April 2021 (masih) Tanpa Perayaan Songkran di Thailand

Tahun 2020 yang lalu, perayaan Songkran dibatalkan jauh sebelum harinya tiba. Hari libur untuk tahun baru Thailand tersebut dijadikan sebagai hari kerja dan diberikan sedikit demi sedikit sepanjang tahun 2020.

Situasi Covid-19 10 April 2021 di Thailand

Sekolah di Thailand yang pada waktu itu juga kebetulan masuk masa liburan panjang, diperpanjang liburnya sampai awal Juli. Keberhasilan Thailand mencegah penyebaran pandemi bisa membuat kami bisa berkegiatan cukup normal sejak bulan Juni 2020.

Setelah kasus baru terjadi lagi di akhir bulan November lalu di Chiang Mai dan beberapa provinsi di Selatan, berdekatan dengan liburan akhir tahun. Sempat ada penutupan sekolah, tapi bisa terkendali dengan cukup cepat dan jumlah pasien yang tidak mencapai puluhan orang untuk Chiang Mai. Chiang mai pun sempat aman dari virus selama 3 bulan ini.

Outbreak sebelum libur Songkran

Minggu depan, merupakan minggu libur Songkran. Tahun Baru Thailand ini biasanya dirayakan setiap tanggal 13 – 15 April dengan acara siram-siraman/main air.

Tahun ini, liburan sudah ditentukan mulai hari Senin sampai Jumat. Kalau tidak ada pandemi, sudah dipastikan kami sedang berlibur pulang ke Indonesia karena ada total 10 hari libur (dari Sabtu tanggal 10 April sampai Minggu tanggal 18 April).

Karena masih ada kewajiban karantina ketika pulang ke Indonesia dan ketika kembali ke Thailand (selain harus test PCR), kami belum merencanakan untuk pulang. Sempat terpikir untuk merencanakan liburan di dalam negeri, sekedar mengungsi dari polusi.

Akan tetapi, beberapa hari sebelum libur Songkran tiba, ada kasus Covid-19 baru ditemukan di Thailand, yang di bawa dari Bangkok. Beberapa provinsi lainnya juga mengalami peningkatan kasus yang sama. Menurut berita, varian baru dari UK juga sudah tiba di Thailand.

Hari ini, terjadi peningkatan 789 kasus baru di seluruh Thailand, dan dari total itu terdapat 186 kasus di Chiang Mai. Jumlah ini bisa dibilang jumlah penambahan kasus terbanyak dalam sehari untuk Chiang Mai, sepanjang setahun pandemi ini.

Sumber FB Group Chiang Mai News in English

Hari libur tidak mungkin dibatalkan tiba-tiba, tetapi pemerintah Thailand menyarankan untuk orang yang berencana bepergian antara provinsi untuk membatalkan saja jika masih bisa dibatalkan. Belum tahu apakah akan ada penutupan perbatasan lagi, tetapi beberapa titik perlintasan antar provinsi mulai ada pemeriksaan lebih ketat.

Perayaan Songkran di Bangkok yang biasanya menjadi tempat perayaan terbesar juga sudah pasti dibatalkan.

Vaksin di Thailand

Berbeda dengan Indonesia dan beberapa negara lainnya yang sudah banyak memvaksin penduduknya, di Thailand vaksin masih diberikan untuk kalangan terbatas dan seluruhnya dikendalikan pemerintah.

Pemerintah Thailand mengutamakan vaksin untuk orang yang bekerja di rumah sakit dan pemerintahan, selain untuk masyarakat di daerah di mana ada banyak kasus terjadi.

Dengan adanya penambahan kasus baru beberapa hari ini, pemerintah Thailand akan mengijinkan rumah sakit swasta untuk mengimpor vaksin sendiri dalam upaya mempercepat mencapai herd immunity.

Rencana untuk membuka Thailand terhadap turis asing yang tadinya sudah akan dimulai bulan April ini dengan mengurangi jumlah hari karantina terutama untuk orang yang sudah divaksin, sepertinya akan ditinjau ulang.

Semoga saja ya vaksin bisa efektif membantu perginya virus Covid-19 ini.

Libur ya di rumah saja

Chiang Mai, termasuk area yang aman sampai beberapa hari lalu. Mudah-mudahan saja dengan adanya libur Songkran baik untuk sekolah maupun perkantoran, aturan untuk menutup tempat hiburan malam dan aturan yang melarang penjualan minuman beralkohol selama masa Songkran ini, penyebaran infeksi bisa terkendali lagi segera.

Libur Songkran tahun 2021 ini, kembali di rumah saja. Menyalakan AC, filter udara dari polusi dan Netflix. Ada banyak yang belum ditonton.

Selain Netflix, ada banyak buku belum dibaca dan tentunya bisa tetap menulis blog, mendesain Canva maupun Kinemaster. Ga sempat bosan kalau banyak yang bisa dikerjakan.

Kalau bosan? ya masih bisalah main air di halaman rumah. Tapi mending dalam rumah sih daripada di luar rumah. Di luar rumah itu aduhai panasnya.

Tetap berharap pandemi segera berlalu dan distribusi vaksin segera sampai juga untuk orang asing di negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.