Membuat Mood Board di Canva

Hari ini mau berbagi sedikit tentang mood board dan cara mudah membuatnya di Canva. Tapi sebelumnya, saya mau bilang kalau saya juga baru tau ada yang namanya mood board. Kalau saya salah, tolong dikoreksi ya.

Menurut Wikipedia:

mood board is a type of visual presentation or ‘collage’ consisting of images, text, and samples of objects in a composition. It can be based on a set topic or can be any material chosen at random. A mood board can be used to convey a general idea or feeling about a particular topic. They may be physical or digital, and can be effective presentation tools.

Wikipedia

Secara singkat: mood boards ini berperan sebagai alat visual untuk menginformasikan ‘perasaan’ atau ‘ide’ kita.

Jadi harapannya, akan ada perasaan tertentu yang dihadirkan oleh visualisasi tersebut.

Udah penasaran contohnya bagaimana? Nih saya kasih contoh hasil karya di Canva yang saya kerjakan tadi pagi. Semua foto menggunakan koleksi dari Canva loh!

Bagaimana perasaan Anda setelah melihat foto ini?

Nah, coba katakan sejujurnya, bagaimana perasaan Anda melihat foto begini pagi hari? Apakah jadi tambah lapar? atau langsung menentukan salah satu dari foto yang ada untuk disantap buat sarapan?

Perbedaan Mood Board dengan kolase foto

Apakah mood board sama dengan kolase foto? Tentu tidak sekedar kolase. Memang fotonya disusun berupa kolase, tapi tidak semua kolase bisa disebut mood board.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat mood board:

  1. Warna dominan dari objeknya sebaiknya senada, karena kalau terlalu banyak warna malah jadi gak dapat mood nya.
  2. Ada minimal 3 gambar, kalau cuma 2 gambar kok ga seru amat yak dijadiin kolase.
  3. Tidak wajib ada tulisan, karena katanya kan sebuah gambar mengandung ribuan kata di dalamnya. Dengan adanya beberapa gambar, diharapkan pesannya sampai ke orang yang melihatnya.
  4. Untuk garis pemisah kolase, dipilih warna yang turun sedikit dari warna dominan, atau ya pokoknya jangan merusak mood deh.

Langkah Membuat Mood Board

Setelah tahu apa itu mood board dan membedakannya dengan kolase foto, sekarang yuk kita mencoba membuat sendiri. Tapi, sebelumnya ada bebeapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat mood board.

  1. Tentukan mood apa yang ingin dibuat. Untuk contoh di atas, saya memang sedang mencari mood makanan sarapan pagi dengan warna dominan kuning. Kenapa kuning? karena mood saya begitu waktu melihat sinar matahari kuning (jawaban ini benar-benar ngasal ya haha).
  2. Pilih, atau tentukan mau menampilkan berapa gambar dan gambar apa. Untuk gambar apa bisa dicari dari galeri foto pribadi, atau mencari di Google selain di galeri Canva.
  3. Tentukan mau menambahkan tulisan atau tidak
  4. Bagikan ke teman-teman untuk meminta masukannya
  5. Revisi jika diperlukan

Sebuah mood board itu memerlukan eksplorasi, jadi jangan berhenti. Kalau sudah selesai dengan 1 mood warna sarapan, coba pilh warna sarapan lain.

Nah sekarang, gimana caranya membuatnya di Canva?

Cara Membuat Mood Board di Canva

Setelah kita mempersiapan semuanya di langkah membuat mood board, sekarang waktunya mainan Canva.

Kalau dilihat, sebenarnya Canva juga sudah punya beberapa template mood board seperti ini. Kalau kurang jelas ketik aja mood board di template Canva.

Tapi terkadang, menggunakan template yang sudah jadi begini gak seru, apalagi kalau warnanya tidak sesuai dengan warna yang kita harapkan.

Ada caranya untuk membuat kolase untuk moodboard sendiri di Canva. Caranya menggunakan elemen ‘grid’. Kalau setting bahasa Canva menggunakan bahasa Indonesia, gunakan kata ‘kisi’

Jadi kalau kita mulai dengan template kosong dan memilih elemen grid, kita bisa memilih berbagai pilihan grid sesuai dengan jumlah foto yang ingin kita masukkan (atau termasuk kalau ada tulisan).

Nah kita tinggal pilih frame grid sesuai jumlah foto yang sudah kita tentukan dan kita pilih.

Selanjutnya kita bisa memasukkan foto satu demi satu ke frame yang ada. Jika ingin menambahkan tulisan, salah satu frame foto cukup diganti warna saja dan nantinya ditambahkan elemen teks. Tapi sejauh ini saya tidak merasa memerlukan teks sih, hehehe..

Ini sedikit tips kalau malas nyari foto di Google, di Canva juga ada banyak fotonya, kita bisa filter mencari foto dengan kata kunci tertentu, warna tertentu dan orientasinya

Kalau kita pakai Canva Pro, pilihannya jelas lebih banyak dan siap-siap pusing milihnya karena semua bagus, hehehe.

Semakin spesifik sebuah kata kunci, semakin cepat menemukan apa yang kita cari. Contoh di atas menggunakan filter oranye dan kata kunci buah. Hasilnya lihat di sebelah kanannya yang sudah saya kumpulkan.

Penutup

Sekarang sudah tahu kan membuat mood board, nanti bisa deh bikin sendiri berbagai mood board. Say it with mood board, hehhee..

Gak ada yang salah atau benar dalam dunia desain, yang lebih perlu itu tetap berkarya. Bagikan karya dan bertanya dengan teman untuk mendapatkan kritik dan saran untuk menghasilkan karya lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.