Cerita Dari Kelas Belajar Gratisan

Efek pandemi yang sangat terasa buat saya adalah ada banyak sekali kelas belajar yang bisa diikuti secara gratis. Bagus? Ya tentu saja, apalagi kalau memang bisa mendapat hobi baru seperti desain Canva dan Kinemaster.

Kelas-kelas gratis itu pakai bahasa Indonesia pula, semakin mudah untuk mengerti dengan cepat. Kelas gratis ini biasanya dilengkapi dengan grup di WhatsApp ataupun Telegram.

Dalam waktu singkat jumlah grup WhatsApp dan Telegram saya beranak pinak dengan banyak. Sejauh ini tidak ada masalah buat ponsel Xiaomi saya yang sudah berumur hampir 2 tahun.

Saya tentunya tidak selalu membaca semua pesan yang masuk, kecuali kalau ada tambahan tutorial atau materi yang penting untuk diketahui. Jadi selama ponselnya masih mampu, tak masalah dengan banyaknya grup yang ada.

Terkadang kalau lagi iseng, saya melihat pertanyaan-pertanyaan dari sesama teman yang belajar dan kalau saya tahu jawabannya saya akan coba membantu menjawab.

Ada 2 pertanyaan hari ini yang cukup membuat saya tergerak untuk ikut menjawab dan ceritakan di sini.

Cara Menghilangkan Watermark di Kinemaster

Ada yang bertanya tentang bagaimana menghapus watermark dari aplikasi edit video Kinemaster.

Pertanyaan ini selalu ditanyakan dalam setiap sesi kelas di WA, Telegram ataupun Zoom. Ada yang bertanya dalam arti mencari versi tidak resmi, ada juga yang ternyata katanya tidak tahu cara subscribe untuk versi premium.

Namanya versi gratis, selalu ada keterbatasan. Kebanyakan aplikasi memberikan fitur gratis dengan watermark yang besar, atau iklan. Kita bisa menghilangkan gangguan iklan dan watermark ini dengan membayar lebih. Demikian juga dengan aplikasi Kinemaster.

Saya tadi berpikir pertanyaan tentang bagaimaan cara menghilangkan watermark ini menanyakan versi tidak resminya. Lalu saya jawab saja kalau mau menghilangkan watermark kita bisa bayar versi premium. Terus si mbak nya entah malu entah benar-benar tidak tahu, katanya sih maksudnya dia bertanya bagaimana cara mendaftar premium.

Saya tidak mau menuduh, tapi sebenarnya jelas-jelas setiap kali kita akan mengunduh asset atau mengexport project menjadi video, akan ada penawaran untuk upgrade ke versi premium untuk menghilangkan iklan dan watermark. Kalau tidak, ya terkadang kita harus menonton iklan 15 sampai 30 detik. Jadi agak aneh kalau si mbak tidak pernah melihat penawaran untuk upgrade premium tersebut.

Lalu pertanyaannya tentang cara mendaftar premium itu saya jawab dengan bisa dari playstore langsung atau ya kalau tidak tahu juga coba di google saja.

Sungguh sulit ya menjawabnya kalau memang si mbak tidak pernah melihat penawaran premium. Mudah-mudahan si mbak tau caranya mencari di Google.

Cara Mengingat Jadwal Kelas Belajar

Pertanyaan ke-2 tidak kalah lucu (buat saya).

Pertanyaanya: Bagaimana caranya mengingat jadwal kelas, karena si penanya tidak membuka email hari ini dan baru membacanya setelah jam kelas Zoom lewat.

Jadi ceritanya kelas belajar ini pendaftarannya ditutup 2 hari lalu. Ketika mendaftar sudah diberitahukan untuk bergabung di grup Telegram. Lalu, ketika mendaftar juga sudah diberitahu melalui email jadwal kelas yang kita ambil dan pemberitahuan kalau undangan Zoom akan dikirimkan pada hari pelatihan diadakan.

Sehari sebelum kelas dimulai saya mendapatkan email kalau saya akan mendapatkan undangan ke Zoom pada hari H. Tadi pagi saya sudah menerima email undangan masuk ke Zoom.

Di grup Telegram juga diingatkan tentang kelas yang akan diadakan hari ini dan jam berapa kelasnya.

Lalu pertanyaan si mas tersebut saya jawab dengan: pasang alarm di HP aja mas untuk semua kelas yang memang sudah didaftarkan.

Mas penyelenggara juga menjawab dengan hal yang sama, karena katanya tidak mungkin dia bisa mengingatkan ratusan peserta satu demi satu. Makanya perlu untuk membaca grup pendukung kelas pelatihan.

Penutup

Cerita dari kelas belajar gratisan ini masih banyak sebenarnya. Tapi ini masih dari kelas di mana saya jadi peserta.

Sebenarnya, sejak belajar Canva dan Kinemaster, saya juga ikutan menjadi admin untuk kelas gratisan. Saya juga bisa melihat aneka jenis orang yang ikut mendaftar kelas gratis.

Kapan-kapan ceritanya diupdate lagi. Tapi, semoga saja dengan banyaknya kelas belajar gratis saat ini, semakin banyak orang yang memang mendapatkan keahlian baru dan bukan sekedar ikutan daftar tapi bahkan tidak ingat pasang alarm dan atau tidak mau bermodal untuk bayar premium.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.