaskan. Ini hasil karya saya pertama kemarin.

Video dari @dubbbing di edit lagi di canva dengan multi frame

Gampang kan! Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.