Cerita Seputar Komunitas Mamah Gajah Ngeblog

Hari ini saya mau cerita kalau saya menjadi juara ke-3 dari kegiatan tantangan menulis bulan April 2021 bersama MamahGajahNgeblog. Sebagai deadliner yang sudah hampir memutuskan tidak ikutan tantangan, saya merasa pencapaian ini perlu dicatat di blog ini.

sertifikat MGN
terinspirasi dari Helen Keller, dapat juara ke-3, uhuy

Topik Tantangan Menulis Bulanan

Bukan, catatan kemenangan hasil deadliner ini bukan mau membiasakan diri sebagai deadliner. Tapi untuk pengingat, seperti yang saya tulis juga sebelumnya, kalau “di mana ada kemauan, di situ ada jalan”.

Dari sejak awal tantangan yang terpilih adalah menuliskan buku tentang wanita menginspirasi atau ditulis wanita menginspirasi, saya sudah berpikir keras buku mana yang harus saya baca. Benar-benar mau menyerah, segitu banyak buku bagus, kok ya saya tidak menemukan buku siapa yang mau dibahas.

Walau sebenarnya kemarin itu akhirnya membaca ulang buku yang sudah pernah dibaca, buku Helen Keller: The Story of My Life tetap membuat saya terkagum-kagum seperti pertama kali membacanya.

Buku yang saya pilih bukan hanya menginspirasi untuk menuliskan tentang buku itu saja, tapi juga membuat saya menulis tentang mendengarkan buku dari Librivox dengan memanfaatkan channel telegram.

Sampai menjelang beberapa hari akhir bulan April, saya pikir saya tidak akan ikut tantangan menulis. Pembenaran diri bilang: memang saya ga bisa nulis kalau ditentukan topik. Terus dalam hati juga bilang: memang belum ada menemukan bacaaan wanita menginspirasi. Padahal, dalam hati memang ingin ikut menulis.

Tujuan ingin ikut menulisnya bukan pengen menang, tapi ya kan seru aja gitu ikut partisipasi tantangan menulis setiap bulannya. Rasanya malu aja ngaku-ngaku blogger yang menulis setiap hari, kalau ga ikutan tantangan menulis yang diberikan waktu mengerjakan 30 hari.

Tantangan menulis bulan Februari dan Maret juga saya ikuti loh, tantangan bulan Februari malah jadi 3 penulis tercepat. Karena, sejak ikut berbagai komunitas menulis, saya jadi lebih rajin belajar berbagai hal.

Untuk tantangan menulis bulan ini, temanya agak sulit (buat saya). Idenya sudah mulai ada sih, tapi belum terbayang lengkap mau nulis apa, mudah-mudahan tantangan menuliskan resep andalan bisa dituliskan sebelum akhir bulan Mei. Sebagai yang malas masak, memilih resep andalan ini lebih sulit dari memilih buku berisi wanita menginspirasi, hehehe.

Ikut Nulis di MamahGajahNgeblog.com

Kegiatan lain dari komunitas MGN ini adalah ngeblog bareng. SBlog bareng ini tujuannya buat mengajak mamah gajah lainnya ikut mengisinya. Jadi baik yang baru ngeblog atau yang pernah ngblog buat berbagi cerita.

Sejak 21 April 2021, blog MGN sudah secara rutin mempublikasikan tulisan dari para mamah gajah yang bergabung di WAG nya. Saya pun tentu saja ikutan mengisinya.

Sudah ada 2 tulisan saya di blog MGN, kalau yang pertama saya menulis tentang WhatsApp, tulisan terbaru tentang Skype. Ayo, udah pada tahu belum kalau Skype masih ada dan bisa video conference call untuk 100 orang?

Pastinya masih akan ada tulisan-tulisan berikutnya. Tunggu saja inspirasi datang, hehehe.

Penutup

Menulis untuk tantangan dengan topik yang ditentukan itu tetap sulit buat saya. Tapi walau sulit, bukan berarti tidak bisa. Menulis tutorial atau review sebenarnya lebih mudah, tapi terkadang butuh mood untuk melengkapi gambar-gambar tutorialnya.

Menulis apapun, butuh inspirasi merangkai kata. Bahkan menulis diary sekalipun, tidak selalu mudah buat saya. Saya sering kesulitan menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang ingin saya ungkapkan.

Ngeblog bersama komunitas MGN ini membuat saya berlatih menulis dengan topik yang ditentukan, sekaligus jadi wadah untuk ikut berkontribusi memilih topik apa yang kira-kira bisa dibagikan di blog bersama.

Melalui tulisan ini, saya juga ingin mengajak para mamah gajah yang ngeblog, pernah ngeblog, pengen ngeblog untuk bergabung dengan komunitas MGN dan ikut berkontribusi di blog MGN.

Satu tanggapan pada “Cerita Seputar Komunitas Mamah Gajah Ngeblog”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.