Selamat Paskah 2021

Setelah hari Jumat kemarin dirayakan sebagai hari Jumat Agung, hari Minggu ini dirayakan sebagai hari Paskah oleh umat Kristiani. Saya mengucapkan Selamat Paskah untuk pembaca blog ini yang merayakannya.

Makna Paskah yang sesungguhnya

Hari Paskah atau yang dalam bahasa Inggris disebut Easter, seringkali diidentikan dengan kegiatan menghias telur dan mencarinya. Lalu kebanyakan ucapan selamat Paskah juga disertai dengan foto Kelinci Paskah.

Tapi sejak kecil, saya tidak terlalu antusias dengan kegiatan menghias ataupun mencari telur paskah tersebut. Karena… buat saya makna Paskah itu bukan soal telur hias dan kelinci yang lucu.

Karena saya lagi senang mainan Canva, ini saya bikin video singkat tentang Paskah. Cuma 37 detik kok, tonton dulu ya.

Tapi kalau ga mau lihat videonya juga tidak masalah, karena berikutnya saya akan sertakan gambarnya dalam tulisan saya, hehehe…

Minggu Palma

Minggu Palma ini disebut sebagai awal dari Minggu Sengsara. Dalam waktu satu minggu, Yesus yang ketika tiba di Yerusalem diarak dan dielu-elukan, disambut dengan lambaian daun palem, ternyata akan mengalami kesengsaraan.

Jadi, kalau melihat ada banyak yang membawa daun palem ketika pulang ibadah dari gereja, artinya hari Minggu depannya adalah perayaan Minggu Paskah.

Perjamuan Terakhir di Kamis Sengsara

Kita pasti sudah sering melihat lukisan Perjamuan Terakhir karya Leonardo da Vinci. Di rumah saya, mama saya menyulam perjamuan terakhir yang menggambarkan Yesus makan malam bersama dengan 12 murid Nya.

Persiapan Perjamuan Terakhir ini salah satunya adalah Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya. Dia menunjukkan contoh kalau seorang Guru pun melayani murid-murid dengan membasuh kaki.

Lalu dalam perjamuan, dia memecah roti dan anggur dan membagikannya kepada murid-murid-Nya. Perjamuan ini yang menjadi dasar Sakramen Perjamuan Kudus yang dilakukan oleh umat Kristen.

Taman Getsemani

Selesai perjamuan terakhir, Yesus pergi berdoa di Taman Getsemani, di kaki Bukit Zaitun. Di situ Yesus ditangkap dan dibawa untuk diadili.

Kenapa Yesus ditangkap? Karena Dia dianggap menghina Allah.

Disalibkan di Hari Jumat Agung

Setelah ditangkap di Taman Getsemani, Yesus langsung di bawa ke hadapan Imam Besar. Diadili dengan super singkat, karena tidak sampai 24 jam sudah dijatuhkan vonis.

Imam Besar mengikuti tuntutan suara orang-orang yang meminta Yesus disalibkan, walaupun sesungguhnya tidak ditemukan kesalahan pada Yesus.

Yesus mati dan disalibkan pada hari Jumat Agung yang dalam bahasa Inggris, disebut Good Friday.

Bangkit dari Kubur di Minggu Paskah

Ketika Ibu Yesus mengunjungi lubang kubur di hari Minggu pagi, kuburan tersebut sudah kosong. Yesus sudah bangkit, mengalahkan kematian. Hari inilah yang dirayakan sebagai hari Paskah.

Penutup

Mungkin akan ada yang bertanya-tanya, kenapa sekarang ini perayaan Paskah atau Easter identik dengan telur hias dan kelinci? Kapan-kapan deh ya ceritanya bagian itu, ada banyak versi kenapa seperti itu.

Tapi intinya, kelinci paskah dan telur hias itu cuma bagian dari budaya yang diadaptasi dan seru-seruan supaya anak kecil senang saja, dan bukan esensi dari Paskah itu sendiri.

Satu tanggapan pada “Selamat Paskah 2021”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.