Update Chiang Mai, Mei 2021

Setelah beberapa minggu Chiang Mai dinyatakan Zona Merah karena kasus pasien Covid-19 meningkat, hari ini dinyatakan kalau Chiang Mai sudah kembali ke zona oranye.

Kalau saat zona merah semua restoran tidak diijinkan untuk makan di tempat dan hanya bisa take away, mulai hari ini restoran sudah boleh menerima pelanggan makan di tempat lagi. Tapi, beberapa restoran sepertinya memutuskan untuk tetap hanya menerima take away.

Gelombang ke-3 di Chiang Mai

Memang gelombang ke-3 ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2020 ataupun awal 2021 lalu. Tapi dengan aturan yang cukup ketat dan menutup hampir semua tempat, situasi bisa menurut dalam waktu 1 bulan.

Situasi Chiang Mai sejak April sampai 15 Mei 2021

Kemarin ada sedikit kenaikan jumlah pasien baru 21 orang, tapi hari ini bertambah hanya 9 orang. Pemerintah setempat juga masih tetap secara aktif menelusuri kasus-kasus yang baru.

Kondisi Chiang Mai 15 Mei 2021

Dari total 3991 pasien di Chiang Mai, sudah sembuh dan pulang ke rumah sekitar 3483 orang, sisa pasien 493 orang tersebar di 3 lokasi dan 15 orang meninggal dunia.

Vaksin untuk orang asing

Hari ini dapat berita juga kalau pemerintah Thailand sudah mulai menyerukan warganya untuk vaksin. Mereka membuka beberapa tempat untuk mendaftarkan diri untuk vaksin. Pelaksanaanya masih akan diatur kemudian, tapi sekarang diminta untuk daftar dulu.

Himbauan untuk mendaftarkan diri vaksin

Orang asing juga diberikan kesempatan untuk mendaftar. Selain mendaftar secara online, pemerintah setempat juga membuka beberapa tempat untuk mendaftarkan diri untuk vaksin.

Dari gambar sebelumnya bisa terlihat, jumlah orang yang sudah mendaftarkan diri untuk disuntik vaksin di Chiang mai sampai dengan kemarin ada 74.487 orang. Setiap harinya tentu yang mendaftar ini akan terus bertambah, karena mereka membuka pendaftaran online dan offline.

Salah satu tempat mendaftarkan diri untuk vaksin (sumber: FB Chiang Mai News in English)

Kalau dari yang saya baca, saat ini kita tidak bisa memilih jenis vaksin yang ada, intinya sebelum divaksin, akan ada pemeriksaan kesehatan, jadi tidak perlu ragu-ragu untuk mendaftar.

Kami belum mendaftar untuk vaksin, karena saat ini masih mencari informasi lebih detail dulu. Lagipula toh pelaksaannya belum sekarang kan. Kalau vaksinnya sudah tersedia, nantinya selain yang sudah mendaftar, akan ada juga pilihan untuk datang langsung ke tempat untuk divaksin.

Udara masih panas

Beberapa catatan yang perlu diingat adalah, udara masih panas sekali. Mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi, rasanya ingin ngadem di rumah saja.

38 derajat rasa 41 derajat celcius

Dengan suhu udara seperti ini, di rumah saja rasanya memang pilihan terbaik saat ini. Polusi udara juga belum seratus persen pergi, secara umum sih sudah lebih baik.

Penutup

Selain restoran sudah bisa makan di tempat, efek dari zona oranye sebenarnya tidak banyak. Tempat kegiatan anak-anak masih tidak diijinkan untuk dibuka. Berbagai tempat olahraga dan juga hiburan malam juga belum diijinkan. Oh ya di restoran juga tidak diijinkan untuk menyajikan minuman beralkohol dan jam tutup di malam hari juga masih diatur.

Karena kami bukan tipe yang sering makan di restoran, sebenarnya tidak terlalu terpengaruh dengan aturan ini. Tapi, bisa dibayangkan banyak orang yang kehilangan pekerjaan kalau bisnis jadi sepi karena tidak bisa menerima pelanggan sebanyak biasanya.

Tetap berharap semua kembali membaik di Chiang Mai dan di seluruh dunia. Semoga saja dengan adanya vaksin, imunitas bisa terbentuk dan kita bisa lebih leluasa untuk berperjalanan seperti dulu lagi.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.